- HRD

8 Pertanyaan Umum Wawancara Remote

Sesi wawancara pekerja remote dimasa sekarang adalah sesuatu yang akan sering dilakukan untuk mendapatkan karyawan. Hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi yang begitu pesat yang menghilangkan jarak. Ada beberapa pekerjaan yang tidak diharuskan untuk kehadirannya.

Pada sesi wawancara pun tidak harus dilakukan bertatap muka ditempat yang sama. Banyak aplikasi yang membantu anda untuk melakukan wawancara dilain tempat. Ada 8 pertanyaan yang bisa anda ajukan saat sesi wawancara untuk pekerja remote.

1. Apa saja pengalaman Anda sebagai pekerja remote?

Sebagai suatu pekerjaan yang unik, anda bisa menggali banyak informasi tentang kandidat yang sedang wawancarai. Dari penjelasan tersebut anda dapat nilai apakah kandidat tersebut dapat diandalkan. Bagaimana dia mengelola pekerjaan dan menjalin kerjasama dengan tim untuk menyelesaikan tugas yang diberikan.

2. Alat apa saja yang anda gunakan untuk menyelesaikan tugas?

Setelah mendapatkan ulasan tentang pengalamannya bekerja remote, selanjutnya anda bisa menanyakan peralatan seperti apa yang digunakannya untuk menyelesaikan pekerjaan. Anda dapat mengeksplorasi jawaban yang anda terima sebagai pertimbangan atas kemampuan yang kandidat miliki dalam menguasai peralatan tersebut.

Baca Juga:

3. Workspace seperti apa punya?

Walaupun bekerja dari jarak jauh, anda harus memastikan kandidat memiliki tekad dan niat yang kuat dalam bekerja. Dengan jawaban yang diberikan anda dapat menilai etos kerja kandidat yang sedang anda wawancarai.

4. Bagaimana Anda Memenej Konflik dalam Tim?

Setiap pekerjaan yang dilakukan dalam satu tim, selalu akan menimbulkan sedikit konflik baik itu konflik komunikasi atau lainnya. Dengan pertanyaan ini anda dapat menggali bagaimana kandidat menyelesaikan permasalahaan yang timbul. Serta menilai aspek kepemimpinan dalam diri kandidat.

5. Bagaimana Anda Menyelesaikan Masalah yang Timbul?

Hampir sama dengan pertanyaan sebelumnya, bedanya masalah yang ini adalah yang dialaminya dalam menyelesaikan pekerjaannya. Dari jawaban yang diterima perusahaan dapat menilai proses kerjanya. Tentu saja yang berkaitan dengan hal teknis berdasarkan ilmu pengetahuan kandidat.

6. Bagaimana cara mengatur waktu kerja?

Walaupun bekerja secara remote, profesionalitas juga harus tetap hal yang penting. Dari pertanyaan tersebut, perusahaan dapat menjajaki bagaimana kandidat bekerja.

7. Bagaimana cara mengatur waktu dalam mengejar deadline?

Dalam pertanyaan ini, anda akan mendapatkan jawaban yang lebih spesifik bagaimana kandidat dapat menyelesaikan deadline dengan baik.

8. Bagaimana Pendapat Anda Jika Perusahaan Mentrack Waktu Kejar Anda?

Sebagai perusahaan yang tidak ingin biaya yang dikeluarkan sia-sia, maka perusahaan harus memastikan bahwa karyawan tersebut dapat bekerja tanpa harus diawasi. Salah satunya dengan melakukan time tracking yang harus digunakan oleh kandidat. Dari laporan itu KPI kandidat dapat dibuat dengan mudah.APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.