8 Kemampuan Sederhana Yang Harus Dikuasai Karyawan Di Era Digital
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Perkembangan teknologi yang semakin meningkat belakangan ini membuat karyawan dituntut untuk dapat menyesuaikan kemampuannya dengan perubahan yang terjadi dilingkungan sekitar maupun dilingkungan pekerjaan. Beberapa kemampuan yang harus dikuasai keryawan adalah dengan menguasai keterampilan dasar teknologi atau mungkin bahkan menjadi seorang techsavvy (ahli dalam bidang teknologi tertentu).

Baca juga: Peraturan Pembagian Shift Kerja Sesuai Undang-Undang

Tidak semua orang yang mengerti dengan teknologi (techsavvy) melakukannya karena keinginan atau passionnya sendiri, tetapi karena tuntutan dari perusahaan/pekerjaan. Hal ini karena hampir seluruh perusahaan yang bergerak diberbagai bidang menerapkan sistem digital didalamnya. Untuk itu anda harus dapat menemukan kandidat karyawan yang mengenal teknologi dengan baik. Berikut adalah beberapa kemampuan yang dapat anda jadikan sebagai pertimbangan untuk memilih karyawan di era digital.

Penggunaan media sosial

Dapat dipastikan hampir setiap orang pasti menggunakan media sosial setiap harinya. Tidak hanya orang dewasa, para remaja dan anak kecil juga mampu untuk menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, Youtube dan media sosial lainnya.

Karyawan harus memiliki pengetahuan dasar mengenai penggunaan sosial media. Hal ini sangat penting bagi perusahaan yang bergerak di dunia digital. Mengapa demikian? Karena karyawan yang mampu menggunakan media sosial dengan baik tentu akan memiliki jaringan yang lebih luas, sehingga dapat membantu perusahaan dalam memasarkan produk atau mencari klien. Dengan begitu perusahaan akan semakin berkembang karena pemasaran yang dapat berkembang dengan sangat luas.

Baca juga: Ingin Jadi HR Yang Professional ? Lakukan 5 Cara Ini

Mampu menggunakan Spreadsheet

Pengelolaan data secara manual hampir dapat dipastikan sudah ditinggalkan oleh banyak perusahaan. Di era digital seperti sekarang, perusahaan sudah menggunakan aplikasi yang dapat menyimpan data dengan aman serta dapat melakukan proses perhitungan dengan cepat dan akurat. Salah satu data yang selalu diolah oleh perusahaan adalah data penggajian karyawan. Untuk itu, kemampuan dalam penggunaan aplikasi spreadsheet seperti MS Excel sangatlah diperlukan. Meski begitu sudah banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi penggajian HRIS agar perhitungan dapat dilakukan jauh lebih cepat dibandingkan menggunakan aplikasi spreadsheet. Salah satu aplikasi HRIS terbaik adalah APS HRD System.

Baca juga: 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Aplikasi Penggajian

Mampu memanfaatkan aplikasi presentasi dengan baik

Setiap divisi didalam perusahaan biasanya memiliki target tertentu yang harus dicapai setiap bulannya atau dalam jangka waktu yang ditentukan. Untuk menyampaikan hasil dari target yang ditentukan, biasanya karyawan akan mempresentasikannya didepan pimpinan atau orang yang berwenang. Untuk itu kemampuan dalam memanfaatkan aplikasi presentasi merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap karyawn di era digital seperti sekarang.

Mampu menggunakan aplikasi word processing dengan baik

Mungkin kemampuan ini adalah kemampuan yang paling dasar. Tetapi pekerja yang mampu mengetik dengan baik sangatlah penting di era digital seperti sekarang. Karena hampir seluruh pekerjaan dilakukan didepan komputer dan tentu saja menggunakan aplikasi word processing seperti Microsoft Word.

Kemampuan mengetik yang baik

Seperti yang telah disinggung sebelumnya jika hampir seluruh pekerjaan di era digital seperti sekarang dilakukan didepan komputer. Maka sudah seharusnya setiap pekerja memiliki kemampuan mengetik yang baik. Seorang pekerja yang tidak dapat mengetik dengan baik tentu akan menghambat pekerjaan yang diberikan perusahaan. Oleh karena itu pastikan anda memilih pekerja yang mampu mengetik dengan baik.

Baca juga: 5 Hal Penting Saat Menerima Karyawan Ketimbang Pendidikan

Mampu menggunakan sistem operasi dengan baik

Setiap sistem operasi memiliki shortcut keyboard (tombol pintas) yang berbeda-beda. Untuk itu pastikan karyawan anda mampu menggunakan sistem operasi yang digunakan didalam perusahaan dengan baik. Jika perusahaan anda menggunakan sistem operasi Windows maka pekerja harus mampu mengoprasionalkan sistem operasi Windows dengan baik seperti menggunakan shortcuy keyboard untuk menyimpan, menyalin atau menghapus.

Mampu menggunakan email

Email sudah menjadi hal dasar di era digital dan di dalam perusahaan, untuk itu pastikan karyawan anda mampu untuk menggunakan email. Mengetahui bagaimana mengirim email dengan baik adalah hal yang penting. Apalagi email adalah jalan bagi perusahaan untuk membangun engagement dengan pelanggan.

Baca juga: Cara Tepat Menjadi Seorang Pimpinan Di Era Millennial

Pastikan karyawan anda mengetahui kemampuan dasar untuk mengirim email seperti memberi judul pada email, atau memberikan tanda tangan didalam email.

Selalu perbaharui keterampilan saat ada perubahan

Karyawan wajib untuk dapat mengikuti setiap perubahaan yang ada serta harus memiliki pikiran yang terbuka dalam setiap hal. Tidak takut untuk mencoba suatu hal baru agar keluar dari zona nyaman. Dengan begitu karyawan tidak akan sulit untk menyesuaikan diri dengan teknologi yang berkembang dengan cepat seperti sekarang.

Itu tadi adalah 8 hal kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap karyawan diperusahaan anda. Karena dengan memanfaatkan teknologi, perusahaan anda akan dapat berkembang dengan lebih pesat lagi. Salah satu pemanfaatan teknologi di era digital seperti sekarang adalah dengan menggunakan sistem yang dapat membantu perusahaan agar dapat bekerja dengan lebih cepat. Contohnya adalah penggunaan aplikasi absensi digital melalui smartphone. BOSS PINTAR adalah aplikasi absensi yang dapat anda andalkan di era digital seperti sekarang. Dengan menggunakan BOSS PINTAR, proses absensi dapat dilakukan lebih efesien karena menggunakan smartphone sebagai medianya. Selain itu, anda juga dapat melakukan monitoring kepada setiap karyawan lapangan.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.