7 Jenis Bonus yang Bisa Anda Berikan Kepada Karyawan
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bonus yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya, terbukti ampuh untuk meningkatkan semangat kerja para karyawan. Selain itu bonus yang didapatkan karyawan juga merupakan bukti bahwa perusahaan sangat menghargai kerja keras dan loyalitas karyawan selama ini. Maka dari itu, selain pendapatan wajib seperti gaji dll, pemberian bonus merupakan kawajiban yang seharusnya diberi perusahaan.

Bonus yang dapat diberikan kepada karyawanpun memiliki ragam jenis dan cara untuk mendapatkannya. Berikut ini, kami akan menjelaskan beberapa jenis bonus yang bisa didapatkan oleh para karyawan anda, silahkan simak.

Bonus Tahunan

Bonus tahunan biasanya akan diberikan kepada seluruh karyawan ataupun seluruh karyawan pada divisi tertentu akibat dari tercapainya target tahunan perusahaan. Sebagai bentuk terimakasih pada karyawannya, maka perusahaan dapat memberikan bonus ini untuk mereka. Kebanyakkan perusahaan di indonesia sendiri memberi bonus tahunan dengan besaran tergantung gaji pokok karyawan. Namun karena bonus tahunan ini tidak ada aturan resmi dari pemerintah yang mengaturanya, maka tidak semua perusahaan menyediakan bonus tahunan dan jikapun ada, maka besaran ataupun cara pembagiannya berbeda-beda.

Gaji ke-13

Gaji ke-13 sebenarnya tidak ada bedanya dengan bonus tahunan, ini hanya persoalan nama dan peletakannya saja. Biasanya istilah gaji ke-13 itu lebih seringĀ  digunakan dalam pekerjaan kepemerintahan atau Pegawai Negeri Sipil (PNS), sementara bonus tahunan digunakan oleh perusahaan swasta.

Baca juga : Mudahnya Monitoring Pekerja Lapangan Dengan Aplikasi BOSS

Bonus Prestasi

Walaupun bonus prestasi biasanya diberikan secara tahunan, namun indikator pemberian bonus berbeda dengan bonus tahunan. Jika bonus tahunan diberikan ketika perusahaan mampu mencapai target tahunan, maka bonus prestasi akan diberikan, ketika karyawan mampu berprestasi dalam menjalankan pekerjaanya. Contohnya ketika ada karyawan yang selalu mampu mencapai target pekerjaan, maka tidak ada salahnya perusahaan memberikan bonus prestasi sebagai bentuk terimakasih.

Bonus Keahlian

Walaupun sangat jarang ditemui perusahaan di Indonesia memberikan bonus keahlian, namun beberapa perusahaan multinasional telah menerapkan ini. Bonus keahlian diberikan kepada karyawan, sebagai bentuk menghargai keahlian yang dimiliki karyawan dan sudah sangat berdampak pada kinerja perusahaan.

Baca juga : Apa Manfaat Menyediakan Makan Siang Bagi Karyawan ?

Bonus karyawan

Bonus karyawan adalah bonus yang biasa diberikan oleh perusahaan, karena karyawan telah bekerja dengan baik dan telah loyal pada perusahaan.

Bonus Retensi

Bonus retensi adalah bonus yang di berikan oleh perusahaan sebagai upaya untuk mempertahankan karyawan yang ingin mengundurkan diri atau resign. Inilah Cara Menjaga Agar Karyawan Terbaik Tidak Resign . Biasanya ketika karyawan ingin mengundurkan diri dan perusahaan tidak mengizinkan dan tidak ada alasan hukum yang dapat mengikat karyawan, maka jalan terakhir yang diupayakan perusahaan adalah dengan memberikan bonus retensi. Ketika karyawan setuju membatalkan pengunduran dirinya dan lebih memilih mengambil bonus tersebut, maka karawan harus menandatangani perjanjian untuk tetap bekerja hingga waktu yang telah ditentukan.

Baca juga : 4 Hal Yang Harus Dilakukan ketika Karyawan Mengajukan Resign

Bonus Pembagian Keuntungan

Bonus pembagian keuntungan perusahaan atau dividen pada karyawan ini memang lebih sering didengar pada perusahaan luar negeri, namun tidak ada salahnya untuk diterapkan pada perusahaan anda. Konsep bonus ini adalah perusahaan akan memberikan kepemilikan saham untuk para karyawannya atau juga sering disebut sebagai employee stock option program. Pemberian saham untuk karyawan sangat beragam, ada yang diberi secara gratis dan ada juga yang dijaul secara eksklusif bagi para karyawannya saja. Dengan begini karyawan juga akan memiliki hak atas kepemilikan perusahaan sebagai mana pemegang saham.

Karena karyawan anda memiliki saham perusahaan, maka mereka juga memiliki hak seperti pemegang saham lainnya. Salah satunya adalah pemberian hasil keuntungan perusahaan alias dividen. Ada 2 indikator besaran uang yang bisa didapat karyawan sebagai pemegang saham, yaitu dari besarnya keuntungan yang di dapat perusahaan dan berapa besarkah saham yang dimiliki karyawan.

 

Bonus Liburan Bersama

Ketika keuntungan perusahaan tidak terlalu besar, maka anda dapat menganti bonus yang butuh biaya besar dengan yang lebih murah, salah satunya adalah dengan memberikan bonus liburan bersama. Liburan bersama dapat diikuti oleh semua karyawan dari jajaran manapun, mereka juga di bolehkan untuk membawa anak dan istrinya untuk berlibur. Banyak sekali keuntungan yang di dapat dari bonus liburan ini, yaitu selain lebih murah, ini akan lebih meningkatkan kekompakkan antar karyawan dan tentunya sebagai sarana penghilang penat dari tekanan pekerjaan.

Baca juga : 4 Manfaat Paid Vacation Bagi Karyawan Yang Harus Diketahui

Itulah beberapa contoh bonus yang lazimnya digunakan perusahaan-perusahan dunia untuk karyawaanya. kini dari tujuh macam bonus bagi karyawan ini, manakah yang akan diterapkan oleh perusahaan anda ? Ingat jangan liat bonus sebagai beban, namun jadikan ini sebagai solusi agar karyawan anda selalu bersamangat dan memiliki loyalitas tinggi terhadap perusahaan.

 


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>