7 Hal Yang Sering Dijadikan Alasan Karyawan Untuk Resign
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Didalam dunia perkerjaan, mengundurkan diri atau resign adalah sebuah hal yang sering terjadi di banyak perusahaan. Banyak faktor yang menyebabkan seorang karyawan memutuskan untuk keluar dari perusahaan tempatnya bekerja, beberapa diantaranya seperti faktor internal atau lingkungan perusahaan yang tidak mendukung dan tidak sejalan dengan apa yang diinginkan, ingin beristirahat sejenak di dunia pekerjaan yang melelahkan atau karena punya keinginan pribadi untuk mengembangkan usaha sendiri selain tiga contoh diatas, masih banyak lagi alasan yang diberikan oleh karyawan untuk resign dari perusahaan, berikut adalah beberapa diantaranya.

Baca juga: 7 Hal Sederhana Ini Dapat Tingkatkan Kinerja Karyawan

 

Ada perusahaan lain yang memberikan gaji dan fasilitas yang lebih baik

Alasan ini merupakan alasan yang seharusnya tidak boleh terjadi di perusahan yang anda kelola. Karena seharusnya perusahaan memberikan apresiasi serta fasilitas yang sesuai dengan skill dan kinerja dari setiap karyawan agar mereka merasa nyaman dan dapat menikmati pekerjaannya.

Karyawan yang telah bekerja dengan giat dan sangat keras tetapi tidak mendapatkan fasilitas serta gaji yang sesuai dengan kemampuan biasanya akan mencari peluang pekerjaan di perusahaan lain. Dengan kemampuan serta kinerja yang baik tentu tidak akan sulit bagi dirinya untuk mencari perusahaan lain yang lebih menghargai dirinya. Terutama perusahaan rival atau kompetitor, mereka tidak akan segan-segan memberikan fasilitas dan gaji yang layak bagi karyawan tesebut.

Baca juga: Ingin Jadi HR Yang Professional ? Lakukan 5 Cara Ini

Peraturan dan manajemen yang berubah

Perubahan terhadap manajemen perusahaan biasanya akan berdampak kepada peraturan yang ada didalam perusahaan. Tentu saja bagi karyawan yang telah lama bekerja di perusahaan tersebut akan merasa kurang nyaman dengan regulasi baru yang diterapkan oleh manajemen. Contohnya, terjadi pergantian beberapa karyawan yang ada di divisi tertentu oleh manajemen perusahaan sehingga membuat karyawan lama merasa tidak nyaman karena kehilangan rekan kerja yang telah menjalin hubungan kerja selama bertahun-tahun. Atau peraturan baru dirasa terlalu ketat oleh sejumlah karyawan sehingga membuat mereka memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan.

Politik di kantor

Politik adalah hal sensitif yang seharusnya tidak dibawa kedalam dunia kerja. Politik didalam kantor biasanya terjadi karena lingkungan kerja yang kurang nyaman dan juga kurang harmonisnya antar karyawan. Karyawan yang bekerja secara profesional sangat tidak suka dengan adanya politik didalam kantor karena hanya akan membuat ketidaksukaan antar karyawan. Oleh karena itu ketersinggungan bisa saja menjadi alasan karyawan untuk mengundurkan diri dari perusahaan.

Baca juga: 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Aplikasi Penggajian

Ingin menjadi wirausahawan

Alasan satu ini merupakan alasan yang paling sering diutarakan oleh karyawan yang telah lama bekerja. Hal ini karena biasanya karyawan yang telah lama bekerja di suatu perusahaan akan merasa jenuh dan ingin mencoba peluang melebarkan sayapnya sendiri. Banyaknya peluang usaha terbuka yang dapat dijadikan sebagai penghasilan pertama membuat karyawan tidak takut untuk mencoba menjadi seorang wirausahawan. Terutama belakangan ini peluang melakukan bisnis online terbuka lebar sehingga tidak perlu bingung memilih untuk melakukan bisnis apa.

Menurunnya kesehatan

Tekanan kerja yang begitu tinggi serta jam kerja yang tidak stabil dapat membuat karyawan menjadi stres dan perlahan-lahan berimbas kepada menurunnya kesehatan karyawan. Terlebih lagi jika perusahaan menerapkan sistem jam kerja shift pagi, siang dan malam karena jam kerja yang tidak teratur akan menyebabkan kesehatan karyawan menjadi terganggu.

Biasanya ketika kesehatan karyawan terus terganggu selama bekerja diperusahaan, maka karyawan tersebut tidak akan ragu untuk mengundurkan diri dari perusahaan.

Pindah tempat tinggal

Pindah tempat tinggal juga salah satu alasan yang sering diberikan oleh wanita ketika akan mengundurkan diri. Hal ini karena mungkin saja suami pekerja tersebut mendapat dinas diluar kota sehingga sang pekerja wanita harus mengikuti suaminya untuk pindah ke luar kota. Jika perusahaan memiliki kantor cabang didaerah tempat pekerja wanita itu pindah, perusahaan bisa memberi rujukan kepada pekerja wanita tersebut. Hal ini bertujuan agar perusahaan tidak kehilangan karyawannya.

Masalah pribadi

Mengundurkan diri dengan alasan masalah pribadi biasanya sering dilakukan oleh karyawati atau pekerja wanita, walaupun terkadang karyawan pria juga ada yang mengundurkan diri dengan alasan masalah pribadi, tetapi alasan masalah pribadi lebih sering digunakan oleh pekerja wanita. Hal ini karena ada banyak penghalang bagi wanita untuk dapat bekerja dikantor, diantaranya seperti harus merawat anak, mengurusi keluarga, atau hamil dan melahirkan.

Baca juga : Mudahnya Monitoring Pekerja Lapangan Dengan Aplikasi BOSS

Jika anda adalah pimpinan perusahaan yang baik  maka seharusnya anda dapat menghindari terjadinya hal-hal yang dapat menyebabkan karyawan mengundurkan diri dari perusahaan. Terlebih lagi jika karyawan yang mengundurkan diri adalah karyawan yang mampu mengerjakan segala tuntutan kantor dengan baik. Selain 7 hal diatas, proses perhitungan gaji yang tidak tepat juga dapat membuat karyawan menjadi tidak bersemangat bekerja. Untuk menghindari hal tersebut anda dapat menggunakan aplikasi penggajian terbaik yang dapat memberikan hasil yang tepat dan akurat.

 


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.