7 Hal Sederhana Ini Dapat Tingkatkan Kinerja Karyawan
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Karyawan adalah salah satu sumber daya yang sangat penting dalam sebuah perusahaan untuk mencapai suatu tujuan. Contohnya jika sebuah perusahaan ingin menaikkan keuntungan atau profit sementara para pekerja perusahaan tersebut tidak memiliki produktivitas kinerja yang baik tentu perusahaan tidak dapat mendapatkan kenaikan keuntungan. Oleh karena itu dibutuhkan strategi agar produktivitas karyawan dapat meningkat seperti yang di inginkan oleh perusahaan. Ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan oleh tim HR untuk meningkatkan kinerja karyawan, berikut adalah beberapa hal yang dapat meningkatkan kinerja karyawan.

Baca juga: 4 Manfaat Paid Vacation Bagi Karyawan Yang Harus Diketahui

Beri pelatihan

Karyawan adalah aset penting dalam sebuah perusahaan. Ketika karyawan tersebut bekerja dengan sangat baik maka dapat dipastikan perusahaan akan berkembang dan mendapatkan banyak keuntungan. Agar karyawan dapat bekerja dengan baik maka diperlukan adanya pelatihan kerja. Pelatihan kerja dapat membuat karyawan medapatkan wawasan yang luas serta pengetahuan seputar pekerjaannya. Dengan mendapat wawasan baru serta pengetahuan yang lebih banyak tetang pekerjaannya maka karyawan dapat meningkatkan produktivitasnya.

Motivasi

Banyak orang mengatakan jika motivasi itu tidak dapat bertahan dengan lama. Sama seperti mandi yang biasa dilakukan setiap hari agar membuat tubuh menjadi tetap segar dan wangi. Hal tersebut juga mirip seperti motivasi yang dapat hilang jika tidak diberikan secara berkala. Oleh karenanya tim HR atau perusahaan dapat memberikan motivasi kepada setiap karyawan secara berkala dan terus menerus. Perusahaan dapat sesekali menghadirkan pemotivasi yang berpengalaman dari luar kantor atau dapat melakukan motivasi secara langsung kepada karyawan.

Baca juga: Inilah Penyebab Karyawan Millennials Kehilangan Motivasi Kerja

Memperhatikan sikap karyawan

Suasana tempat kerja yang kondusif, nyaman serta punya suasa kekeluargaan dapat mendukung tingginya produktivitas yang akan didapatkan oleh perusahaan. Ketika setiap karyawan punya tingkah laku yang baik, menghormati sesama rekan kerja baik dengan atasan ataupun dengan rekan kerja yang memiliki jabatan dibawahnya tentu saja hal tersebut sangatlah baik. Lingkungan kerja akan menjadi positif apabila ada pemikiran positif serta perkataan yang positif dengan sesama rekan kerja. Pastikan tim HR atau perusahaan memperhatikan sikap karyawan, dengan memperhatikan sikap karyawan maka dapat dipastikan para karyawan akan betah untuk bekerja di perusahaan tersebut, tetapi sebaliknya jika lingkungan kerja tidak kondusif, terlalu tegang dan tidak nyaman maka para karyawanpun perlahan-lahan akan meninggalkan perusahaan.

Sediakan kantin

Banyaknya pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan tentu akan menimbulkan rasa jenuh yang luar biasa. Agar dapat melepaskan rasa jenuh serta rasa lelah yang dirasakan oleh karyawan, perusahaan dapat menyediakan sebuah kantin kecil untuk tempat karyawan beristirahat dan sebagai tempat untuk melepaskan kejenuhan saat bekerja. Selain menjadi tempat untuk melepas kejenuhan dan beristirahat, dengan menyediakan kantin kecil juga dapat memberikan perbaikan gizi bagi setiap karyawan dikantor. Contohnya ketika ada seorang karyawan yang tidak sempat untuk sarapan atau tidak membawa bekal untuk makan siang, maka karyawan tersebut tidak perlu pergi jauh untuk mencari makanan.

Baca juga: Apa Manfaat Menyediakan Makan Siang Bagi Karyawan ?

Perbaiki lingkungan kerja

Hampir sebagian hidup dari karyawan dilakukan didalam tempat kerja, oleh karena itu tempat kerja sudah dianggap seperti rumah kedua oleh karyawan. Dengan kata lain, lingkungan tempat kerja yang nyaman merupakan hal wajib yang harus diperhatikan oleh setiap perusahaan. Contohnya adalah penggunaan AC. Terkadang perusahaan tidak terlalu memperhatikan suhu ruangan atau penggunaan AC. Padahal penggunaan AC yang tidak tepat dapat membuat karyawan menjadi kurang nyaman karena kepanasan atau sebaliknya. Selain itu lingkungan yang bersih juga merupakan keharusan dalam menata lingkungan kantor, lalu mengatur pencahayaan yang baik agar karyawan dapat bekerja dengan pencahayaan yang cukup, kebersihan toilet, dan hal lainnya.

Asuransi

Setiap karyawan tentu mempunyai batas dalam bekerja. Terkadang, tekanan kerja yang tinggi dapat membuat karyawan kehilangan kekebalan tubuh dan menjadi sakit. Tentu saja setiap karyawan menginginkan adanya jaminan kesehatan atau keselamatan yang diberikan oleh setiap perusahaan. Oleh karena itu dengan adanya jaminan sosial atau asuransi yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan akan membuat karyawan tersebut menjadi lebih aman dalam bekerja. Para karyawan pun tidak terlalu takut untuk memikirkan biaya yang harus di keluarkan ketika jatuh sakit karena terlalu lama bekerja ataupun karena tekanan pekerjaan.

Beri reward

Ketika seorang karyawan melakukan pekerjaan yang melebihi ekspektasi atau mampu menyelesaikan proyek yang diberikan oleh perusahaan, berilah sebuah penghargaan kepada karyawan tersebut. Setiap orang tentu akan merasa senang dan bangga ketika diberi sebuah penghargaan karena berhasil menyelesaikan tugas yang telah ditentukan. Begitu juga dengan karyawan yang bekerja di perusahaan anda. Mereka akan senang ketika diberi sebuah hadiah atau bonus dari hasil yang dikerjakannya.

Baca juga: 7 Jenis Bonus yang Bisa Anda Berikan Kepada Karyawan

Dengan mengetahui dan melakukan hal sederhana yang dapat dilakukan oleh HR untuk meningkatkan produktivitas ataupun kinerja karyawan, maka karyawan pun akan merasa nyaman dan mampu untuk bekerja dengan baik bahkan dengan tekanan yang tinggi sekalipun. Selain itu dibutuhkan juga sistem yang dapat mempermudah pekerjaan pokok dari HR agar dapat lebih fokus untuk memperhatikan kenyamanan karyawan. Salah satu aplikasi HRD terbaik yang dapat digunakan adalah APS HRD System.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>