6 Cara Meningkatkan Program Pelatihan Karyawan
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Menjalankan sebuah perusahaan tidak hanya memerlukan modal yang cukup besar tetapi juga memerlukan karyawan sebagai sumber daya yang akan menjalankan semua aktivitas termasuk melakukan proses produksi. Menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas akan membuat perusahaan berjalan menujuh arah yang lebih baik, oleh karena itu sangat penting untuk mengembangkan sumber daya yang ada didalam perusahaan. Tentu tidak mudah untuk mendapat karyawan yang memiliki kualitas diatas rata-rata. Meskipun bisa, tentu anda harus mengeluarkan segala upaya yang tentu saja tidak sedikit. Oleh karena itu dibanding mencari kandidat yang memiliki kualitas diatas rata-rata, anda dapat memanfaatkan sumber daya yang ada dan melakukan pelatihan untuk meningkatkan kualitas karyawan tersebut. Memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit, tetapi keuntungan yang akan didapat juga dapat membuat perusahaan anda terus meroket. Lalu bagaimana cara meningkatkan program pelatihan karyawan? Berikut adalah 6 cara meningkatkan program pelatihan karyawan yang dapat anda ikuti.

Baca juga: Apa Yang Terjadi Jika Perusahaan Salah Pilih Software Payroll?

Ketahui apa yang dibutuhkan karyawan

Agar program pelatihan yang anda ciptakan dapat berjalan dengan baik, tentunya anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang dibutuhkan oleh karyawan. Sebagai seorang pimpinan anda harus dapat menganalisa apa yang dibutuhkan oleh pasar dan bagaimana memanfaatkan karyawan agar dapat digunakan sesuai kebutuhan pasar. Dengan begitu anda akan dapat memutuskan jenis pelatihan apa yang cocok untuk diberikan karyawan anda untuk meningkatkan kinerja agar perusahaan dapat menjadi lebih produktif dan terus berkembang dengan baik.

Analisa potensi karyawan

Sebagai seorang pimpinan anda harus melihat setiap potensi yang ada pada diri karyawan anda. Tentunya setiap karyawan memiliki kelebihan dan kekurangannya yang berbeda. Dengan mengetahui potensi karyawan tentunya akan bermanfaat untuk perusahaan. Anda dapat menentukan jenis program pelatihan apa yang sesuai dengan potensi karyawan, misalnya mengembangkan program pelatihan skill komunikasi dan manajemen. Setiap karyawan menjalani program pelatihan sesuai dengan minat yang dimilikinya akan jauh lebih efektif.

Baca juga: 5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Aplikasi Penggajian

Perhatikan keuangan perusahaan

Memberi pelatihan kepada karyawan tentu akan memakan dana yang tidak sedikit untuk itu anda harus memperhatikan keuangan perusahaan sebelum menentukan program pelatihan apa yang akan diberikan apda karyawan. Ketika keuangan perusahaan mencukupi, maka jangan ragu untuk mendatangkan trainer yang berkompeten dan benar-benar ahli. Misalnya mendatangkan trainer yang berasal luar negeri. Dengan mendatangkan trainer yang memiliki keahlian tinggi maka karyawan akan mendapatkan ilmu yang lebih baik. Namun jika dana yang dimiliki tidak terlalu banyak, maka tidak ada salahnya untuk melakukan pelatihan menggunakan internal perusahaan.

Berikan latihan yang bervariasi

Agar program pelatihan dapat berjalan dengan lebih efektif, maka anda harus memberikan variasi agar tidak menjadi bosan. Gunakan perangkat atau media yang berbeda dalam setiap materi agar setiap karyawan dapat lebih antusias untuk menyimak pelatihan yang diberikan. Dengan begitu, apa yang disampaikan akan jauh lebih bermanfaat karena karyawan mendengarkannya dengan baik.

Baca juga: Dengan Aplikasi BOSS, Kini Absensi Karyawan Semakin Mudah

Tidak lupa lakukan evaluasi

Pada akhir proses program pelatihan karyawan, lakukanlah penilaian pada masing-masing karyawan yang ikut serta kedalam pelatihan. Cari tahu sudah sejauh mana pengaruh pelatihan yang diberikan berdampak pada kinerjanya. Lakukan penilaian secara objektif dan berikan hasil penilaian anda pada karyawan yang mengikuti pelatihan. Dengan begitu karyawan tersebut akan mengetahui sejauh mana kemampuan yang dimilikinya berkembang. Anda juga dapat bertanya secara langsung tentang apa saja kendala yang dihadapinya selama proses pelatihan. Mungkin terdapat kekurangan dari materi yang diberikan atau bisa jadi karena karyawan tersebut yang sulit untuk berkembang.

Buatlah pembanding

Agar anda dapat mengetahui apakah program pelatihan berjalan dengan efektif atau tidak, maka lakukanlah perbandingan kinerja karyawan sebelum dan sesudah pelatihan diberikan. Oleh sebab itu, sebelum anda memberikan pelatihan, silahkan lakukan evaluasi kerja karyawan anda telebih dahulu lalu kemudian beri pelatihan. Selang beberapa waktu setelah pelatihan selesai, coba cek lagi bagaimana kinerja karyawan anda apakah lebih baik atau justru tetap sama seperti sebelumnya.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.