5 Tugas HRD Yang Membutuhkan Bantuan Sistem Aplikasi
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sebagai seorang HR yang profesional tentunya harus bisa untuk mengatur waktu seefesien dan seefektif mungkin. Namun mempraktekan hal tersebut tidaklah segampang seperti yang diucapkan. Meskipun kelihatannya jika pekerjaan tim HR tidak terlalu berat tetapi pada kenyataannya tugas-tugas yang dikerjakan oleh tim HR membutuhkan konsentrasi tinggi, kehati-hatian dan memakan waktu yang lama.

Pekerjaan yang terlihat sepele itu sebenarnya harus dikerjakan dengan sangat teliti, misalnya saat melakukan perhitungan gaji, jika HR melakukan kesalahan saat perhitungan gaji tentu saja akan berdampak sangat fatal bagi perusahaan. Atau saat salah melakukan perhitungan absensi karyawan tentu saja karyawan akan dirugikan karena tidak mendapatkan hak yang seharusnya didapatkan. Belum lagi ditambah harus mengurusi proses perekrutan karyawan baru, melakukan tes dan melakukan wawancara kerja. Dengan banyaknya tugas yang harus dikerjakan tentu tidak pernah ada cukup waktu untuk menyelesaikan semuanya.

Ketika tugas terus bertambah sementara tugas-tugas yang lain belum juga terselesaikan, mungkin sudah saatnya anda harus menggunakan sistem aplikasi yang dapat membantu mengurangi beban saat menyelesaikan pekerjaan. Di era digital seperti sekarang tentu ada banyak opsi yang dapat membuat segala pekerjaan kita menjadi mudah. Ketimbang harus mencari orang untuk diposisikan sebagai HRD, lebih baik anda mengalihkannya untuk menggunakan teknologi yang dapat membantu tugas HR. Berikut ini adalah 5 tugas HRD yang membutuhkan aplikasi untuk membantu penyelesaiannya.

Rekruitmen karyawan baru

Proses perekrutan karyawan baru merupakan proses yang rumit serta memakan waktu lama dalam pengerjaannya. Tim HR harus membuat bentuk iklan lowongan kerja, memasang lowongan kerja kesetiap tempat agar para pencari kerja mengetahuinya, melakukan promosi melalui internet dan sosial media dan melakukan pemilihan setiap kandidat pelamar. Jika segala proses tersebut dilakukan secara manual tentu saja akan memakan waktu yang lama. Ketimbang harus melakukannya secara manual, HRD dapat menggunakan aplikasi perekrutan yang dapat membantu segala proses perekrutan karyawan baru. Silahkan baca 5 Aplikasi Untuk Merekrut Karyawan Yang Wajib Diketahui Oleh HRD untuk informasi lebih jauh.

Baca juga: 3 Alasan Kenapa Perusahaan Harus Merekrut Karyawan Fresh Graduate

Mengelola data karyawan

Bayangkan jika sebuah perusahaan memiliki ratusan atau bahkan ribuan karyawan. Tentu akan banyak sekali berkas-berkas yang harus di catat dan disimpan kedalam bentuk print kertas. Banyaknya dokumen yang harus disimpan kedalama bentuk print tentu tidaklah efesien karena akan memakan banyak biaya, rentan terhadap kerusakan dan memerlukan ruangan penyimpanan yang besar. Hal seperti ini tidak akan terjadi jika perusahaan menggunakan sistem aplikasi karyawan yang dapat mengurangi penggunaan kertas sebagai media penyimpanan data karyawan. Selain itu dengan menggunakan sistem aplikasi karyawan, HRD akan lebih mudah menemukan data yang akan dicari hanya dengan mengetik nama atau ID karyawan didalam sistem aplikasi.

Baca juga: 7 Langkah Menerapkan Paperless Pada Divisi HR

Absensi Karyawan

Boss Pintar - Aplikasi absensi Online TerbaikBanyak kan bagaimana susahnya mengelola kehadiran karyawan jika sebuah perusahaan memiliki karyawan ratusan atau ribuan orang? Tentu akan sangat sulit untuk menyelesaikannya karena terlalu banyak karyawan yang harus di periksa kehadirannya. Mencatatat cuti sakit, memberikan izin tidak hadir dan hal lain yang berkaitan dengan absensi karyawan akan sulit dilakukan jika masih menggunakan cara manual. Untuk itu anda harus menggunakan sistem aplikasi yang dapat membantu dalam proses perhitungan absensi karyawan. Salah satu aplikasi yang dapat anda gunakan adalah BOSS PINTAR. Dengan berbagaimacam fitur yang tersedia didalamnya, tentunya akan membantu HR dalam melakukan segala proses absensi, baik proses izin sakit, cuti, lembur dan ketidakhadiran.

 

 

Baca juga: Dengan Aplikasi BOSS, Kini Absensi Karyawan Semakin Mudah

Laporan harian

Untuk mengawasi dan melihat perkembangan dari karyawan pimpinan HRD harus mengumpulkan laporan harian dari mereka. Untuk menghemat waktu saat melakukannya, anda dapat menggunakan aplikasi seperti APS HRD SYSTEM yang dapat digunakan untuk mengecek dan menyimpan setiap laporan yang diberikan oleh karyawan.

Perhitungan gaji karyawan

Salah satu tugas HRD yang paling penting adalah melakukan perhitungan gaji setiap karyawan. Selain itu tugas ini juga merupakan tugas yang paling banyak menyita waktu karena harus berurusan dengan segala perhitungan termasuk perhitungan berdasarkan kehadira, lembur, intensif, potongan untuk BPJS Ketenagakerjaan dan perhitungan pajak PPH21 dan lainnya. Dengan menggunakan sistem aplikasi penggajian tentu akan membantu HRD dalam melakukan segala proses yang berkaitan dengan gaji karyawan. Salah satu aplikasi penggajian terbaik yang dapat digunakan oleh HRD adalah APS HRD System. Dengan fitur yang sudah sangat lengkap tentunya dapat membantu pekerjaan HRD seperti perhitungan gaji, absensi karyawan, BPJS Ketenagakerjaan, PPH 21 dan hal lain yang berkaitan dengan proses penggajian.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.