5 Trik Menulis Iklan Lowongan Kerja yang Baik dan Menarik
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Salah satu metode untuk mendapatkan kandidat karyawan yang masih sering digunakan hingga sekarang adalah dengan membuat iklan lowongan kerja. Metode dengan membuat iklan lowongan bisa dibilang masih efektif, walaupun sekarang telah banyak metode-metode lainya seperti Mencari Kandidat Karyawan Melalui LinkedIn ataupun jasa headhunter.

Namun ternyata membuat iklan lowongan kerja itu tidak semuda apa yang dibayangkan sebelumnya. Jika anda membuat iklan lowongan kerja yang tidak benar, maka dapat menyebabkan kerugian untuk anda sendiri, seperti : Kandidat karyawan yang tidak sesuai kriteria, jumlah kandidat pelamar yang sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali kandidat yang ikut melamar.

Maka dari itu, agar anda dapat mengurangi resiko membuat iklan lowongan kerja yang salah, mari perhatikan 5 tips trik menulis iklan kerja yang baik dan menarik banyak kandidat karyawan terbaik.

Buat judul iklan lowongan kerja dengan 5 kata

Tidak ada gunanya membuat judul lowongan kerja yang sangat panjang, justru itu membuat kandidat karyawan menghiraukan iklan anda. Buatlah judul iklan lowongan kerja dengan jelas namun singkat dan padat, maksimum hanya dengn 5 kata saja. Pastikan isi dari judul lowongan kerja yang anda buat adalah nama posisi yang sedang anda atau perusahaan cari. Judul iklan yang singkat dan jelas akan menarik banyak kadidat karyawan, karena tidak butuh waktu lama untuk mereka memahami iklan lowongan kerja anda.

Baca juga : Bagaimana Pimpinan HR Google Mendapatkan Karyawan Terbaik ?

Buatlah Deskripsi singkat tentang pekerjaan dan perusahaan

Setelah kandidat karyawan anda telah tertarik melihat judul iklan anda yang jelas, jangan lupa untuk memberi penjelasan singkat mengenai pekerjaan yang ditawarkan dan tentang perusahaan anda. Sebuah deskripsi yang baik tentang pekerjaan dan perusahaan itu adalah deskripsi yang dibuat tidak lebih dari 40 kata saja. Deskripsi disini digunakan untuk memberikan pemahaman secara singkat tentang posisi yang sedang ditawarkan dan tentang perusahaan anda. Isi dari deskripsi pekerjaan juga bisa tentang lingkup kerja dan tipe kontrak kerja yang ditawarkan.

Baca juga : Inilah Cara Menjaga Agar Karyawan Terbaik Tidak Resign

Tuliskan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi kandidat karyawan

Hal yang paling tidak boleh dilupakan dalam membuat iklan lowongan pekerjaan adalah menuliskan persyaratan yang diperlukan bagi kandidat karyawan. Walaupun anda ditutut untuk dapat membuat syarat-syarat lengkap, sebaiknya buatlah syarat yang memang diperlukan saja. Syarat-syarat yang tidak terlalu banyak dan tidak merepotkan, akan membuat mereka senang untuk melamar di perusahaan anda. Maka dari itu pastikan jika syarat-syarat yang anda berikan, tidak lebih dari 7 point saja.

Baca juga : Cara Ampuh Mengatasi Absen Karyawan Yang Berlebihan

Jangan lupa untuk mencantumkan lokasi penempatan kerja kandidat karyawan nantinya

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Headway Capital, didapatkan hasil yang memperlihatkan jika 57 persen kandidat karyawan, menjadikan lokasi kerja sebagai pertimbangan penting sebelum mengirim lamaran pekerjaan. Maka dari itu, pastikan anda menuliskan lokasi kerja atau dimana kandidat akan ditempatkan jika nantinya diterima pada perusahaan anda.

Dengan mencantumkan lokasi bekerja, tim HR atau rekrutmen akan diuntungkan karena tidak lagi perlu menyeleksi kandidat karyawan yang tidak cocok bekerja, karena masalah lokasi tempat yang tidak sesuai. Hal ini karena saat mereka melihat iklan anda dan dilihatnya lokasi bekerja tidak cocok, maka tidak akan ada lagi niat kandidat untuk melamar.  Selain hemat waktu, pastinya dengan menyeleksi orang-orang yang sesuai kualifikasi akan membuat biaya rekrutmen semakin murah.

Baca juga : Ternyata Ini 10 Cara Ampuh Integrasi Sosial Media dan HR

Tuliskan cara kandidat karyawan melamar pekerjaan yang ditawarkan

Dan terakhir, pastikan anda jangan sampai lupa untuk mencantumkan bagaimana kandidat karyawan dapat mengirim lamaran pekerjaanya. Anda bisa bayangkan jika iklan lowongan pekerjaan dibuat dengan judul dan isi yang sangat menarik perhatian banyak kandidat karyawan, namun tidak ada satupun intruksi bagaimana cara mengirim lamaran ke perusahaan anda. Pastinya dengan begitu iklan lowongan pekerjaan anda akan sangat sia-sia saja dibuat.

Jika karyawan yang melamar boleh melalui email, maka tuliskanlah alamat email yang akan dituju. Begitu pula jika harus mengirim kekantor anda langsung, jangan lupa untuk memberikan alamat kantor anda dengan jelas. Pastikan juga dalam iklan lowongan kerja yang anda buat, telah mencantumkan tanggal batas akhir penerimaan surat lamaran pekerjaan.

Baca juga : Inilah Jenis-Jenis Training Yang Paling Dibutuhkan Karyawan

 

Cukup sekian pembahansan artikel ini yang berjudul “5 Trik Menulis Iklan Lowongan Kerja yang Baik dan Menarik”. Semoga artikel ini dapat berguna untuk anda dan perusahaan anda, terutama dalam hal mencari kandidat karyawan terbaik.


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>