5 Pertanyaan Untuk Mengetahui Potensi Dari Calon Karyawan
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Proses wawancara sejatinya tidak hanya ditakuti oleh calon karyawan yang akan diwawancara tetapi juga bagi pewawancara itu sendiri. Sebagai seorang HR yang harus melakukan proses wawancara kepada setiap kandidat karyawan, tanggung jawab yang Anda tanggung sangatlah besar karena harus mampu untuk menentukan apakah kandidat karyawan tersebut mampu untuk memberikan kontribusi dan bekerja dengan baik untuk perusahaan.

Proses wawancara bukan hanya sekedar memberikan pertanyaan atau mencari tahu latar belakang dari kandidat karyawan tetapi Anda juga harus mampu untuk melihat potensi yang ada didalam diri calon karyawan selama proses wawancara berlangsung. Banyak calon karyawan yang mampu menjawab dan berbicara dengan baik saat proses wawancara kerja berlangsung tetapi ketika masuk dan bekerja diperusahaan, terlihat jika apa yang dikatakan pada saat proses wawancara tidak sejalan dengan sikap dan dedikasinya kepada perusahaan.

Tentu saja wawancara kerja merupakan proses yang sangat penting untuk menentukan apakah calon karyawan tersebut mampu dan cocok untuk menempati posisi yang diberikan. Untuk itu Anda harus mampu melihat dengan jeli bagaimanakah sifat dan potensi yang ada didalam diri kandidat karyawan. Untuk membantu Anda saat melakukan wawancara kerja, berikut adalah 5 pertanyaan yang harus Anda tanyakan untuk mengetahui potensi yang ada didalam diri kandidat.

Baca juga: Pertanyaan Yang Cocok Untuk Calon Karyawan Millennial Ketika Wawancara

Ceritakan tentang diri Anda

Mungkin pertanyaan ini terlihat sangat standard karena hampir semua proses wawancara pasti ada pertanyaan ini. Tetapi pertanyaan ini termasuk salah satu yang penting, dengan memberikan pertanyaan ini Anda akan mengetahui bagaimana cara kandidat memperkenalkan dirinya, melihat tingkat komunikasinya, tata bahasa yang digunakan serta melihat tingkat percaya diri yang ditunjukkan. Seorang kandidat yang menceritakan secara rinci mengenai dirinya dan juga menjelaskan tentang kelemahannya dapat dianggap sebagai kandidat yang memiliki potensi dan sifat yang baik.

Baca juga: 3 Langkah Mudah Menemukan Bakat Terpendam Pelamar

Apa tantangan terbesar Anda saat bekerja dan bagaimana cara mengatasinya

Pertanyaan seperti ini penting untuk mengetahui bagaimana kemampuan kandidat karyawan untuk menghadapi tantangan maupun rintangan yang terjadi saat bekerja. Selain itu Anda juga dapat mempertimbangkan bagaimana cara si kandidat karyawan dalam mengatasi tingkat stress yang ada di dalam dirinya. Kandidat karyawan yang mampu untuk tetap tenang saat menghadapi masalah saat bekerja merupakan kandidat yang dapat Anda pilih untuk bergabung kedalam perusahaan. Tetapi Anda harus tetap berhati-hati saat melihat calon karyawan yang menjelaskan jawaban dengan terlalu mengada-ada, karena bisa saja apa yang diceritakannya tidak seperti yang akan dilakukan saat di dunia nyata.

Apa tujuan Anda untuk melamar di perusahaan ini

Dengan menanyakan pertanyaan ini Anda akan mengetahui tujuan kandidat karyawan untuk bekerja di perusahaan Anda. Seorang calon karyawan yang baik akan menjawab dengan jujur tujuannya melamar diperusahaan Anda dan tidak hanyak karena hal-hal berbau materialistis seperti besar gaji yang didapat jika bekerja di perusahaan, tunjangan yang didapatkan ataupun fasilitas yang diberikan perusahaan.

Baca juga: Cara Mengetahui Calon Karyawan Yang Hanya Mementingkan Gaji

Bagaimana pendapat Anda mengenai kerja lembur

Bertanya mengenai kerja lembur dapat memberikan Anda infrmasi mengenai kapasitasnya dalam bekerja dan mengetahui loyalitas kandidat karyawan dalam bekerja diperusahaan. Selain menanyakan pendapat tentang kerja lembur Anda juga dapat mengganti pertanyaan tersebut “menjadi bagaimana pengalaman Anda saat lembur kerja?”. Dengan begitu Anda tidak akan terlihat secara langsung menanyai mengenai pendapatnya, karena bisa saja ketika Anda menanyai pendapat, kandidat karyawan pun akan melebih-lebihkan jawabannya agar terlihat lebih baik.

Baca juga: Cara Menghitung Uang Lembur Sesuai Undang-Undang

Apa hal terpenting saat Anda bekerja di sebuah perusahaan

Mencari tahu bagaimana gaya kandidat karyawan dalam bekerja juga merupakan hal yang penting. Dengan mengetahuinya Anda akan bisa menilai apakah calon karyawan tersebut cocok untuk menjadi bagian dalam perusahaan Anda atau malah sebaliknya. Misalnya kandidat karyawan tersebut menceritakan jika tidak menyukai sebuah hal yang sebenarnya di perusahaan Anda itu dilakukan. Tentu Anda harus berpikir ulang untuk menerimanya.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.