Apa Yang Bisa Anda Berikan Untuk Perusahaan ? Ini Cara Jawabnya
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Dapat dipastikan hampir semua perusahaan ketika melakukan seleksi penerimaan pekerja baru masih memperhatikan latar pendidikan dari calon karyawan yang akan diterima perusahaan tersebut. Misalnya dimana tempat calon karyawan itu berkuliah dan jurusan apa yang diambil.

Sebenarnya hal tersebut tidaklah salah, karena latar belakang pendidikan biasanya menjadi salah satu penentu yang penting dalam penerimaan karyawan sebelum masuk kedalam perusahaan. Tetapi kebanyakan perusahaan terlalu fokus pada asal-muasal pendidikan calon karyawan, padahal sebenernya hal yang penting saat menerima karyawan adalah keahlian apa saja yang dimiliki oleh si calon karyawan bukan cuma sekedar mementingkan asal pendidikan atau terkenal tidaknya kampus yang ditempuh oleh calon karyawan.

Beberapa keahlian berikut wajib untuk anda perhatikan dan pertimbangkan saat mencari karyawan baru. Dengan keahlian tersebut, anda dapat mengetahui apakah calon karyawan merupakan orang yang tepat dan pantas untuk menjadi karyawan di dalam perusahaan anda.

Kapanpun bisa diandalkan

Pada saat melakukan interview atau wawancara penerimaan karyawan baru, cobalah untuk menganalisa apakah keahlian ini ada didalam diri calon karyawan tersebut. Penganalisaan tersebut bertujuan untuk mengetahui apabila suatu saat calon pekerja tersebut menjadi karyawan di perusahaan, karyawan itu bisa diandalkan untuk dapat memajukan perusahaan atau dapat menjadi andalan bagi rekan kerja dikantor.

Agar dapat mengetahui apakah calon karyawan tersebut memiliki keahlian tersebut, coba perintahkan untk memecahkan masalah dengan memberikan studi kasus yang cukup rumit. Kemudian dengarkan jawaban penyelesaian masalah dari calon karyawan tersebut, apakah menurut anda jawaban tersebut dapat menjadi solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah atau tidak.

Baca juga : Jenis-Jenis Wawancara Kerja Yang Wajib Diketahui

Bisa berkomunikasi dengan baik

Dapat berkomunikasi dengan baik merupakan salah satu hal penting dan wajib untuk anda perhatikan ketika hendak menerima calon karyawan. Karena komunikasi yang baik merupakan hal paling dasar yang wajib dimiliki oleh setiap calon karyawan berkualitas. Tanpa berkomunikasi dengan baik tentunya akan menjadi kendala serius bagi perusahaan. Contohnya karyawan yang tidak bisa berkomunikasi dengan baik tidak akan mengerti maksud dan tujuan anda saat menjelaskan proyek yang anda berikan kepada karyawan tersebut.

Baca juga : Pertanyaan Yang Cocok Untuk Calon Karyawan Millennial Ketika Wawancara

Mampu memanajemen konflik

Bukan cuma dua hal diatas, sebagai seorang pimpinan atau seorang staf HR yang sedang melakukan seleksi calon karyawan, perlu diperhatikan apakah calon karyawan tersebut mempunyai keahlian dalam memanajemen konflik. Di era millennial seperti sekarang ini keahlian tersebut sangat diperlukan, mengapa?

Karena di era yang serba cepat seperti sekarang ini, perusahaan-perusahaan terus berkembang dan lebih bersiko mengalami konflik apalagi perusahaan kecil atau startup. Oleh karena itu dibutuhkan kemampuan untuk memanajemen konflik semisal terjadi suatau masalah diantara sesama rekan kerja. Keahlian dalam mengatur atau memanajemen konflik juga bisa menjadi parameter bagaimana skill negosiasi calon karyawan tersebut.

Baca juga : 3 Langkah Mudah Menemukan Bakat Terpendam Pelamar

Mampu menjadi pendengar

Selain mampu berkomunikasi dengan baik, keahlian lain yang harus dikuasai oleh calon karyawan adalah mampu menjadi pendengar. Bukan cuma sekedar memberikan opini atau gagasan terhadap atasan, calon karyawan yang baik juga bisa memiliki kekuatan mendengarkan dengan baik.

Kemampuan yang ini diperlukan agar terjadinya kerja sama yang baik antara satu karyawan dan karyawan lain. Bukan cuma sekedar berbicara saja tetapi calon karyawan juga harus bisa mampu untuk mendengarkan opini, gagasan serta keluhan dari sesama rekan kerja maupun dengan atasan.

Baca juga : Mudahnya Monitoring Pekerja Lapangan Dengan Aplikasi BOSS

Punya sikap yang baik

Hal terakhir yang juga penting untuk diperhitungkan saat hendak mencari calon karyawan di kantor adalah attitudenya. Seberapa pintar, rajin, tamatan dari kampus yang bergengsi serta semenjanjikan apapun itu jika tidak mempunyai sifat yang baik tentu percuma saja. Karenanya lebih baik untuk tidak merekrut pekerja yang tidak mempunyai attitude atau sikap yang baik.

Sikap atau attitude merupakan hal dasar dari semua keahlian yang harus dimiliki oleh calon karyawan maupun oleh karyawan. Karena sikap yang mereka tunjukkan merupakan cerminan dari tingkah laku dan sifat yang mereka miliki. Calon yang tidak mempunyai sikap yang baik tentu tidak dapat menyelesaikan sebuah masalah atau konflik.

Baca juga : Dengan Aplikasi BOSS, Kini Absensi Karyawan Semakin Mudah

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>