5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Aplikasi Penggajian
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sebuah perusahaan besar yang mempunyai banyak karyawan dan memiliki banyak cabang tersebar diberbagai tempat haruslah menggunakan aplikasi absensi dan aplikasi penghitungan gaji untuk menghindari kesalahan yang terjadi saat proses perhitungan data absensi maupun perhitungan gaji serta untuk menjaga keseluruhan aspek dapat berjalan dengan lancar. Tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih aplikasi penggajian, karena tidak semua jenis aplikasi penggajian sesuai dengan perusahaan anda. Untuk itu mari kita simak apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memilik aplikasi penggajian karyawan.

Kebutuhan

Seperti membeli kebutuhan hidup sehari-hari, begitu juga saat akan memilih aplikasi penggajian, segala kebutuhan harus disesuaikan dengan keadaan perusahaan. Hal ini termasuk penyesuaian dengan keuangan yang dimiliki oleh perusahaan. Apabila perusahaan tidak memiliki keuangan yang mencukupi, maka perusahaan bisa memilih aplikasi penggajian yang tidak terlalu memiliki banyak fitur tetapi tetap mampu untuk membantu tim HRD dalam bekerja. Sementara bagi perusahaan yang memang perlu aplikasi yang memang  benar-benar mampu untuk membantu pekerjaan HRD maka dapat memilih aplikasi payroll yang memang punya segudang fitur bermanfaat.

Baca juga: Memilih Aplikasi Absensi Yang Tepat

aps hrd system - software hr terbaikMampu mengikuti perkembangan perusahaan

Semua perusahaan yang sekarang menjadi perusahaan raksasa dahulunya pernah menjadi sebuah perusahaan kecil dan perlahan-lahan berkembang hingga seperti sekarang. Untuk itu, pastikan anda memilih aplikasi penggajian yang benar-benar mampu untuk digunakan disegala kondisi, baik ketika perusahaan anda masih sebuah perusahaan kecil atau nantinya menjadi perusahaan yang besar. Untuk dapat mewujudkannya, maka anda harus memilih aplikasi penggajian yang punya sistem upgrade agar dapat menyesuaikan dengan kondisi perusahaan.

Untuk mendapatkan aplikasi penggajian yang mampu mengikuti perkembangan perusahaan ada beberapa hal yang harus anda perhatikan diantaranya:

  • Pastikan aplikasi penggajian memiliki fitur untuk meng-impor data dari luar kedalam aplikasi maupun sebaliknya
  • Apakah vendor menawarkan jasa konsultasi dan panduan
  • Perhitungkan biaya teknisi apabila ingin menerapkan sistem
  • Apakah sistem yang lama tetap harus dijalankan ketika sudah memiliki sistem yang baru karena kekhawatiran akan terjadinya eror di sistem yang baru

Dukungan dari vendor

Dukungan serta layanan yang berkualitas sangat mempengaruhi keberhasilan serta efesiensi dalam penerapan aplikasi penggajian karyawan. Support yang handal dan selalu mampu untuk menanggapi keluhan pada saat kapanpun dapat sangat membantu tim HRD dalam mengatasi permasalahan yang terjadi. Ketersediaan teknisi yang dapat kapanpun untuk dipanggil ke kantor merupakan salah satu hal yang harus anda pertimbangkan karena dapat mempercepat perbaikan masalah yang terjadi pada aplikasi yang digunakan oleh perusahaan. Dengan tersedianya dukungan seperti ini, perusahaan pun dapat menjalin hubungan lebih erat lagi dengan vendor penyedia aplikasi serta dapat menciptakan rasa aman.

Baca juga: Begini Peraturan Dan Cara Hitung Uang Pesangon PHK Karyawan

Perhatikan pengalaman vendor

Karyawan adalah aset terpenting yang ada didalam perusahaan oleh karena itu butuh upaya lebih agar karyawan tetap setia kepada perusahaan.  Dengan menggunakan aplikasi penggajian yang baik, kesalahan-kesalahan kecil dalam perhitungan gaji dapat terhindarkan. Sebaliknya jika banyak terjadi kesalahan saat menghitung gaji karyawan, yang akan dirugikan dengan terjadinya kesalahan itu adalah karyawan dan perusahaan, disatu sisi karyawan merasa rugi karena gaji yang didapat tidak sebanding dengan kinerjanya, sementara perusahaan juga akan rugi apabila karyawan yang tidak puas dengan sistem penggajian tersebut memilih untuk keluar dari perusahaan anda.

Agar kedua belah pihak sama-sama diuntungkan, maka perusahaan harus melihat rekam jejak serta pengalaman vendor penyedia aplikasi sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi penggajian yang mereka kembangkan. Dengan melihat rekam jejak yang dapat dipercaya, maka perusahaan akan mendapatkan vendor yang benar-benar profesional serta mampu memberikan pelayanan yang sangat baik.

Sesuai dengan peraturan pemerintah

Hal yang harus diperhatikan ketika akan memilih aplikasi penggajian adalah dukungan aplikasi terhadap peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah contohnya seperti perhitungan PPH21, Jaminan kesehatan (BPJS), pemberian thr, cuti serta hal lain yang sudah diatur oleh undang-undang ketenagakerjaan. Selain itu pastikan juga aplikasi penggajian yang nantinya akan dipilih dapat selalu update mengenai peraturan pemerintah yang biasanya sering berubah-ubah.

Baca juga: Cara Menghitung THR Karyawan

Semua kriteria diatas dapat anda temukan didalam salah satu aplikasi penggajian terbaik di Indonesia bernama APS HRD System. Tim support yang profesional dan dapat dipanggil kapan saja serta berbagai fitur yang dapat membantu HRD dalam mengerjakan tugasnya dapat anda temukan didalam salah satu best HR software in indonesia ini. Tidak hanya memiliki berbagai fitur yang sangat membantu, APS HRD System juga mendukung perhitungan yang berkaitan dengan peraturan pemerintah seperti BPJS, PPH21, izin cuti dan THR, serta berbagai kelebihan lainnya. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai APS HRD System, silahkan klik gambar dibawah.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR & PAYROLL TERBAIK


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>