Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sebuah perusahaan profesional harus mampu untuk mengukur setiap kinerja dari karyawannya, dengan hal tersebut maka perusahaan mampu untuk melihat sebuah target yang diberikan oleh karyawan telah tercapai atau tidak. Dapat dipastikan hampir semua karyawan tidak akan selalu ada didalam posisi yang baik karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, sehingga hal tersebut akan mempengaruhi kinerja karyawan. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja dari seorang karyawan. Sebagai seorang pimpinan dalama sebuah perusahaan tentu anda harus mengetahui faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kinerja dari seorang karyawan. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat mempengarhui kinerja karyawan.

Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan didalam perusahaan. Karena lingkungan kerja merupakan faktor yang paling sering membuat menurunnya kinerja dari seorang karyawan. Lebih dari 80% karyawan mengundurkan diri atau resign disebabkan oleh lingkungan kerja yang tidak kondusif. Ciri sebuah lingkungan kerja yang baik adalah dengan memiliki ruangan yang cukup luas, suhu udara atau pendingin ruangan yang sesuai, serta penerangan yang baik untuk karyawan bekerja. Ketika salah satu fasilitas tersebut rusak, maka segeralah untuk memperbaikinya agar kinerja karyawan tidak akan terganggu dan menurun dikarenakan ketidaknyamanan akibat rusaknya fasilitas kantor.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Ruangan Kantor Nyaman Bagi Karyawan ?

Fasilitas kantor

Menyediakan berbagai fasilitas di tempat kerja merupakan hal yang baik untuk dapat menunjang kinerja dari seorang karyawan agar dapat mengerjakan pekerjaannya dengan  lebih baik. Jika sebuah perusahaan tidak dapat menyediakan fasilitas yang cukup atau memadai, maka tentu hal ini akan dapat menurunkan kinerja dari karyawan. Biasanya permasalahan tentang fasilitas kantor yang tidak memadai sering dialami oleh perusahaan rintisan atau Startup. Oleh karena itu jika anda adalah seorang Startup yang baru saja memulai untuk merintis usaha, coba jelaskan terlebih dahulu kepada calon karyawan ketika sedang interview tentang bagaimana kondisi dari kantor anda.

Baca juga: Apa Manfaat Menyediakan Makan Siang Bagi Karyawan ?

Tugas

Faktor ketiga yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan adalah tugas. Karyawan akan merasa tertekan dan bingung ketika anda memberikan banyak tugas kepada karyawan. Apalagi jika tugas yang diberikan tidak disertai dengan informasi tentang apa saja hal yang harus diprioritaskan terlebih dahulu. Biarkan karyawan anda untuk mengerjakan pekerjaannya satu persatu terlebih dahulu, jangan berikan tugas yang terlalu menumpuk dengan deadline yang cepat karena dapat membuat karyawan anda menjadi tertekan dan stres. Jika ada sebuah tugas penting yang harus selesai dengan cepat maka anda harus mengatur ulang deadline dari tugas yang lain agar karyawan tetap tenang dan tidak stres.

Baca juga: Cegah Karyawan Burnout di Tempat Kerja Dengan 5 Cara Ini

Bonus

Dapat dipastikan semua karyawan akan merasa senang dan bersemangat apabila pekerjaan yang telah dilakukan mereka di apresiasi oleh pihak perusahaan. Memberikan penghargaan kepada karyawan tidak hanya dengan materi saja tetapi juga bisa diberikan dengan cara memberikan pujian atas kinerjannya yang baik. Anda juga dapat memberikan sebuah bonus materi kepada karyawan yang memang benar-benar bekerja dengan sangat baik dan membuat pengaruh yang baik di dalam kantor. Agar dapat memotivasi dan memicu daya saing karyawan yang lain, anda bisa memberikan bonus materi tersebut dengan disaksikan oleh seluruh karyawan yang ada di kantor.

Baca juga: 7 Jenis Bonus yang Bisa Anda Berikan Kepada Karyawan

Pimpinan yang baik

Sebagai seorang pimpinan yang baik anda harus dapat mendengarkan pendapat dari masing-masing karyawan anda. Berikan keleluasaan kepada karyawan untuk dapat memberikan pendapat, ide serta kritikan didalam perusahaan. Selain itu ajak mereka untuk dapat terlibat kedalam proyek yang akan dikerjakan oleh perusahaan. Berikan juga ruang kepada setiap karyawan agar dapat belajar dan mengembangkan kreativitasnya didalam bidang yang diminati agar dapat lebih mengasah ilmunya, karena mungkin saja skill tersebut akan berguna bagi perusahaan anda.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.