Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sebagai seorang HRD tentu anda ditugaskan untuk mengamati setiap perkembangan yang terjadi didalam perusahaan terutama perkembangan karyawan. Ketika produktivitas perusahaan mengalami penurunan, mungkin ada sesuatu hal yang salah didalam perusahaan tersebut. Lalu apa yang harus anda lakukan? Salah satu hal yang harus anda perhatikan ketika perusahaan mengalami penurunan produktivitas adalah budaya perusahaan. Budaya yang ada didalam perusahaan seperti hubungan yang terjalin antar karyawan, kesejahteraan karyawan dan hal lain yang berhubungan dengan karyawan.

Budaya yang ada didalam perusahaan merupakan hal yang penting untuk dijaga guna untuk mempertahankan produktivitas ataupun meningkatkannya. Budaya yang positif akan berpengaruh kepada produktivitas setiap karyawan yang ada didalam perusahaan karena dapat meningkatkan motivasi agar dapat bekerja lebih baik lagi.

Baca juga: 10 Alasan Tepat Untuk Memberhentikan Karyawan

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan budaya positif didalam perusahaan, seperti sering memberikan pelatihan dan motivasi kepada setiap karyawan. Memberikan fasilitas yang baik agar karyawan dapat betah di dalam perusahaan dan meningkatkan solidaritas antar karyawan.

Tetapi ada saja pihak-pihak yang akan berbuat hal yang tidak seharusnya dilakukan, seperti berkata kasar kepada rekan kerja, menceritakan gosip atau fitnah, memprovokasi karyawan agar tidak bekerja dengan baik dan hal lainnya. Lalu apa saja ciri-ciri jika didalam perusahaan anda terdapat budaya yang buruk karena disebabkan pihak yang tidak mengikuti aturan, dirangkum melalui HRInAsia.com, berikut adalah 4 tanda jika perusahaan anda memiliki budaya yang buruk.

Baca juga: Cara Memberhentikan Karyawan Dengan Bijak Dan Benar

Kurang berkomunikasi

Setiap pemimpin sukses didunia mengakui jika komunikasi adalah salah satu kunci kesuksesan dalam berbisnis. Oleh karena itu, kurangnya komunikasi yang terjalin antara karyawan dapat menyebabkan timbulnya kesalahpahaman kepada masing-masing karyawan. Tidak hanya itu, kurangnya komunikasi yang terjadi secara berlarut-larut akan menimbulkan masalah yang berkepanjangan dan akan berdampak kepada hubungan antar karyawan. Salah satu contohnya ada adalah kurangnya komunikasi ketika karyawan menyelesaikan pekerjaannya. Memberikan penghargaan atau bonus merupakan bentuk komunikasi yang baik kepada karyawan yang dapat membuat tumbuhnya rasa senang kepada pekerjaannya.

Baca juga: 5 Cara Menangani Konflik Di Tempat Kerja

Tidak menjadi pemimpin yang baik

Pemimpin adalah seorang contoh bagi bawahannya. Untuk itu Seorang pemimpin memegang peranan penting dalam menentukan budaya kerja didalam kantor. Jika pemimpin tidak menunjukkan sifat profesionalismenya, dapat dipastikan hal tersebut akan memberikan dampak negatif kepada karyawannya, karyawan pun akan mengikuti sifat tidak profesionalnya saat berada didalam lingkungan kerja. Selain itu, pemimpin yang selalu mengeluarkan emosi ketika memberikan masukan kepada karyawan akan memberikan dampak buruk karena karyawan tersebut akan membenci anda sebagai seorang pemimpin dan membuat reputasi anda menjadi tercoreng karena dianggap sebagai pimpinan yang tidak menghormati bawahan serta memperlakukan bawahan dengan arogansi.

Kurang disiplin

Ciri budaya perusahaan yang tidak baik adalah ketidak disiplinan setiap karyawannya dalam bekerja. Sebagai seorang pimpinan tentu anda harus mengawasi dan memeriksa daftar kehadiran atau absensi karyawan setiap harinya. Apabila anda melihat bahwa terlalu banyak karyawan yang tidak hadir atau terlambat tanpa memberikan pemberitahuan terlebih dahulu maka bisa jadi itu adalah tanda perusahaan anda mempunyai budaya kerja yang buruk. Jika karyawan anda tidak memiliki semangat untuk datang bekerja, bisa jadi itu karena beberapa masalah dengan rekan kerja, atau masalah lainnya. Sebagai seorang pimpinan anda harus bisa melihat dan mengamati karyawan mana yang sebelumnya bekerja dengan sangat giat tetapi tiba-tiba berubah menjadi pemurung dan tidak mengerjakan tugasnya dengan benar.

Baca juga: Manfaat Memberikan Pengenalan Dan Pelatihan Untuk Karyawan Baru

Itu tadi adalah beberapa tanda jika perusahaan anda memiliki budaya kerja yang tidak baik. Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar budaya seperti itu tidak terus berkembang dan menyebabkan perusahaan menjadi tidak produktif, salah satunya dengan melakukan pendekatan secara personal kepada karyawan untuk mengetahui apa yang disukai dan tidak disukainya.

Sumber: hrinasia.com

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR & PAYROLL TERBAIK


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>