4 Bahaya Jika Bekerja Terlalu Santai
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Apapun ceritanya, mau anda akan dibilang hanya makan gaji buta dan lain-lain, tetap saja dapat bekerja dengan santai merupakan dambaan setiap karyawan di perusahaan manapun. Meskipun demikian, faktanya bekerja dengan santai tidak seindah seperti apa yang anda dan karyawan lain harapkan.

Ada banyak hal yang membuat anda dapat bekerja dengan santai, seperti ketika anda mampu menyelesaikan semua tugas pekerjaan hanya dalam bebera jam saja atau memang tugas yang diberikan perusahaan memiliki tingkat kesulitan jauh dibawah kemampuan anda, tentunya ini dapat membuat anda bekerja lebih santai. Tetapi anda harus mewaspadai kondisi ini, karena walaupun terlihat menyenangkan, kondisi ini memiliki banyak bahaya. Berikut ini adalah 4 diantara banyaknya bahaya ketika anda bekerja terlalu santai.

1. Posisi Anda Tidak Akan Aman

Apapun alasan yang membuat anda tampak santai, tetap akan ada pandangan negatif yang akan menilai tentang anda. Sekalipun anda santai karena pekerjaan yang telah selesaipun, anda akan terlihat kurang produktif ataupun tampak seperti tidak memiliki sikap loyalitas pada perusahaan. Ini dapat mengancam posisi anda, jika perusahaan memiliki talenta baru yang lebih produktif. Maka dari itu sebaiknya anda harus tetap melakukan sesuatu yang lebih produktif.

Baca juga : Ingin Bekerja Di Mana, Perusahaan Startup Atau Konvensional ?

Anda bisa tetap bersantai namun dengan melakukan hal-hal baru yang dapat bermanfaat untuk perusahaan dan diri anda sendiri. Anda juga bisa menghabiskan waktu santai anda sambil membantu sedikit projek karyawan lain, ataupun sedikit diskusi ringan dengan atasan anda untuk membahas masalah perusahaan ataupun hal lainnya.

 

2. Menurunkan Semangat Kerja

Mungkin saat pertama kali merasakan kerja yang sangat santai akan membuat anda bahagia, anda tidak perlu memikirkan banyaknya tugas yang segera deadline. Namun Seiring dengan berjalannya waktu, rasa bahagia dari kerja santai akan berubah menjadi kebosanan. Anda merasa pekerjaan yang saat ini diberikan tidak dapat mencerminkan kemampuan yang sebenarnya dimiliki.

Baca juga : Tingkatkan Keterlibatan Karyawan Dengan Aktivitas Dan Permainan Menyenangkan ini

Anda merasa perusahaan tidak lagi peduli terhadap bakat dan kemampuan yang anda miliki. Ketika hal ini terus berlanjut, maka semangat kerja anda akan turun dan justru pekerja yang anda anggap terlalu mudahpun tetap saja membuat anda tidak produktif. Ini akan membuat anda stess berkepanjangan, anda tidak menikmati proses pekerjaan anda.

3. Peningkatan Karir Yang Melambat

Saat pekerjaan anda sudah terlalu nyaman dan santai, diposisi ini anda akan masak dalan kondisi zona yaman. Anda tidak lagi bersusah-susah mencari koneksi dan dan tidak lagi ingin berusaha mencari informasi pekerjaan baru yang lebih baik. Walaupun sebenarnya anda menginginkan pekerjaan baru yang bergaji tinggi, namun anda merasa sayang untuk melepas pekerjaan yang sekarang. Karena belum tentu dipekerjaan baru nanti, anda bisa kerja santai dan menghabiskan waktu untuk melihat barang terbaru di toko online favorite anda ?

Baca juga : 3 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Dapat Meningkatkan Kualitas Tidurmu

Disaat seperti inipun “Loyalitas” menjadi salah satu kata yang akan menjadi alat pembenaran anda untuk tetap berada diposisi sekarang. Anda juga telah lupa untuk mempelajari hal-hal baru, yang dapat meningkatkan kemampuan anda dibidang lain. Dan semua hal ini terjadi karena anda telah nyaman, namun lupa jika peluang diluar masih begitu besar.

4. Kemampuan Anda Tidak Berkembang

Seperti yang telah sedikit dijelaskan pada poin ke-3, jika pekerjaan yang terlalu santai memasukan anda pada zona nyaman. Anda tidak lagi berusaha mencari hal baru dan pengalaman baru. Padahal justru untuk mendapatkan pengalaman dan kemampuan kerja yang baik adalah ketika anda harus menghadapi masalah dan tantangan kerja yang tinggi. Disetiap kesalahan anda akan belajar satu hal baru. Di setiap tantangan yang melebihi kemampuan anda saat ini, maka anda harus belajar untuk bisa meningkatkan kemampuan lebih dari yang saat ini anda miliki. Tentunya semua pelajaran berharga tersebut tidak akan didapat, jika anda selalu mengerjakan tugas yang mudah.

Baca juga : Dengan Aplikasi BOSS, Kini Absensi Karyawan Semakin Mudah

Bahkan lebih buruknya lagi, pekerjaan yang terlalu mudah ini membuat anda merasa tidak butuh lagi belajar dan mengembangkan skill baru. Anda telah puas dengan kemampuan yang sekarang, tanpa melihat jika suatu saat nanti akan ada tantang sangat besar yang dapat “membunuh” karir anda.

Artikel ini bukan menyuruh anda untuk terus menerus fokus bekerja dan bekerja, sehingga melupakan kata “santai” dalam hidup anda. Mau bagaimanapun, kondisi santai juga diperlukan untuk merileksasikan fisik dan jiwa kita. Namun jangan sampai anda terlalu santai dan melupakan banyak hal yang sebenarnya masih perlu anda lakukan.

Aplikasi Absensi BOSS Attendance System


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>