APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR & PAYROLL TERBAIK
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, jika sumber daya manusia (SDM) merupakan aset terpenting bagi perusahaan. Kualitas SDM ataupun karyawan yang ada, akan menentukan produktifitas perusahaan. Semakin baik kualitas dan loyalitas karyawan, maka semakin baik pula produktifitas perusahaan. Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk dapat mengelola sumber daya manusia dengan baik menggunakan human resource management (HRM).

Dengan adanya proses HRM yang baik akan memberikan dampak positif bagu perusahaan, maupun karyawan itu sendiri. Karena hal ini akan mengakibatkan banyak hal, diantaranya : Karyawan lebih puas terhadap layanan perusahaan, tingkat produktifitas karyawan meningkat, menaikan citra perusahaan, hingga menurunnya tingkat pengunduran diri karyawan terbaik. Baca juga : Cara Menjaga Agar Karyawan Terbaik Tidak Resign.

Divisi Human Resource (HR) memiliki tanggung jawab dalam proses tumbuh dan berkembangnya sumber daya manusia didalam perusahaan. Mereka juga memiliki fungsi untuk mendata absensi, proses penggajian, perizinan cuti dan absen, pelatihan dll. Walaupun terlihat mudah, nyatanya pekerjaan HR sangat sulit dan rawan terjadi kesalahan. Bahkan kami juga pernah membuat artikel tentang Masalah yang Muncul Jika HR Perusahaan Tidak Efektif.

Maka dari itu sudah tidak lagi jamannya menjalankan HRM secara konveksional, karena rawan kesalahan dan tidak effisien lagi. Kini divisi HR modern dalam menerapkan HRM telah menggunakan HRIS (Human Resource Information System) yang lebih baik dan tentunya minim kesalahan. HRIS biasanya berupa software HR atau Aplikasi HRD dimana semua proses HRM telah terkomputerisasi dengan beragam fitur yang memanjakan anda. Dibawah ini akan kami berikan 4 alasan mengapa HRIS itu sangat penting diterapkan pada perusahaan anda.

1. Proses Payroll System yang Lebih Cepat dan Akurat

Divisi HR pasti sudah mengetahui bahwa proses penggajian atau payroll itu tidak semudah apa yang orang lain bayangkan. Sebelum memberikan gaji kepada karyawan, banyak apspek yang harus dihitung dahulu seperti pajak PPH, Tunjangan, lembur, review jumlah kehadiran dll. Jika perhitungan ini dilakukan secara manual pastinya membutuhkan waktu yang lama dan rawan kesalahan. Anda bisa membayangkan jika perusahaan anda terus berkembang dan memiliki banyak karyawan, mau berapa lama anda melakukan proses penggajian.

Namun, akan beda cerita jika anda menggunakan HRIS dalam proses payroll. Semua proses akan dihitung oleh gaji dan karyawan akan mendapatkan bayaran sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan. Contohnya jika anda menggunakan software HR APS HRD SYSTEM, proses penggajian bisa dilakukan hanya dengan 3 langkah yang prosesnya tidak lebih dari 5 menit untuk mengelola penggajian secara automatis.

2. Karyawan Lebih Disiplin

Salah satu “borok” dari kedisiplinan karyawan adalah masalah kehadiran. Tidak jarang karyawan bolos dari kerjaan ataupun sering datang terlambat, lolos dari sanksi akibat HRM yang masih dilakukan secara konveksional. Akibat dari karyawan yang sering bolos dan telat ini pastinya sangat berpengaruh pada produktifitas perusahaan. Namun sayangnya dengan HRM konveksional, mudah sekali karyawan untuk memanipulasi data kehadirannya. Contohnya paling umum adalah dengan “titip absen” dan segalanya akan beres.

Dengan menerapkan HRIS, maka masalah tersebut dapat diminimalisir. Apalagi jika anda menggunakan APS HRD SYSTEM, maka software hr ini mampu diintergrasikan dengan mesin absensi sidik jari dan proses pengajuan ketidak hadiran atau cutipun dilakukan secara online. Software HR ini mampu memotong gaji secara automatis sesuai dengan peraturan perusahaan anda.

Baca juga :  Best Payroll & HR Software In Indonesia

3. Adanya Self Service yang Memudahkan Karyawan

Karyawan bukan hanya menginginkan gaji yang susuai dengan pekerjaan yang telah dilakukan. mereka juga menginginkan kemudahan akses informasi dan komunikasi ke perusahaan. APS HRD SYSTEM memiliki fitur yang bernama Self Service dimana karyawan dapat melihat beragam informasi seperti histori penggajian, histori kehadiran, pengumuman dll. Selain informasi yang bermanfaat, di Self Service juga dapat mengajukan cuti, izin tidak hadir, dan segala bentuk claim keperusahaan. Dengan adanya Self Service, karyawan tidak perlu lagi datang ke pimpinan untuk mengajukan tidak hadir ataupun untuk menanyakan sesuatu tentang perusahaan.

4. Penyimpanan Data Personalia yang Aman

Dengan adanya HRIS maka data personalia sudah tersimpan dalam bentuk digital dan online yang bisa diakses dari mana saja. Oleh karena ini anda tidak perlu lagi harus membuka lemari yang penuh dengan berkas hanya untuk mencari data personalia karyawan. Dengan data yang disimpan secara online juga menghindari anda dari kerusakan data secara fisik seperti kebakaran, kertas dimakan rayap dll. Untuk mencari data yang diinginkan, cukup dengan beberapa kali klik dan data akan disajikan dengan jelas dan cepat.

HRIS menjadi sebuah solusi untuk tantangan divisi HR masa kini, ia dapat membuat kinerja HR bisa lebih baik, akurat dan cepat.  Dengan adanya software HR atau aplikasi HRD ini membuat hubungan perusahaan dan karyawan jauh lebih baik. Maka dari ini pastikan anda memilih software HR terbaik seperti APS HRD SYSTEM sebagai HRIS perusahaan anda. Software HR ini mampu melakukan apa saja terkait divisi HR dengan cara automatis, cepat dan tepat, sehingga divisi HR dapat terbantukan dan bekerja secara maksimal.

Tertarik? Anda bisa mencoba aplikasi HRIS APS HRD SYSTEM dengan mengklik banner dibawah ini.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>