3 Tipe Karyawan Yang Harus Anda Kenali
- HRD

3 Tipe Karyawan Yang Harus Anda Kenali

Karyawan adalah aset paling berharga sebuah perusahaan. Tanpa karyawan, sebuah organisasi aktivitas bisnis mustahil untuk beroperasi. Berbicara karyawan, tahukah anda bahwa karyawan dapat dikelompokan ke dalam beberapa tipe. Dikutip dari urbanhire.com ada 3 tipe karyawan yang bisa diklasifikasikan dari beberapa macam aspek.

3 Tipe Karyawan Dari Aspek “Employee Engagement”

3 Tipe Karyawan Yang Harus Anda Kenali - Employee Engagement

img:pexels.com/@rawpixel

 

Employee engagement adalah metode yang digunakan untuk mengukur sejauh mana karyawan merasakan keterikatan pada pekerjaannya dan terkait dengan perusahaan dimana ia bekerja. Jadi, saat anda menjadi salah satu karyawan pada sebuah perusahaan, maka anda dianggap terikat dengan pekerjaan anda. Berdasarkan level komitmen, karyawan dapat dikelompokan menjadi tiga jenis:

Engaged Employee

Engaged employee adalah karyawan yang bekerja dengan penuh gairah dari sisi emosi sangat terikat dengan perusahaan dimana ia bekerja. Mereka merupakan orang-orang yang inovatif dan memberikan ide-ide baru serta kinerja yang konsisten untuk memajukan perusahaan. Mereka bekerja selalu melampaui apa yang diharapkan oleh pekerjaan demi kondisi perusahaan yang lebih baik dan konsisten.

Baca Juga:

Not Engaged Employee

Level ini kebalikan dari engaged employee. Karyawan jenis ini tidak mencurahkan waktunya dengan sepenuhnya dalam pekerjaannya. Mereka adalah jenis karyawan yang hanya melakukan apa yang diperintahkan saja. Karyawan jenis ini bisa menunjukan sikap yang positif atau negatif terhadap peruahaan. Mereka memandang pekerjaannya dari sisi bayaran, tidak lebih dari itu.

Actively Disengaged Employee

Ada karyawan yang sebenarnya tidak bahagia, dan bahkan menyebarkan aura negatif dalam perusahaan. Sisi menariknya, karyawan level ini bertahan lama dalam perusahaan dengan cara menggeser karyawan-karyawan yang dianggapnya mampu lebih cepat mencapai jabatan yang lebih tinggi.

Gaya kepemimpinan supervisor sangat berpengaruh bagi penciptaan ketertarikan karyawan terhadap perusahaan. Atasan yang gagal menghadirkan employee engagement melalui menciptakan hubungan yang positif dapat memicu terjadinya tingkat turnover besar-besaran dari karyawan terbaik.

3 Tipe Karyawan Dari Aspek “Kepribadian”

3 Tipe Karyawan Yang Harus Anda Kenali - Kepribadian

img:pexels.com/@mentatdgt-330508

 

Mengenali karyawan berdasarkan kepribadian asli orang-orang di sekitar anda ternyata dapat sangat membantu anda untuk menjalin kerjasama dengan karyawan lebih efektif. Jika anda diberikan tanggung jawab kepemimpinan atas orang lain, maka pemahaman atas ini akan sangat membantu anda untuk dapat bekerjasama dengan mereka secara lebih berempati. Hal ini akan mempengaruhi mereka dalam mencapai hasil yang lebih maksimal.

Ada 3 tipe karyawan yang dapat anda klasifikasikan dari aspek kepribadian. 3 tipe karyawan yang bisa anda pahami, sebagai berikut:

The Freeloader

Tipe ini adalah karyawan yang sedang mencari suatu sumber pendapatan, bukan suatu pekerjaan. The freeloader hanya tertarik untuk mendapatkan uang yang dibutuhkan dan mau bekerja jika memang merasa harus melakukannya saja. Menariknya, tipe ini menduduki di banyak posisi di perusahaan pada semua industri, mulai dari karyawan baru hingga para CEO pada perusahaan besar. Biasanya di awal mereka sangat down-to-earth dan sangat memikat. Tetapi seiring dengan waktu, mereka akan menunjukan sikap aslinya yang selalu mengelakkan pekerjaan dan hanya menunjukan peningkatan-peningkatan kecil hanay ketika mereka diperhatikan saja.

The Worker

Tipe ini adalah mereka yang benar-benar mencari suatu pekerjaan. Jadi, tipe karyawan ini benar-benar ingin memberikan kontribusi terbaiknya agar berguna bagi perusahaan. Dalam diri mereka, kebutuhan pokok dan kelangsungan finansial telah terkalahkan oleh rasa martabat yang terpatri dalam keyakinan untuk menciptakan suatu penghidupan yang jujur dan memberikan suatu contoh yang baik.

The Entrepreneur

Tipe karyawan ini adalah tipe yang selalu berusaha mengehar suatu tujuan yang lebih tinggi. Motivasi utama mereka melebihi kebutuhan mereka atas uang. Mereka selalu memiliki visi dan misi yang jelas dan selalu memberikan yang terbaik

Anda bisa memberikan gaji yang sesuai berdasarkan tipe-tipe ini. Menggunakan Software Payroll Terbaik anda dapat dengan mudah melakukannya. APS HRD SYSTEM memiliki fitur yang lengkap yand akan membantu anda dengan mudah dalam mengurusi pekerjaan HRD anda. Gunakan versi litenya gratis, klik banner untuk download.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.