- HRD

3 Kesalahan Serius Yang Perusahaan Harus Hindari dalam Sistem Payroll

Dalam meningkatkan pertumbuhan perusahaan, tanggung jawab terbesar dari perusahaan adalah dalam menerapkan sistem penggajian yang tepat. Saat manajer hrd anda mengelola pajak penggajian yang terkait dari suatu bisnis, maka anda harus mengetahui beberapa kesalahan serius yang harus anda hindari. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Pencatatan Yang Kurang Memadai

Kesalahan yang paling sering terjadi adalah perusahaan yang gagal mencatat dan melengkapi data payroll secara akurat. Pencatatan yang tidak dilakukan secara profesional dan lengkap dalam mendokumentasi dapat memperpanjang proses audit penggajian, dimana hal tersebut harus benar-benar harus dihindari.

Berdasarkan peraturan perusahaan yang telah ditetapkan, seorang HR harus mendata catatan penggajian selamat sedikitnya 3 tahun. Sementara itu pencatatan dan perhitungan harus dipertahankan selama 2 tahun.

Baca Juga:

Telat Mengarsip Pembayaran Pajak

Jika suatu perusahaan sedang mengalami permasalahan arus kas, mungkin anda mendahulukan untuk membayar tagihan lain seperti utilitas dan vendor. Tetapi, hal ini adalah masalah besar. Pajak harus menjadi prioritas utama, tetapi banyak pengusaha mengabaikannya.

Ketika perusahaan telat membayar, maka anda akan dikenakan denda yang mungkin akan setara degnan pajak yang belum dibayar tersebut. Anda bisa dikenakan tuduhan melakukan kejahatan yang merugikan negara.

Mengkategorikan Karyawan Sebagai Sub-Kontraktor

Anda harus memperlakukan karyawan dalam penggajian dengan perlakuan seorang kontraktor. Banyak perusahaan yang menggunakan jasa kontraktor untuk jenis pekerjaan yang sifatnya sementara. Dengan mengkategorikan karyawan sebagai kontraktor perusahaan menghindari pajak berganda.

Yang harus anda lakukan adalah membedakan keduanya, karena akan berdampak besar pada sistem penggajian anda. Bedakan karyawan dengan kontraktor untuk menghindari kesalahan dalam payroll.

Biasanya perusahaan akan menunjuk tim hrd dalam memproses penggajian, hal ini akan sangat sulit jika anda menggunakan sistem manual. APS HRD System akan memberikan solusi terbaik untuk memproses sistem payroll perusahaan anda. Gunakan versi lite gratis, klik banner untuk informasi lebih lanjutAPS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.