Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Motivasi karyawan dalam bekerja memang bukan sekedar gaji saja, banyak hal lain yang dapat membuat karyawan bahagia. Namun dari gajilah karyawan dapat menilai seberapa besar perusahaan menghargai dan mengapresiasi atas apa yang telah karyawan kerjakan selama ini. Anda bisa merasakan bagaimana rasanya jika segala upaya yang telah anda berikan pada perusahaan, namun gaji yang diberikan tidak setimpal. Pastinya hal ini akan membuat tidak senang karyawan dan akan timbul efek berantai yang dapat menurunkan kinerja karyawan, bahkan hingga karyawan terbaikpun mengundurkan diri.

Baca juga : Inilah Cara Menjaga Agar Karyawan Terbaik Tidak Resign

Maka dari itu, penting bagi perusahaan terutama divisi HR dapat bersikap adil dalam menentukan ukuran gaji bagi karyawan. Untuk mendapatkan perhitungan gaji yang baik dan adil, anda harus menjadikan 3 faktor dibawah ini sebagai bahan pertimbangan ukuran gaji.

Tanggung Jawab dan Pekerjaan

aps hrd system - software hr terbaikAnda tidak bisa menyama ratakan gaji setiap karyawan yang ada didalam perusahaan, gaji yang diberikan harus sesuai dengan tingkat keahlian dan seberapa besar dampak pekerjaan dalam perusahaan. Pastinya dalam perusahaan akan ada banyak karyawan dengan beragam profesi, ada profesi yang tidak terlalu susah adapula profesi yang harus memiliki keahlian khusus dan rumit untuk dipelajari.

Semakin penting peran karyawan dan semakin sulit pekerjaan yang harus dilakukan, maka seharusnya semakin tinggi pula gaji yang diberikan. Hal ini karena karyawan dengan pekerjaan sulit dan butuh keahlin tinggi pastinya telah memiliki pengalaman dan jenjang pendidikan yang tidak mudah untuk didapatkan. Sehingga karyawan berhak mendapatkan gaji sesuai dengan tanggung jawab dan kemampuan yang dia miliki. Lagi pula tidak ada salahnya membayar mahal karyawan dengan kemampuan tinggi, karena pada akhirnya akan menguntungkan perusahaan juga.

Selain dari tingkat keahlian dan pengalaman, anda juga harus memperhatikan durasi kerja karyawan. Jika anda mengharapkan karyawan dapat bekerja dengan durasi yang lebih lama, maka anda harus berani memberikan gaji lebih kepada mereka. Karena saat karyawan bekerja dengan durasi yang lebih lama, maka dia akan mengorbakan banyak hal bagi perusahaan.

Baca juga : Kriteria Software Penggajian Karyawan Terbaik

Pengaruh Hasil Pekerjaan terhadap Perusahaan

Setiap karyawan apapun posisi dan jabatannya akan sama pentingnya bagi perusahaan, tidak ada istilah “anak emas” diperusahaan yang memiliki lingkungan kerja yang baik. Namun walaupun begitu, perusahaan tetap harus memberikan apresiasi terhadap karyawan yang sangat berpengaruh dalam kesuksesan perusahaan. Dengan memberi gaji lebih tinggi ataupun bonus bagi mereka yang telah bekerja sangat keras, sehingga kontribusi yang mereka berikan sangat berdampak pada kesuksesan karyawan bukanlah hal yang salah. Justru ini akan mendorong karyawan merasa dihargai dan membuat karyawan lain bersemangat untuk lebih giat lagi.

Baca juga : Cegah Karyawan Burnout di Tempat Kerja Dengan 5 Cara Ini

Jumlah Kompensasi yang Diterima

Kini karyawan semakin banyak yang memahami persoalan “Take Home Pay” atau nilai yang seharusnya diterima karyawan setelah diakumulasi dengan pajak, bonus dll. Sehingga karyawan akan sangat muda menilai bagaimana perusahaan mengapresiasi kinerja mereka melalui gaji dan tunjungan yang diberikan. Hal ini jangan sekali-kali anda anggap remeh, karena inilah salah satu dasar karyawan akan tetap bertahan atau tidak diperusahaan.

Ada banyak tunjungan yang dapat anda berikan kepada karyawan, tunjungan tersebut diantaranya :
Tunjangan Tetap yaitu tunjangan yang akan selalu diberikan secara teratur dan terus menerus seperti tunjangan Isteri, Tunjangan Anak, Tunjangan Perumahan, Tunjangan Kematian, Tunjangan Daerah dan lain-lain
Tunjangan Khusus yaitu tunjungan yang diberikan untuk hal-hal khusus ataupun pekerjaan khusus seperti tunjangan oprasional saat karyawan ditunjuk untuk melakukan perjalanan dinas.
Tunjangan Tidak Tetap yaitu tunjangan yang tidak selalu diberikan, tunjangan ini diberikan ketika karyawan mengalami sesuatu hal ataupun mencapai sebuah kriteria yang telah ditentukan sebelumnya seperti Tunjangan Transport yang didasarkan pada kehadiran, Tunjangan makan (dapat dimasukan ke tunjangan tetap) dll.

Kini setelah anda menggunakan 3 faktor diatas menjadi bahan pertimbangan gaji karyawan, maka barulah anda dapat membuat perencanaan gaji yang baik agi karyawan anda. Jika anda merasa kesulitan untuk mengelola proses penggajian anda dapat menggunakan software payroll dan penggajian terbaik saat ini, yaitu APS HRD SYSTEM.

 

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>