Penyebab Stres Di Tempat Kerja Yang Harus Anda Ketahui
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Stres adalah salah satu penyebab menurunnya tingkat efektifitas karyawan dalam bekerja. Stres merupakan sebuah hal yang sering dihadapi oleh setiap karyawan ketika memiliki ekspektasi dan harapan yang terlalu tinggi dalam pekerjaannya dan tidak dapat dicapai. Hal ini tentu akan sangat memengaruhi motivasi kerja dan efektifitas karyawan dalam bekerja, tidak hanya itu, hubungan kerja yang terjalin antara rekan kerja atau atasan juga akan terganggu. Stres yang tinggi juga akan berpengaruh terhadap kualitas tidur karyawan, tentu saja kualitas tidur yang rendah akan membuat karyawan tidak bersemangat dalam bekerja. Lalu bagaimana sebenarnya cara menangani stres kerja karyawan terutama diera milenial ini? Untuk menjawabnya, berikut adalah tips cara menangani stres karyawan milenial.

Mengetahui gejala stres karyawan anda

Sebelum mencari tahu bagaimana cara menangani stres karyawan, tentunya anda harus memahami terlebih dahulu bagaimana gejala atau pertanda jika karyawan anda mengalami stres. Biasanya, karyawan yang mengalami stres akan sulit dalam berkonsentrasi terutama dalam waktu yang panjang. Karyawan yang merasakan stres akan sering melakukan kesalahaan dalam mengerjakan tugas yang sebenarnya ringan.

Biasanya stres dapat terjadi disebabkan oleh berbagai macam hal mulai dari beban kerja yang tinggi, kurangnya jumlah gaji yang diterima, lingkungan kerja yang tidak sesuai atau tugas-tugas yang terlalu sulit untuk diselesaikan. Setelah anda memahami apa gejala stres kerja karyawan, maka langkah selanjutnya adalah menentukan bagaimana caranya menangani stres kerja karyawan.

Berbincang dengan karyawan untuk mengetahui keluhannya

Agar anda mengetahui apa keluhan yang dirasakan oleh karyawan sehingga menyebabkan dirinya stres adalah dengan melakukan pendekatan kepada karyawan tersebut. Anda harus secara rutin melakukan pertemuan 4 mata dengan karyawan anda. Karyawan milenial merupakan karyawan yang lebih terbuka jika dibandingakan karyawan pada generasi-generasi sebelumnya. Cobalah membuat jadwal rutin seminggu sekali untuk mengobrol dengan karyawan anda baik satu persatu maupunn pertim. Tanyakan apa yang menjadi kendala serta tantangan dalam mengerjakan tugas, dengan begitu anda pun dapat memahami dan mulai mengurangi hal yang dapat membuat karyawan milenial menjadi stres.

Ciptakan suasana kerja yang menyenangkan

Tidak semua karyawan milenial bekerja hanya untuk uang, ada beberapa diantaranya yang justru lebih mengutamakan rasa aman dan menyenangkan sesuai dengan passionnya. Oleh karena itu anda sebagai pimpinan atau HRD harus berperan akfit dalam menciptakan suasana kerja yang mampu membuat karyawan terutama karyawan milenial menjadi senang. Pastikan anda juga mampu meredam konfik-konflik internal yang ada didalam perusahaan agar karyawan tidak menjadi stres. Salah satu cara meredamnya adalah dengan menjadi penengah dalam konflik yang terjadi.

Aplikasi Absensi Online Boss pintar


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.