3 Alasan Laporan HR Anda Ditolak
- HRD

3 Alasan Laporan HR Anda Ditolak

Setiap departemen dalam sebuah perusahaan harus membuat laporan hasil kinerjanya. Laporan tersebut akan menjadi bahan evaluasi pencapaian target yang telah ditetapkan sebelumnya. Dari report ini akan terlihat apakah pencapai dari seorang karyawan dalam satu bulan sudah maksimal atau belum. Tidak terkecuali departemen human resource (HR). Laporan yang dibuat secara berkala diharapkan menjadi bahan evaluasi performa karyawan karena berkaitan dengan aktivitas keseluruhan dari keseharian mereka. Tetapi jangan sampai laporan anda ditolak oleh atasan. Dikutip dari sleekr ada 3 alasan laporan hr ditolak.

3 Alasan Laporan HR Anda Ditolak

Ditolaknya sebuah laporan kerja itu adalah sesuatu hal yang lumrah jika anda membuatnya tanpa konsep yang baik. Dari cara deskripsinya sampai penyampaian report menjadi pertimbangan atasan anda dalam mengevaluasi kinerja anda. Jika anda buat asal-asalan maka report tersebut tidak mudah dipahami dan tidak menggambarkan isinya secara detail dan lengkap.

Sebagai karyawan HR, ada beberapa materi laporana yang harus anda persiapkan ketika masuk akhir bulan. Dari mulai kehadiran karyawan, cuti berbayar, masa kerja dan sampai pergantian karyawan wajib anda masukan dalam laporan. Ada 3 alasan report hr anda ditolak:

Salah Membuat Laporan Ke Bagian Keuangan

Kualitas karyawan yang terlihat bisa mempengaruhi terhadap pada gaji mereka. Sehingga tim HR akan melapor pada bagian keuangan. Perusahaan harus mengapresiasi karyawan terbaiknya dengan memberikan gaji yang kompetitif. Tetapi report hr yang telah anda buat tetap harus mengarah pada CEO perusahaan. Laporan tersebut harus diberikan kepada atasan untuk dapat menilai dan memberikan masukan mengenai kualitas karyawan tersebut.

Baca Juga:

Laporan Tidak Dikomunikasikan Dengan Informatif & Efektif

Report yang dibuat dengan penulisan yang klise akan membuat report tidak dapat dikomunikasikan dengan efektif. Bagaimanapun anda harus menyampaikannya dengan jelas, padat dan terperinci. kurangi penggunaan diagram lingkaran, grafik, neraca hitam putih. Karena konsep tersebut tidak menarik.

Buatlah dengan gaya penulisan yang tepat agar dapat dikomunikasikan dengan menarik dan mudah diingat. Jika harus menggunakan gambar visual gunakanlah yang lebih enak dipandang agar pembaca lebih mudah memahaminya.

Budaya Perusahaan Dalam Menilai Karyawan

Karyawan adalah faktor utama penentu keberhasilan perusahaan. Mulai dari ketatnya seleksi sampai calon karyawan yang memiliki kualitas terbaik harus menjadi acuan yang perlu diperhatikan. Namun, seringkali perhatian tersebut hanya berlaku pada awal saja. Sedangkan kedepannya banyak mengabaikan nilai yang ada dalam pribadi karyawan. Oleh sebab itu laporan hr anda tidak diperhatikan.

Elemen Penting Dalam Menyusun Laporan HR

Jangan abaikan berbagai ketentuan dalam membuat report HR. Termasuk hal-hal yang bersifat rancu. Selalu buat perubahan yang membawa pada kesuksesan dengan meningkatkan pribadi karyawan.

Jangan Terlalu Banyak Bercerita

Buatlah report yang berisi dengan hal-hal yang penting dan mendasar sesuai fakta. Anda harus menuliskannya dengan sebuah deskripsi yang memperlihatkan inti report yang ingin anda sampaikan pada atasan anda. Termasuk perkembangan setiap karyawan. Jangan terlalu menuliskan cerita yang panjang dan tidak berarah. Hal ini akan membuat orang yang membaca akan merasa jenuh dan membosankan.

Sampaikan Kesimpulan Atau Dampak Untuk Keberlangsungan Perusahaan

Sebanyak apapun report HR yang telah anda buat, jika anda tidak membuat kesimpulan maka hal tersebut tidaklah bermakna. Laporan anda harus berisikan kesimpulan dan dampak yang berpengaruh terhadap perusahaan. Agar atasan anda bisa langsung mengevaluasi jika dampak yang anda tuliskan memberikan efek negatif bagi perusahaan.

Buat Laporan Dengan Visualisasi Yang Bagus

Laporan yang anda buat haruslah memiliki estetika. Agar pembaca sangat tertarik untuk menyelesaikan sampai akhir. Mulai dari pemilihan bahasa, warna, grafik maupun foto juga sangat berpengaruh dalam membuat laporan HR yang berkualitas.

Software hrd terbaik akan memberikan anda kemudahan dalam pengukur kinerja karyawan dengan efektik. APS HRD System memiliki fitur yang lengkap mulai dari penggajian, kehadiran, PPH21, BPJS, dan lainnya. Gunakan versi lite gratis, klik banner untuk download.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.