3 Alasan Kenapa Perusahaan Harus Merekrut Karyawan Fresh Graduate3 Alasan Kenapa Perusahaan Harus Merekrut Karyawan Fresh Graduate
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Banyak perusahaan lebih memilih untuk mencari kandidat karyawan yang sudah memiliki pengalaman kerja ketimbang mencari karyawan yang belum berpengalaman atau fresh graduate ketika membuat iklan lowongan pekerjaan. Alasan cukup sederhana, perusahaan menilai jika memilih calon karyawan yang telah memiliki pengalaman kerja akan lebih menguntungkan karena calon karyawan berpengalaman lebih mudah untuk mengerti dengan tugas yang akan dikerjakannya karena sudah memiliki pengalaman kerja saat bekerja di perusahaannya dulu. Meskipun pengalaman kerja berbeda dengan posisi yang nantinya akan di pegang oleh calon karyawan berpengalaman, tetap saja lebih dipandang lebih menguntungkan bagi perusahaan ketimbang harus memilih calon karyawan yang baru saja lulus dari pendidikannya atau fresh graduate.

Tetapi ada banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan jika merekrut calon karyawan yang belum punya pengalaman. Pemikiran segar dan semangat tinggi yang ditunjukkan oleh karyawan fresh graduate bisa menjadi potensi yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan untuk terciptanya pertumbuhan yang lebih besar. Berikut adalah 3 hal mengapa perusahaan harus merekrut karyawan tanpa pengalaman.

Baca juga: Cara Mengetahui Calon Karyawan Yang Hanya Mementingkan Gaji

Dapat membangun karyawan yang ideal

Tidak memiliki pengalaman kerja yang cukup menjadi alasan bagi perusahaan untuk tidak merekrut calon karyawan fresh graduate. Sementara itu perusahaan lebih memilih untuk merekrut calon karyawan yang sudah memiliki pengalaman. Padahal memilih calon karyawan yang sudah berpengalaman sebagai karyawan tetap di perusahaan juga beresiko bagi perusahaan, misalnya punya kebiasaan buruk, politik didalam kantor dan sifat pesimis.

Baca juga: 5 Hal Penting Saat Menerima Karyawan Ketimbang Pendidikan

Tentu saja hal tesebut tidak seperti yang di inginkan perusahaan. Karena politik didalam kantor dapat membuat karyawan lain tidak nyaman dan menimbulkan sifat kebencian. Idealnya, yang perusahaan inginkan adalah seorang karyawan yang dapat dibentuk sesuai dengan lingkungan dan budaya perusahaan.

Tentu saja karyawan fresh graduate tidak punya pemahaman mengenai politik kantor. Justru mereka memiliki semangat dan optimisme yang tinggi untuk dapat melakukan pekerjaan dengan sangat baik.

Sifat optimisme dan semangat yang tinggi akan memudahkan pihak HR untuk dapat membentuk karyawan menjadi seperti yang di inginkan perusahaan. Selain itu karyawan fresh graduate dapat beradaptasi dengan mudah karena sebelumnya belum pernah bekerja.

Inovasi dan masa depan perusahaan ada ditangan mereka

Ada banyak sekali manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan jika merekrut calon pekerja fresh graduate. Pemikiran yang bersih karena belum pernah masuk kedalam dunia kerja dapat menciptakan sebuah gagasan serta inovasi baru yang bermanfaat untuk perusahaan.

Inovasi adalah kunci penting dalam dunia kerja seperti sekarang. Masing-masing perusahaan berusaha untuk dapat lebih unggul dari perusahaan lain dengan cara berinovasi. Itulah alasan mengapa sangat penting bagi perusahaan untuk merekrut karyawan fresh graduate.

Setiap investasi pasti memiliki resiko

Setiap langkah yang diambil tentu ada resiko didalamnya. Sama seperti merekrut karyawan fresh graduate, memilih calon karyawan yang belum berpengalaman menjadi karyawan tetap di perusahaan anda belum tentu selalu tepat. Apalagi muncul streotip-streotip yang berkembang diluar mengenai karyawan di era millenial tidak memiliki rasa loyalitas yang tinggi kepada perusahaan, malas dalam bekerja dan hal buruk lainnya.

Baca juga: Inilah Penyebab Karyawan Millennials Kehilangan Motivasi Kerja

Tetapi hal ini tidak serta-merta dijadikan sebagai alasan untuk perusahaan tidak merekrut karyawan fresh graduate. Segala kekurangan yang dimiliki oleh calon karyawan belum berpengalaman tentu sudah diperhitungkan oleh tim rekruitmen. Kelemahan serta kurang berpengalamannya karyawan fresh graduate bukanlah menjadi sebuah halangan. Karena dengan mendapatkan karyawan yang memiliki ambisi dan keingintahuan untuk belajar akan membawa keuntungan untuk perusahaan dikemudian hari.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK

Sumber: channels.theinnovationenterprise.com/articles/why-you-need-to-hire-inexperienced-staff


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.