14 Tips Menjadi Atasan Yang Berwibawa
- HRD

14 Tips Menjadi Atasan Yang Berwibawa

Menjadi atasan disebuah perusahaan mungkin sebagian orang akan menganggapnya sebagai hal yang mudah. Tetapi, sebenarnya tidaklah semudah yang anda bayangkan. Karena menjadi atasan akan berada pada posisi terjepit oleh posisi stakeholder dan bawahannya.

Ditunjuk sebagai atasan harus mampu mengakomodasi kepentingan stakeholde dan kepentingan bawahan secara adil dan benar. Jika timpang (tidak seimbang), misalnya saja anda lebih memprioritaskan kepentingan para petinggi anda di perusahaan, maka mungkin anda akan dicap penjilat atau tidak adil oleh para bawahan anda.

14 Tips Menjadi Atasan Yang Berwibawa

Seperti yang telah diulas singkat diatas, diketahui bawha ditunjuk menjadi atasan yang berwibawa dan disukai oleh para bawahan adalah sebuah tantangan yang sangat menarik. Dikutip dari duniakaryawan.com ada 14 tips menjadi atasan yang berwibawa yang bisa anda praktekan untuk kesuksesan anda

Datang Tepat Waktu

Saat anda menjabat sebagai atasan diperusahaan, kewajiban anda adalah datang tepat waktu terlepas dari kesibukan anda diluar pekerjaan anda.

Jika secara konsisten anda dapat datang tepat waktu, maka bawahan anda bisa menunjukan sikap respeknya kepada anda. Hal ini juga akan menumbuhkan perilaku malu bawahan anda, jika mereka datang terlambat.

Baca Juga:

Berinteraksi Dengan Bawahan

Saat anda memiliki waktu luang, seperti makan siang, cobalah menjalin interaksi dengan intens terhadap para bawahan anda dari segala divisi dan posisi.

Bangunlah hubungan dengan mereka, buatlah obrolan ringan yang memicu bawahan anda untuk ngobrol nyaman dengan anda.

Reward & Punishment

Anda harus bisa adil ketika menilai kinerja karyawan anda yang rajin dan yang malas. Jika anda bersikap tidak adil hal ini akan menimbulkan demotivasi bagi bawahan yang rajin bekerja karena mereka merasa bekerja rajin adalah sia-sia.

Terapkanlah reward & punishment untuk memotivasi kerja karyawan anda. Dengan demikian, bawahan yang rajin dan malas akan mengetahui penyebab mereka mendapat kenaikan gaji terhadapat kinerja mereka.

Mengembangkan Budaya Continuous Improvement

Anda harus membuat program pengembangan yang berkelanjutan. Hal ini upaya anda untuk meningkatkan produksi, pelayanan, atau juga proses. Dikutip dari wikihow, ada 7 langkah untuk mengembangkan budaya continuous improvement:

  • Berikan Informasi & Pelatihan
  • Menilai Pengetahuan & Keterampilan
  • Komunikasi Ekspektasi Anda
  • Tunjukan Konsistensi Anda
  • Berikan Dorongan Kepada Bawahan Anda
  • Berikan Kesempatan Untuk Eksperimen & Kesalahan
  • Jelaskan Kepada Bawahan Bahwa Mereka Itu Penting

Tidak Membawa SARA

Jangan membawa hal-hal yang berkaitan dengan kesukuan, agama, dan ras saat dalam lingkungan kerja. Jika anda menyinggung mereka karena berkaitan dengan SARA, bisa dipastikan anda akan mendapat perlawanan dari bawahan anda.

Tunjukan profesionalitas dan anda harus menyadari bahwa anda bekerja di lingkungan kerja yang majemuk.

Jalankan Peraturan Perusahaan Secara Konsisten

Perusahaan selalu memiliki sistem dan nilai-nilai dalam bentuk peraturan yang harus dipatuhi oleh karyawan. Peraturan-peraturan itu tertuang pada surat perjanjian kerja yang telah disetujui oleh perusahaan dan karyawan.

Sebagai atasan, anda wajib menjalakan segala peraturan yang telah ditentukan secara konsisten. Strategi yang anda jalankan harus sejalan dengan peraturan perusahaan. Kesampingkan kebijakan anda pribadi jika telah menyangkut dengan peraturan-peraturan tersebut.

Aktif Pada Acara Yang Bawahan Anda Selenggarakan

Diluar kantor anda adalah orang yang sama dengan bawahan anda. Buka diri anda terhadap acara-acara yang bawahan anda selenggarakan.

Kenalkan keluarga anda dengan bawahan anda. Hal ini akan membuat anda lebih berwibawa di hadapan karyawan anda.

Taat Beribadah

Sesibuk apapun kegiatan anda dikantor, beribadahlah seusai dengan agama yang anda anut. Tidak peduli sepelik apapun masalah yang anda hadapi luangkan waktu untuk beribadah. Ajak juga bawahan anda untuk ikut dalam beribadah.

Tidak Menerima Suap

Sebagai atasan pastinya anda akan menangani proyek-proyek besar perusahaan. Jauhilah praktek suap yang mungkin akan anda hadapi. Jika anda terjebak pada situasi ini, akan ada konflik atau masalah dikemudian hari yang mungkin akan mengancam karir anda.

Tidak Pelit Besaran Gaji

Setiap karyawan akan sensitif dengan gaji. Jika bawahan anda mendapatkan gaji yang layak karena kinerja mereka bagi, anda janganlah iri dengannya.

Perusahaan memiliki batas bawah dan batas atas gaji setiap posisi. Komunikasikan kepada bawahan anda.

Coaching Bawahan Yang Membutuhkan

Anda akan menghadapi karyawan yang bekerja di bawah standar. Mereka biasanya mengalami kendala teknis yang membutuhkan bimbingan ada sebagai atasan mereka.

Informasikan kepada bawahan bahwa anda bersedia untuk membimbingnya dalam laksanakan tugas agar target tercapai.

Mengontrol Dengan Baik

Untuk dapat mencapai sasaran, anda harus dapat mengontrol sejauh mana pencapaian yang telah tim anda lakukan. Evaluasai bisa dilakukan mingguan, atau bulanan.

Minta bukti pekerjaan yang telah diselesaikan bawahan anda. Pastikan mereka melakukan pekerjaannya dengan baik.

Hindari Kebiasan Buruk

Setiap orang pasti memiliki kebiasan buruk. Anda harus bisa memberikan contoh perilaku baik kepada bawahan anda. Hindarilah kebiasan-kebiasan buruk anda yang bisa berdampak pada wibawa.

Perhatikan Keterampilan Teknis

Lebih tinggi jabatan, semakin banyak ilmu manajerial yang anda harus kuasai. Anda harus terus mengasah keterampilan anda.

Anda bisa mengikuti pelatihan sebulan sekali. Praktikan hasil pelatihan yang anda dapat. Evaluasi cara kepemimpinan anda.

Itulah 14 tips menjadi atasan yang beribawa. Anda bisa praktikannya di kantor anda. Untuk mengukur tingkat kinerja karyawan, anda bisa menggunakan software hr terbaik. APS HRD System memiliki fitur perhitungan gaji, pph21, bpjs dan banyak lagi. Download versi lite gratis, klik banner untuk download.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.