10 Alasan Tepat Untuk Memberhentikan Karyawan
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Ketika melakukan proses interview kerja, mungkin anda akan berfikir jika kandidat yang sedang anda wawancarai adalah orang yang paling tepat dijadikan sebagai karyawan di perusahaan anda. Pemikiran seperti itu terjadi karena ketika saat melakukan proses interview, calon karyawan tersebut mampu untuk memberikan jawaban yang tepat dan menjelaskan visi misi kedepan tentang dirinya dengan sangat baik. Padahal hal tersebut belum tentu benar, karena ketika sudah mulai untuk bekerja diperusahaan, anda akan melihat bagaimana sifat asli yang keluar dari karyawan baru tersebut. Mungkin saja akan ada sifat buruk yang keluar ketika karyawan baru tersebut mulai bekerja. Ketika sifat buruk tersebut terus menerus dilakukan saat sedang di kantor, tentu saja akan mengganggu sesama rekan kerja dan akhirnya berimbas kepada produktivitas kantor, selain itu bisa saja sifat buruk yang keluar dari karyawan baru tersebut dapat menyebabkan timbulnya gosip-gosip dikantor yang tidak baik dan merusak budaya perusahaan.

Baca juga: Mengatasi Kinerja Karyawan Yang Menurun

Tentu saja anda sebagai seorang pimpinan tidak mau hal tersebut terus terjadi didalam perusahaan anda, oleh karena itu anda harus mengambil tindakan cepat dan tepat yaitu dengan memecat karyawan yang memberikan sifat buruk kepada perusahaan. Bukan cuma sifat buruk yang dapat merusak perusahaan, mencuri dan menggunakan fasilitas kantor untuk kepentingan pribadi juga salah satunya. Lalu apa saja halĀ  yang dapat anda jadikan alasan untuk melakukan pemutusan kerja atau memecat karyawan? Dilansir melalu laman carreraddict, berikut ini adalah 10 hal kenapa anda harus memecat karyawan.

Berprilaku tidak baik

Hal buruk yang sering terjadi kepada karyawan adalah timbulnya prilaku yang tidak baik dalam bekerja, baik ketika berhubungan dengan sesama rekan kerja maupun ketika bersama atasan. Prilaku yang tidak baik ini termasuk berbohong kepada atasan atau rekan kerja, melakukan kecurangan saat bekerja, menipu rekan kerja dan membuat lingkungan kerja menjadi tidak harmonis karena menyebarkan fitnah yang tidak benar. Jika anda memiliki karyawan seperti ini, maka anda harus segera untuk melakukan pemutusan kerja. Karena jika karyawan yang memiliki sifat buruk terus dipertahankan, akan membuat suasana kantor menjadi keruh dan tidak nyaman bagi pekerja lain.

Baca juga: Inilah 3 Hal Fatal Jika Salah Menghitung Absensi Karyawan

Merusak properti perusahaan

Tujuan anda mempekerjakan karyawan adalah untuk melakukan segala pekerjaan dengan baik dan benar. Ketika karyawan tidak bekerja dengan baik dan merusak properti yang terlah diberikan oleh perusahaan tentu saja bukan hanya kerugian secara materi yang didapatkan, kerugian waktu dan produktivitas yang menurun juga akan mempengaruhi perusahaan. Apalagi jika properti yang rusak akibat perbuatan karyawan adalah properti yang memang sangat vital dalam produktivitas perusahaan. Jika karyawan anda melakukan hal seperti itu, jangan segan-segan untuk melakukan pemecatan.

Menggunakan narkoba atau meminum minuman beralkohol saat bekerja

Ini adalah hal yang benar-benar fatal jika terjadi pada karyawan anda, tentu saja anda harus sesegera mungkin melakukan pemecatan kepadanya. Hal ini menyangkut dengan reputasi yang telah dibangun oleh perusahaan, ketika orang lain mengetahui jika ada karyawan yang melakukan hal terlarang tentu reputasi perusahaan pun akan menurun.

Baca juga: Cegah Karyawan Burnout di Tempat Kerja Dengan 5 Cara Ini

Memalsukan dokumen perusahaan

Segala bentuk kejahatan termasuk memalsukan dokumen perusahaan adalah hal yang sangat fatal jika dilakukan. Bukan hanya akan dipecat, tetapi anda juga berhak untuk melaporkan karyawan yang melakukan pemalsuan dokumen ke pihak yang berwenang.

Membangkang

Ketika karyawan anda membangkang dan tidak mau untuk menuruti perintah dari atasan secara terus menerus tentu saja itu menjadi tanda bagi anda sebagai atasan untuk segara memecatnya. Ketika anda membiarkan karyawan yang membangkang seperti itu untuk terus bekerja di perusahaan, bisa jadi dia akan memberikan energi negatif dan memberikan provokasi kepada rekan kerja untuk ikut membangkang. Untuk itu segeralah lakukan pemecatan jika ada karyawan yang sering membangkang.

Baca juga: Ini Aturan Pemotongan Gaji Karyawan Yang Benar

Mencuri

Bukan hanya dilarang oleh perusahaan. Melakukan pencurian merupakan pelanggaran yang dapat dikenai sanksi kriminal yaitu penjara. Pencurian yang terjadi didalam perusahaan bukan hanya soal pencurian besar seperti mencuri komputer, alat produksi dan lainnya, tetapi juga termasuk barang-barang kecil seperti pulpen, mencuri uang transportasi, dan hal-hal kecil yang terlihat sepele tetapi sebenarnya berpengaruh kepada perusahaan. Ketika karyawan di perusahaan anda melakukan hal seperti ini, lakukan pemecatan secepatnya, dan jika barang yang dicuri adalah barang berharga dan vital, maka jangan segan untuk melaporkannya ke pihak kepolisian.

Performa yang memburuk

Performa buruk yang ditunjukkan oleh karyawan bisa menjadi salah satu alasan bagi anda untuk melakukan pemecatan. Terlebih lagi jika sebelumnya perusahaan telah melakukan berbagai macam pelatihan untuk meningkatkan performa dan produktivitas karyawan. Tentunya perusahaan menginginkan karyawannya dapat mengerjakan segala pekerjaan dengan baik dan mampu memberikan kontribusinya.

Baca juga: Cara Ampuh Mengatasi Absen Karyawan Yang Berlebihan

Menggunakan properti perusahaan untuk kepentingan pribadi

Mungkin tidak akan menjadi masalah jika karyawan menggunakan fasilitas kantor untuk mengerjakan hal pribadinya seperti menggunakan mesin printer, mengakses email di komputer kantor, dan lainnya. Tetapi jika hal tersebut terus menerus terjadi tentunya akan membuat karyawan tidak bisa membedakan mana yang seharusnya digunakan untuk melakukan pekerjaan dan mana yang tidak.

Melanggar aturan perusahaan

Aturan dibuat bukan untuk dilanggar melainkan untuk dipatuhi. Perusahaan membuat aturan dengan maksud agar karyawan tetap bekerja dengan baik dan menjaga tingkat produktivitasnya. Jika karyawan terus menerus melanggar peraturan maka sudah pantasnya anda melakukan pemecatan kepada karyawan tersebut.

Baca juga: Dengan Aplikasi BOSS, Kini Absensi Karyawan Semakin Mudah

Terlalu banyak absen

Kehadiran karyawan merupakan ujung tombak dari perusahaan, bayangkan saja apa yang terjadi jika banyak karyawan yang absen kerja? Tentu produktifitas perusahaan akan sangat menurun karena kurangnya tenaga kerja yang biasa mengerjakan segala tugas. Untuk mengatasi masalah absensi, perusahaan bisa menerapkan sistem absensi yang ketat dan tidak mudah untuk di curangi, salah satu sistem yang dapat diandalkan adalah BOSS Pintar. Fitur pelacakan yang ada didalam aplikasi absensi terbaik BOSS Pintar dapat anda manfaatkan untuk mengawasi setiap karyawan yang ada diperusahaan. Untuk mencoba aplikasi absensi smartphone BOSS Pintar, silahkan klik gambar dibawah.

Sumber: careeraddict

Aplikasi Absensi Online Boss pintar

 


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.