Tips Menyewa Ruangan Kantor Pertama Anda
- Entrepreneurship

Tips Menyewa Ruangan Kantor Pertama Anda

Menyewa ruangan kantor pertama anda adalah sesuatu pengalaman yang berharga dan sedikit rumit. Jika selama ini anda mengembangkan bisnis anda dirumah, yang kebanyakan bisnis kecila bermula, mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa kantor baru merupakan hal yang menakutkan. Dengan meninggalkan gangguan dan permintaan dari rumah dan keluarga, bagaimanapun hal tersebut akan besar mempengaruhi produktivitas anda, dan akan memberikan anda ruang dan kebebasan untuk merekrut lebih banyak karyawan.

Sebelum memutuskan untuk menyewa ruangan kantor pertama anda, yang harus pertama anda lakukan adalah menetapkan kebutuhan dan anggaran. Ada beberapa hal dibawah ini yang harus anda pertimbangkan.

Menyewa Ruangan Khusus Atau Coworking Space?

Jika anda memiliki tim yang kecil atau masih bekerja sendiri, menyewa coworkin space adalah solusi yang tepat untuk anda. Penyedia coworking space akan menyediakan meja dan kursi kerja, wifi, dekorasi, dan menawarkan fasilitas seperti kopi dan makanan ringan gratis. Semuanya sangat terjangkau dan nyaman, dan banyak tersedia di kota-kota besar seperti jakarta, medan, surabaya, bandung dan lainnya. Anda juga bisa menyesuaikan dengan skala besaran tim anda, jika anda ingin memperbanyak tim anda anda bisa menyewa ruangan khusus yang bisa menampung beberapa orang, anda bisa mencoba penyewaan ruang kantor khusus yang disediakan oleh Regus atau WeWork.

Menyewa kantor sedikit memerlukan usaha lebih. Anda harus menghitung anggaran untuk furniture, listrik, jaringan telepon, wifi, dekorasi, dan alat pembuat kopi.

Pilih Lokasi Yang Tepat

Mencari ruangan kantor di daerah pinggiran akan sedikit menyelitkan. Di tengah-tengah kota, itu bisa terlalu mahal. Jika anda telah memiliki staf, anda ingin kantor yang berada ditengah kota, pastinya akan lebih mudah didapatkan. Kantor yang berada di tengah kota bisa sangat bergengsi, kelas atas, dan memiliki keuntungan dari mudahnya transportasi, dekat dengan restoran, pusat perbelanjaan, pusat kebugaran, dan bar/cafe untuk bersosialisasi setelah bekerja. Pada saat yang bersamaan, macetnya lalu lintas, dan sulitnya parkir bisa jadi mimpi buruk untuk anda.

Jika alamat kantor benar-benar anda butuhkan, pastikan fasilitas parkir dapat di akses dengan mudah oleh tim dan klien potensian anda.

Jika anda memiliki anggaran yang kecil, memilih alternatif lain di pinggiran kota bisa tetap anda pertimbangkan. Tetapi anda harus tepat mempertimbangkan tentang kenyamanan, akses layanan publik yang mudah, dan lainnya.

Baca Juga:

Ukuran & Tata Letak

Saat bisnis anda mulai tumbuh, ada pertanyaan yang sulit untuk dijawab, “seberapa besar ruangan kantor yang anda butuhkan?”. Anda membutuhkan ruangan kantor yang cukup untuk mengakomodir karyawan-karyawan anda hingga masa sewa berakhir. Jika ruangan kantor yang anda miliki telah mulai sempit, anda harus mencari cara untuk mengantisipasinya. Anda bisa menjadwal ulang waktu kerja karyawan anda dan mulai mempekerjakan karyawan paruh waktu.

Pikirkan juga yang mungkin anda butuhkan dibawah ini:

  • Ruangan Meeting
  • Ruangan Istirahat
  • Toilet
  • Ruangan Telepon

Perkirakan Beban Pengeluaran Bisnis Anda

Anggaran untuk kantor anda memang bisa sedikit rumit. Terlebih lagi dengan biaya penyewaan kantor, selain itu anda harus mengeluarkan biaya untuk peralatan kantor, furniture, dekorasi. Sedikitnya, anda akan membutuhkan logo nama perusahaan dan tanda pada pintu kantor dan kartu nama untuk setiap karyawan.

Buatlah laporan tentang perkiraan anggaran yang tepat. Anda bisa mengehemat pengeluaran jika anda bisa mengestimasi pengeluaran dengan tepat.

Kustomisasi Ruangan Kantor Anda

Anda harus membuat ruangan kantor anda nyaman. Hiasan dinding, seperti photo atau dekorasi yang tergantung. Hal ini akan meningkatkan produktivitas anda dan tim anda.

Lama Waktu Penyewaan

Dengan mengambil sewa dalam waktu yang lama akan lebih mengehemat biaya pengeluaran anda. Jika anda cukup percaya diri dengan ruangan yang anda butuhkan, penyewaan dalam kurun waktu yang panjang bisa menjadi strategi yang bagus.

Exit Strategy

Saat bisnis anda sudah semakin besar dan jangka penyewaan belum selesai, anda harus memahami cara untuk memutuskan kontrak dengan pihak penyewa. Seringkali, ada ketentuan yang dibuat oleh pihak penyewa yang harus disetujui. Jika tidak ada ketentuan dalam sewa-menyewa, tanyakan sebelum anda menandatangani kesepakatan.

Pilihlah Dengan Bijak

Pada saat anda telah memutuskan untuk memiliki kantor, lakukanlah dengan bijak. Pertimbangkan kepentingan karyawan anda. Anak-anak mudah jauh lebih nyaman dengan konsep kantor yang terbuka agar mereka bisa saling berkolaborasi. Karyawan senior biasanya lebih menyukai ruangan kantor yang terpisah. Budaya perusahaan anda tergantung pada kuatnya hal ini. Kenyamanan dan kebahagiaan mereka harus anda pertimbangakan. Karena hal itu akan berpengaruh pada tingkat produktivitas karyawan anda.

Boss Pintar - Aplikasi Absensi terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.