Memiliki rumah dengan gaji 3 juta
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tips Jitu Cara Memiliki Rumah Dengan Gaji 3-5 Juta Dalam 3 Tahun – Setiap orang pasti memiliki niat untuk mempunyai rumah pribadi, namun penghasilan yang kecil kerap kali menjadi kendala utama untuk mewujudkannya. Harga tanah yang terus meningkat, memang membuat orang semakin susah untuk membeli rumah sendiri. Tapi bukan berarti mereka yang bergaji kecil tidak akan pernah bisa memiliki rumah sendiri. Simak artikel berikut ini tentang Tips Jitu Cara Memiliki Rumah Dengan Gaji 3-5 Jutaan.

Tabung uang anda segera mungkin ketika gajian tiba

Ketika anda telah mendapatkan gaji, hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengambil sebagian uang untuk di tabung pada buku tabungan bank anda yang lain. Menyisihkan dana di awal akan mengurangi penggunaan uang untuk hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu bermanfaat. Pastikan anda memiliki 2 atau lebih rekening bank di mana salah satu rekening untuk penyimpanan tabungan yang tidak boleh di ambil. Anda juga dapat menabung dana tersebut dalam bentuk deposito agar dana yang telah di simpan tidak dapat kita ganggu lagi.

Tips Jitu Cara Memiliki Rumah Dengan Gaji 3-5 Juta Dalam 3 Tahun

Dengan menyisikan dana di awal gajian, maka anda akan mendapatkan tabungan yang lebih besar di bandingkan menabung dari dana sisa gajian.

Modifikasi & Alokasikan kebutuhan bulanan anda

Tips kedua masih ada sangkut pautnya dengan menabung, di mana kita akan tau berapa jumlah dana yang tepat untuk di tabung dengan mengetahui terlabih dahulu biaya bulanan yang di perlukan. Dalam proses modifikasi dan alokasi dana kebutuhan bulanan, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menulis segala pengeluaran tiap bulannya. Setelah mendapatkan daftar pengeluaran dan kebutuhan bulanan anda, coba periksa bagian mana saja yang bisa di hapus ataupun di kurangin ukurannya.

Tips Jitu Cara Memiliki Rumah Dengan Gaji 3-5 Juta Dalam 3 Tahun

Contoh :

Bapak Adi memiliki penghasilan 3,5 juta perbulan dan setiapnya bulannya uang bapak Adi hanya tersisa sebesar Rp.100.000 saja. Ternyata setelah di buat daftar pengeluaran dan kebutuhan bulanan, diketahuilah gaji bapak adi habis untuk hal-hal berikut ini :

  • Biaya BBM Motor : Rp. 300.000 / Bulan
  • Biaya Sereal           :  Rp. 150.000  / Bulan
  • Pulsa                       :  Rp. 200.000  / Bulan
  • Makan/Minum     : Rp. 2.000.000 / Bulan
  • Biaya Kos               : Rp. 500.000 / Bulan
  • Jumlah                   : Rp. 3.400.000 / Bulan

Adi mencoba memodifikasi pengeluaran agar lebih kecil dengan cara mencari rute terdekat ke kantor agar menghemat biaya BBM, tidak lagi sarapan sereal, untuk makan dan minum bapak Adi masak sendiri walaupun tak seenak rumah makan langganannya, menghemat biaya pulsa dengan lebih sering akses wifi publik dan hasilnya menjadi seperti ini:

  • Biaya BBM Motor : Rp. 200.000 / Bulan
  • Pulsa                       :  Rp. 150.000  / Bulan
  • Makan/Minum     : Rp. 800.000 / Bulan
  • Biaya Kos               : Rp. 500.000 / Bulan
  • Jumlah                   : Rp. 1.850.000 / Bulan

Dari hasil modifikasi kebutuhan sehari-hari, maka kini bapak Adi bisa mendapatkan dana tabungan sebesar Rp 1.850.000/bulan.

Persiapkan dana tidak terduga

Sedetailnya anda merincikan kebutuhan keungan tiap bulan, tetap saja kadang kala kita membutuh biaya tambahan dari sebuah kejadian-kejadian yang tidak terduka seperti : Sakit, hp rusak, bocor ban dll. Maka dari itu sebelum dana tabungan rumah masuk ke deposito atau rekening mu, sisihkan 5-10% gajimu untuk biaya tak terduga. Dengan begini apapun kejadian tak terduga yang memerlukan biaya tambahan, maka kamu telah siap tanpa harus mengambil uang dari tabungan rumah mu.

Nah jika di hubungkan dengan contoh bapak Adi di tips ke-2 tadi, apakah bapak Adi masih bisa menabung untuk biaya rumah dalam waktu 3 Tahun ?

Berikut ini hasilnya:

  • Gaji Adi Rp 3.500.000
  • Dari hasil modifikasi biaya bulanan maka edi dapat menyisakah uang sebesar Rp.1.850.000
  • Dana tidak terduga sebesar 10% dari gaji atau sama dengan Rp. 350.000
  • Dana bersih yang di dapat Adi untuk membeli rumah adalah Rp. 1.850.000 – Rp. 350.000 = Rp. 1.850.000/Bulan
  • Jika di kali 36 bulan ( 3 tahun ) maka dana yang terkumpul adalah Rp. 66.600.000

Dana yang terkumpul selama 3 tahun sudah dapat digunakan untuk DP Rumah, apalagi jika anda yang telah berkomitment dengan istri maupun calon istri untuk sama-sama menabung ( Asumsi istri/calon istri memilik pekerjaan dengan gaji yang sama besar) anda sudah dapat dana tabungan Rp. 133.200.000. Dengan dana 133 juta bahkan anda bisa membeli rumah sederhana di beberapa daerah.

Pastikan anda telah terbebas dari segala Hutang

Skenario di atas akan berhasil jika anda telah terbebas dari segala hutan dan cicilan-cicilan yang masih harus anda lunaskan. Jika anda masih memiliki cicilan di tempat lain ataupun hutang yang belum di lunasi, maka prioritaskan dahulu untuk melunaskan hutang dan cicilan tersebut.

Tips Jitu Cara Memiliki Rumah Dengan Gaji 3-5 Juta Dalam 3 Tahun

Anda harus menyadari bahwa penghasilan 3-5 juta perbulan saat ini bukanlah gaji yang besar, sehingga sangat memberatkan jika anda harus melunasi beberapa cicilan dan hutang sekaligus.

Tentukan sejak dini harga rumah yang ingin di beli

Jika anda masih baru bekerja ataupun masih memiliki gaji yang tidak terlalu tinggi jangan terlalu menggebu-gebu untuk mendapatkan rumah yang besar dan tampak mewah. Dilihat dari hasil simulasi keuangan “Bapak Adi”, Anda dapat memiliki dana hingga 133 juta anda berati anda sudah cukup memiliki DP rumah yang lumayan besar. Namun anda juga harus memperhatikan biaya bulanan setelahnya, pastikan cicilan bulanan tidak membuat kebutuhan sehari-hari anda menjadi terganggu.

Memiliki rumah dengan gaji 3 juta

Setiap orang ingin memiliki rumah yang besar dan luas, namun ingat bahwasanya penghasilan anda masih belum mencukupi. Walaupun anda mampu memenuhi uang muka (DP), tetapi belum tentu anda mampu membayar cicilan bulanan. Mungkin 1-2 tahun pertama anda mampu membayar cicilan, namun belum tentu tahun berikutnya. Anda harus memahami jika anda akan berkeluarga, anda akan memiliki anak yang harus di biayai hidup dan pendidikannya dll. Sehingga sejak dini pililah rumah dengan harga yang sesuai bagi anda, sehingga anda mampu untuk membayar cicilan tiap bulannya.

 

Ingin memiliki rumah yang lebih besar ? mulailah dari yang kecil

Sudah di terangkan pada tips di atas, jika anda harus memilih rumah dengan harga yang sesuai kesanggupan anda. Dengan gaji 3-5 juta memang sangat susah untuk mendapatkan rumah yang besar, namun masih ada solusi untuk mendapatkannya. Solusi tersebut adalah dengan membeli dahulu rumah yang sederhana. Jika rumah anda memiliki tanah yang cukup luas, maka sedikit demi sedikit anda bugar seperti teras, tambahan kamar tidur dll. Selain itu setelah cicilan rumah lunas, anda dapat menjualnya untuk modal mencari rumah yang lebih besar lagi, sehingga tidak membebani gaji anda untuk cicilan bulanannya.

Carilah bunga kredit yang rendah dan pastikan untuk memilih bank terpercaya

Setidaknya jika anda mendapatkan biaya kredit yang rendah, anda dapat mengurangi beban cicilan rumah anda. Cari semua daftar bank dan lembaga keuangan lainnya yang dapat menyediakan kredit perumahan. Coba anda bandingkan mana lembaga pemberi pinjaman yang memberikan bunga paling rendah. Namun selain bunga rendah, anda harus memastikan jika bank ataupun lembaga pemberi pinjaman tersebut memiliki reputasi yang baik dan terpercaya. Hal ini untuk mengurangi resiko dari kejadian-kejadian yang tidak di inginkan kemudian hari.

Jadilah manusia “Efisien” dengan meninggalkan perilaku Konsumtif

Tips Jitu Cara Memiliki Rumah Dengan Gaji 3-5 Juta Dalam 3 Tahun

Coba hapus kartu kredit dari metode pembayaran anda, dengan menggunakan kartu kredit berarti anda harus menambah beban keuangan anda di bulan dapan, apalagi di tambah dengan bunga kartu kredit yang cukup tinggi. Coba kurangani kegiatan “Cuci Mata”, karena cuci mata adalah awal ketertarikan anda untuk membeli sesuatu yang tidak terlalu penting. Intinya segala sesuatu hal yang memerlukan biaya coba anda minimalisirkan dengan cara berhenti membeli sesuatu yang tidak penting.

Saatnya untuk berinvestasi

Berinvestasi adalah kegiatan yang tepat agar tabungan anda dapat membesar, maka dari itu tidak ada salah di coba. Coba cari investasi yang minim resiko seperti deposito dan emas. 2 Investasi ini jarang sakali membuat tabungan anda berkurang, karena resiko yang sangat rendah. Contohnya saja emas, harga setiap tahunnya selalu meningkat sebesar  15-25%.

Usaha sampingan ataupun passive income patut di coba

Selain investasi anda dapat mencoba untuk membuka usaha sampingan yang tidak butuh banyak modal seperti usaha online. Anda juga dapat menjadi owner bisnis MLM hanya dengan menggunakan website MLM dan biarkan passive income mengalir ke rekening anda. Jangan khawatir untuk membuat website MLM, Kami mpssoft ( PT. Mitra Pasifik Solusindo) menawarkan jasa pembuatan website MLM terbaik untuk anda.

Mengenai usaha sampingan dan bagaimana membuat bisnis MLM sendiri, anda dapat membaca artikel kami di bawah ini :

 

Terimakasih telah membaca artikel kami, di tunggu kabar baik tetntang rumah idaman anda di kolom komentar.
Semoga sukses…


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>