Sukses menjalankan clothing line
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Anak muda masa kini berbeda dengan anak muda masa lalu, kini generasi yang sering disebut generasi millennial lebih suka berwirausaha di bandingkan bekerja di kantoran. Mulai dari usaha di bidang makanan, teknologi hingga fashion telah di rintis oleh anak muda indonesia. Di dukung dengan perkembangkan informasi dan teknologi yang semakin cepat, membuat generani millennial ini lebih kreatif dalam menghasilkan sebuah karya. Kali ini kita akan sedikit membahas tren usaha fashion di kalangan anak muda, yaitu menjalankan clothing line miliki sendiri.

Clothing line merupakan bisnis fashion yang paling di sukai para anak muda generasi millennial, karena mereka merasa ini adalah bisnis yang ideal di mana dapat menyalurkan ide kreatifitasnya sebebas mungkin dengan biaya modal yang tidak terlalu besar.

Namun faktanya, Kebanyakan dari clothing line di indonesia yang dirintis para anak muda tidak mampu bertahan lama. Mereka terlalu tergesa-gesa dalam merintis usaha, sehingga tidak dapat memplanning dan mengelola bisnisnya dengan baik. Alhasil keuntungan tiap harinya semakin menurun dan kerugian pun sangat cepat menghantui.

Agar hal ini tidak terjadi lagi bagi para pembaca yang ingin memulai bisnis clothing line, maka sebaiknya anda membaca tips cara menjadi pengusaha yang suskses menjalankan clothing line berikut ini.

 

1. Ciptakan produk yang berbeda dan memiliki ciri khas sendiri

Karena banyaknya anak muda yang menggeluti usaha clothing line, menjadikan tinggat persaingan yang sangat tinggi. Agar bisa sukses, pastikan clothing line anda memiliki prodok yang berbeda dan memiliki ciri khas yang hanya di miliki oleh clothing line anda.

Hal pertama untuk memiliki produk yang berciri khas adalah pastikan anda memiliki nama merek sendiri. Membuat nama merekpun harus sesuai dengan ciri khas produk dan pasar anda. Contohnya, jika clothing line anda berfokus pada baju yang gelap ala rocker, maka nama-nama yang cadas merupakan pilihan terbaik di bandingkan nama merek yang terkesan imut-imut.

Pastikan juga produk anda memiliki ciri khas dan fokus pada target pasar anda. Contohnya jika anda menargetkan pasar para pendaki gunung, maka jangan pula menjual produk-produk rumah tangga, tentunya akan terlihat aneh dan tidak ada yang ingin membeli.

 

rahasia sukses cara menjalankan clothing line

2.Produk clothing line anda untuk siapa ?

Anda harus tau siapa target pasar anda, sebelum anda mulai menjualnya di khalayak ramai. Jika anda telah membuat diskon hingga 90%, namun tidak ada juga yang membeli. Mungkin anda telah salah memilih target pasar yang sesuai dengan produk anda, atau sebaliknya produk anda tidak sesuai dengan keinginan target pasar anda.

Cara terbaik memasarkan produk fashion adalah anda harus mengetahui siapa yang akan membeli produk anda.  Contohnya jika anda menyasar para pecinta bola maka mereka lebih suka dengan kaos bola di bandingkan pakaian yang terlalu banyak pernak pernik. Dengan mengetahui siapa yang menjadi sasaran penjualan anda, maka anda akan tau produk apa yang cocok di pasarkan. Untuk dapat mengenali pasar? cobalah untuk sering-sering berada dan berbaur serta mengamati. Coba liat bagaimana cara target pasar anda berbusana.

Baca njuga artikel menarik tentang : 10 Cara Membuat Slime Yang Aman Dan Murah Meriah

 

3. Jangan hanya menjual, tapi amati pola penjualan produk anda

Selalu amati bagaimana proses penjualan produk anda, apakah di suatu moment telah terjadi penurunan dan kenaikan penjualan. Amati pula produk apa yang lagi di sukai oleh masyarakat pada saat itu. Dengan proses mengamati anda dapat berinovasi menghasilkan produk baru yang laku di pasaran.

Bukan hanya kebiasaan, design dan model yang di sukai oleh masyarakat saja yang anda amati, tetapi anda juga harus mengamati bahan apa yang lagi di sukai masyarakat. Intinya, amati apa saja yang dapat menjadi bahan inovasi produk anda nantinya.

Baca juga : Peluang Bisnis dan Usaha Tahun 2017

rahasia sukses cara menjalankan clothing line

4. Murah tidak selalu paling laris di pasaran

Melihat clothing line lainnya menjual produk lebih murah, jangan tergesah-gesah untuk anda memberikan diskon besar-besaran ataupun menurunkan harga produk anda, demi menyaingin pesaing tersebut. Buatlah produk clothing sesuai budget anda dan jangan demi menghasilkan prduk yang murah meriah anda melupakan kualitas produk anda.

Harga sebuah produk yang sama bisa saja lebih murah dan sebagian lagi bisa lebih mahal, padahal dengan biaya dan kualitas yang sama. Hal ini kembali lagi dari bagaimana anda mengamati dan meneliti kebiasaan pasar anda. terkadang ada masyarakat yang lebih fokus pada merek yang ternama dan bahan berkualitas, ada pula yang memilih membeli produk bedasarkan harga yang terjangkau.

Ciptakan produk dengan harga dan kualitas yang memang di sukai pasar anda. Tidak usah takut membuat barang berkualits membuat produk anda menjadi terlalu mahal, sekarang telah banyak produsen bahan baku yang menawarkan harga mura namun kualitas yang tidak murahan.

 

5. Toko online membuat anda dapat menjangkau seluruh dunia, tapi toko offline membuat pelanggan merasa lebih dekat dengan anda.

Di era perkembangan teknologi yang samakin pesat ini, membuat siapa saja dapat berjualan dari rumah dan menjangkau pelanggan dari seluruh dunia menggunakan toko online. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba membuka toko offline, sebagai pilihan memperkenalkan merek anda.

Banyak cara menjangkau banyak pembeli selain melalui toko online, seperti membuat toko offline, memajang stand clothing line anda di bazar dan event-event yang masih satu cita rasa dengan produk anda. Strategi offline dan online, harus sama-sama di jalankan agar brand anda lebih kuat baik di lokal maupun secara luas.

Bagi anda yang menjalankan clothing line, tidak salahnya anda mencoba untuk memiliki website toko online dengan nama domaian sendiri seperti merekanda.com dll. Tidak perlu kuatir, jika anda tidak bisa membuat website sendiri. PT Mitra Pasifik Solusindo (MPSSOFT) merupakan salah satu dari jasa pembuatan wessite terbaik di indonesia. Selain itu mpssoft juga menyediakan berbagai aplikasi pendukung bisnis anda, seperti aplikasi penjualan dan kasir atau juga sering disebut Point Of Sale (POS).

Baca juga : Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Yang Aman

Ada hal terpenting jika anda ingin sukses berbisnis di bidang apapun itu, termasuk clothing line.  Hal tersebut adalah mengetahui kemampuan anda sendiri, jangan pernah menolak saran orang lain dan belajarlah pada yang lebih berpengalaman. Kita tidak memiliki waktu yang cukup untuk belajar dari kesalahan diri sendiri dan menjadikannya sebuah pengalaman, maka berlajarlah dari kesalahan dan kesuksesan orang lain. Satu lagi yang terpenting, yaitu jangan pernah menggadaikan kualitas, produk dengan hal apapun, kualitaslah yang  membuat pelanggan dengan senang hati membeli kembali produk anda.


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>