- Entrepreneurship

Cara Menghindari Burn Rate

Jangan mencari modal pendanaan dari investor bila startup masih belum memiliki burn rate yang optimal. Menurut riset CB Insights, menyatakan bahwa kehabisan modal adalah penyebab kedua paling umum mengapa banyak startup gagal. Jadi, hal ini menyebabkan para pengelola dana investasi privat yang biasanya tidak memiliki likuiditas setinggi dana investasi publik akan mengabaikan perusahaan-perusahaan yang tidak menarik.

Sebelum memulai startup anda ada beberapa hal yang harus dipahami, agar bisnis anda berkembang.

Apa itu Burn Rate?

Pada dasarnya, pendanaan yang anda gunakan untuk menjalankan bisnis tiap bulan.

Ada dua tipe: bruto (total biaya) dan netto (total kerugian). Burn rate bruto adalah total dari seluruh pengeluaran tetap setiap bulan, sedangkan burn rate netto turut memperhitungkan pendapatan dan kalkulasi jumlah dana yang perlu ditambah dalam bisnis untuk menutupi kerugian.

Burn rate yang tinggi bukan berarti sesuatu yang buruk, terutama ketika anda mampu mengeksekusi rencana dan mencapai target yang sudah ditetapkan.

Baca Juga:

Semua tergantung pada justifikasi dan juga bukti. Terdapat juga tanda-tanda penting. Ketika beban biaya mulai tidak masuk akal dan kerugian yang dialami sebagian besar disebabkan oleh angka gaji yang terlalu tinggi, kemewahan kantor, dan biaya perjalanan keluar negeri tanpa tujuan strategis yang jelas.

Mereka bisa mulai ikut campur mengatur secara lebih, yang berpotensi menyebabkan masalah keagenan. Berikut beberapa cara untuk mengetahui apakah burn rate terlalu tinggi atau rendah dan bagaimana cara menyesuaikannya.

Hanya Hal-Hal Penting

Sebelum berlangganan apapun, seperti membeli aset, atau merekrut seseorang, coba tanyakan pada tim manajemen inti anda, apakah operasional perusahaan tim akan terganggu bila tidak melakukan hal ini?

jika jawabannya ya, maka jangan ragu untuk melakukannya. Biaya yang tidak perlu, harus dihindari ketika perusahaan belum mencapai targetnya.

Aturan Umum

Rumusan dasar yang dibuat Fred Wilson untuk menentukan apakah burn rate sudah optimal adalah sebagai berikut: setiap karyawan hanya boleh membakar dana sebanyak 200 juta perbulan. Jumlah itu mencakup semua biaya, termasuk biaya sewa, pemasaran, operasional, dan lainnya.

Pastikan budget tersebut sudah disesuaikan. Jumlah tersebut mungkin cukup masuk akan untuk startup SaaS.

Merekrut Seperluanya

Banyak pengusaha langsung jorjoran merekrut karyawan saat baru menerima pendanaan. Hati-hati dengan merekrut ketika pengendalian dana perusahaan kurang baik. Hal ini berpotensi membuat perusahaan harus memecat banyak orang ketika kehabisan modal.

Mulailah merekrut seperlunya. Talenta buruk yang terjaring akan menghabiskan biaya dan berdampak buruk pada perusahaan. Anda bisa merekrut tenaga kontrak untuk membantu menyelesaikan pekerjaan tersebut.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.