Tips Mudah Mendapat Pinjaman Modal Untuk UKM
- Bisnis

Tips Mudah Mendapat Pinjaman Modal Untuk UKM

Pinjaman modal untuk UKM menjadi salah satu solusi untuk bisnis inginĀ  tumbuh dan berkembang. UKM sebagai salah satu pendongkrak ekonomi kerakyatan yang dicanangkan oleh pemerintah. Peningkatan tersebut pastinya juga membutuhkan pendanaan yang kuat bagi UKM tersebut agar bisa survive dengan melabarkan sayap bisnisnya keseluruh penjuru Indonesia.

Permodalan yang dibutuhkan UKM banyak bersumber dari perbankan. Untuk bisa mendapatkan suntikan dana untuk mengembangkan bisnisnya pada pemilik UKM harus menyiapkan beberapa hal. Agar dengan mudah pinjaman modal disetujui oleh perbankan, beberapa hal penting yang harus anda sediakan.

Menjalankan Bisnis Yang Jelas Boss Pintar - Aplikasi absensi Online Terbaik

Sebelum mengajukan pinjaman tersebut, pihak perbankan pasti memerlukan informasi terkait bisnis anda. Artinya bisnis yang anda bukan baru didirikan, sekurangnya telah aktif beroperasi 12 bulan dan memiliki laba.

Dalam kurun waktu tersebut perusahaan anda harus memiliki performance yang baik, selain itu kejelasan bisnis harus dilengkapi denagn surat izin, foto dan sebagainya. Jika anda tidak memberikan informasi yang valid dan jelas pemberi modal akan meragukan kredibilitas anda sebagai pebisnis.

Persiapkan Dokumen Laporan Bisnis

Saat mengajukan pinjaman modal untuk UKM anda, maka mempersiapkan dokumen-dokumen pendukung untuk memperlancar pengajuan pinjaman modal tersebut. Buatlah proposal dengan lengkap dan jelas, rapi dan menarik untuk dilihat. Proposal tersebut harus berisi informasi lengkap dari bisnis yang anda jalankan, visi misi perusahaan, laporan keuangan dan informasi lain yang juga harus anda lengkapi.

Baca Juga:

Laporan keuangan perusahaan anda akan sangat menjadi pertimbangan pihak pemodal untuk memberikan suntikan dana untuk usaha anda. Dengan informasi yang lengkap dan relevan akan membuat mereka yakin bahwa mereka memberikan modal pada orang yang tepat dan kredibel.

Lengkapi Berkas Persyaratan

Selanjutnya adalah lengkapi semua berkas persyaratan yang diminta oleh pemberi modal agar proses pengajuan pinjaman anda lebih cepat. Anda bisa mengirim berkas persyaratan secara online, tergantu pada fasilitas yang diberikan oleh pemberi modal.

Adapun berkas persyaratan yang biasa diminta oleh pihak bank, berupa:

  • Dokumen pendirian usaha berupa akta pendirian/anggaran dasar bila bisnis anda berbentuk PT/CV/Firm.
  • Laporan keuangan tahunan sederhana 1 tahun terakhir mencakup laporan laba-rugi. Laporan keuangan bisa berupa laporan internal atau laporan yang telah disesuaikan (audit).
  • Rekening koran 3 bulan terakhir.
  • Izin usaha, SIUP, NPWP, Surat keterangan domisili usaha.
  • Salinan KTP pendiri dan tim manajemen usaha.

Mengajukan Agunan atau Tanpa Agunan

Anda bisa menyertakan agunan ataupun tanpa agunan karena ini akan berpengaruh pada kelayakan pinjaman beserta risikonya. Jika anda menggunakan agunan tentu akan meminimalisir risiko dari pinjaman modal untuk UKM anda. Tetapi ada platform P2P Lending yang memberikan fleksibilitas anda.

Dengan melengkapi semua persyaratan tersebut, terutama laporan keuangan anda akan lebih mudah untuk mengajukan pinjaman modal untuk UKM.

Bis Accounting System - Software Akuntansi terbaik di indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.