Struktur Organisasi Yang Tepat Untuk Bisnis Anda
- Bisnis

Struktur Organisasi Yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Ketika mendirikan bisnis baru, anda harus memperhatikan dengan seksama dalam merancang struktur organisasi perusahaan. Ini harus diputuskan sesuai dengan ukuran perusahaan anda, industri dan tujuannya. Anda harus menganggap struktur organisasi sebagai bagan alur komunikasi (Flowchart). Struktur organisasi yang disusun dengan buruk akan mengakibatkan perusahaan berjalan lamban, komunikasi yang tidak efisien dimana manajer harus menghadapi banyak persetujuan saat menyampaikan informasi pada bawahannya (lack communication). Struktur organisasi yang dirancang dengan baik akan menghasilkan saluran komunikasi yang cepat dan efisien, serta menghasilkan keputusan yang cepat. Mari kita lihat beberapa susunan struktur organisasi yang paling umum.

Fungsional

struktur organisasi fungsional

Struktur fungsional yang paling umum digunakan oleh banyak bisnis. Ini adalah diagram dengan eksekutif tertinggi di posisi atas, dengan beberapa manajer tingkat menengah seperti, manajer HR, pemasaran, keuangan dan kepala divisi teknis, semuanya langsung memberi laporan ke eksekutif tertinggi. Departemen-departemen ini dikelola terpisah satu sama lain oleh kepala departemen, mereka hanya menjawab kepada manajer tingkat atas. Kelebihan sistem ini adalah mudah dimengerti dan membuat bisnis tersusun rapi. Namun, kelemahannya cukup mencolok, jika komunikasi antara posisi kanan dan kiri gagal maka akan menyebabkan masalah yang membuat frustrasi.

Produk

struktur organisasi produk

Varian dari struktur fungsional adalah struktur produk, yang dirancang untuk perusahaan besar. Dalam bagan alur (flowchart), sekelompok eksekutif tinggi berada diatas, sementara produk yang berbeda dipisahkan menjadi anak perusahaan. Sebagai contoh, perusahaan produk makanan dapat dibagi menjadi makanan, minuman, produk susu, bumbu dll, dengan manajer di masing-masing segmen memberikan laporan ke eksekutif. Dalam kasus ini, tidak penting jika terjadi kegagalan komunikasi antara divisi kecuali divisi yang berada didalam segmen produk yang sama.

Baca Juga:

Pelanggan

struktur organisasi pelanggang

Jika anda menjalankan perusahaan layanan, seperti kesehatan, anda bisa menggunakan struktur organisasi berbasis pelanggan. Ini hanyalah variasi dari struktur produk, yang berbeda adalah bagian bawah organisasi dibagi kedalam spesifikasi kelompok pelanggan, sebagai contoh dibagi menjadi pasien rawat inap, rawat jalan dan pasien klinik gratis. Manajer masing-masing segmen melaporkan langsung ke direktur rumah sakit. Ini juga dirancang untuk menghindari tumpang-tindih, kebingungan dan redundansi.

Regional

struktur organisasi regional

Jika perusahaan anda sudah sangat besar, menasional bahkan global, anda perlu membagi struktur perusahaan kedalam segmen regional. Dengan Eksekutif tertinggi menerima laporan dari masing-masing manajer regional. Ini memastikan bahwa permintaan anda dipasar yang berbeda terpenuhi secara lokal.

Matriks/Acuan

struktur organisasi matriks

Struktur matriks sering digunakan pada perusahaan film dan video game, dengan beberapa departemen yang sama-sama mengerjakan produk yang sama. Dalam kasus ini, manajer memastikan setiap segmen menerima data yang dibutuhkan untuk menyelesaikan beberapa tugas.

Struktur Lainnya.

struktur organisasi campuran

Sementara sebagian perusahaan menggunakan variasi struktur fungsional, kembali kepada anda struktur yang mana yang paling cocok dengan perusahaan anda. Anda juga bisa mencampurkan dan mencocokan bagian terbaik dari masing-masing struktur. Anda harus tetap ingat, bahwa salah satu fungsi dari struktur organisasi adalah untuk menjaga komunikasi dan memastikan bahwa setiap proyek berjalan dengan baik.

Aplikasi Absensi BOSS Attendance System

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.