Saat produk anda telah masuk ke level internasional atau skala eksport, maka sudah saatnya anda menggunakan cara dan strategi pemasaran produk yang tepat. Tentunya hal ini bertujuan agar produk anda dapat di serap pasar secara maksimal.
Menerapkan promosi produk keluar negeri tentunya saat ini sangat mudah dilakukan dengan memanfaatkan media digital. Akses komunikasi yang mudah akan mempercepat penyebaran informasi ketarget konsumen anda. Untuk mengetahui startegi promosi apa saja yang tepat untuk melakukan pemasaran produk keluar negeri, berikut ini penjelasannya.
Tips Memasarkan Produk
Memasarkan produk melalui secara online sama seperti pedagang keliling. Bedanya hanya pada media yang digunakan, lingkup pemasaran, dan juga kreativitas dalam memasarkan produk. Semakin unik proses pemasarannya, maka produk akan lebih mudah dikenal oleh banyak pelanggan. Berikut ini beberapa tips pemasaran yang bisa anda terapkan:
- Pastikan produk anda berkualitas
- Buat website
- Manfaatkan media periklanan google ads
- Manfaatkan media periklanan facebook ads
- Publish produk anda di website marketplace seperti Amazon, Aliexpress, Alibaba atau lainnya
Baca Juga:
- Regulasi Pajak Pengiriman dan Penerimaan Perusahaan Berdasarkan PPH Pasal 22
- Contoh Financial Report Perusahaan Jasa
- 3 Kesalahan Serius Yang Perusahaan Harus Hindari dalam Sistem Payroll
- Cara Mengatasi Kesalahan dalam Mengelola Stok
- Cara Menghadapi Karyawan Underperformance Di Perusahaan
Strategi Segmentasi
Untuk dapat memasarkan produk secara maksimal, salah satunya dengan menyiapkan strategi segmentasi. Memasarkan produk keluar negeri berarti memperluas segmentasi geografis pemasaran produk. Jadi hal ini akan berpengaruh pada pasar yang dibidik, jadi diperlukan penyesuaikan antara produk, segmentasi demografi, psikografi, dan perilaku konsumen.
Hal lain yang harus jadi pertimbangan adalah mempelajari hukum perdagangan, hak cipta, dan perlindungan konsumen. Tentunya ini berkaitan dengan aktivitas bisnis yang sedang dijalankan. Selain itu, anda harus menganalisis value chain (rantai nilai) dari bisnis seperti distribusi, supplier, kompetitor dan lainnya.
Mencari Pembeli
Menurut sebagian pengusaha, dapat menembus market luar negeri adalah hal yang sulit. Tapi bukan berarti tidak dapat dilakukan. Berikut ini beberapa cara agar anda dapat pembeli dari luar negeri:
- Memperhatikan kualitas produk dan telah memenuhi standarisasi internasional.
- Mencari database dari Badang Pengembangan Export Nasional (BPEN).
- Mencari database dari Kedutaan Besar Negara Asing di Indonesia.
- Menggali pengetahuan pasar yang dituju.