Memulai Bisnis Konsinyasi
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Setiap orang pastinya mendambakan hidup dengan kebebasan finansial yang baik dan salah satunya di mulai dengan berwirausaha. Namun tak sedikit orang yang akhirnya harus mengurungkan diri untuk berwirausa karena alasan modal. Ketiadaan modal seakan menjadi momok menakutkan bagi setiap orang yang ingin memulai usaha.

Sebenarnya tidak semua jenis usaha membutuhkan modal yang besar untuk memulainya. Banyak peluang usaha tanpa modal seperti berbisnis online, usaha jasa, Bisnis Konsinyasi dll. Nah kali ini anda akan sedikit membahas tentang bisnis konsinyasi. Jika di lihat dari sistem bisnisnya, Konsinyasi tidak membutuhkan biaya besar. Bisnis konsinyasi menjadi solusi bagi mereka yang ingin berwirausaha namun tidak memiliki modal besar.

Memulai Bisnis Konsinyasi

Bisnis konsinyasi adalah sebuah sistem bisnis berbasis kerja sama, di mana ada pihak yang berfungsi sebagai produsen dan pihak lainya sebagai penyalur. Biasanya konsinyasi di buat untuk bisnis berskala kecil di mana seseorang memproduksi sebuah produk seperti : pakaian, aksesories dll, dan menyalurkan barangnya kepada toko (penyalur) yang telah bekerja sama.

Dengan sistem konsinyasi maka hasil penjualan akan di bagi 2 kepada penyalur dan produsen dengan kesepakatan yang telah di tentukan sejak dini. Bisnis ini juga dapat di sebut dengan istilah menitip barang dagangan kepada penjual, sehingga membantu anda menghemat biaya pemasaran seperti sewa ruko, promosi dll.

Menjalankan bisnis konsinyasi tidak terlalu susah, anda hanya harus mencari partner toko yang mau menjadi tempat menitipkan produk anda dan tunggu hasilnya. Walaupun begitu anda juga harus jelih dalam hal penentuan toko mana yang akan menjadi partner anda. Karena jika salah pilih maka produk yang anda jual justru tidak terjual sama sekali.

Baca juga : Bisnis Online Terbaik 2017

Simak 3 tips penting yang akan kami berikan, sebelum anda mencoba bisnis konsinyasi.

Pilih Partner Konsinyasi Yang Cocok Untuk Anda

Mencari partner adalah hal yang harus anda lakukan dalam bisnis ini, anda harus memastikan bahwa partner anda cocok dengan strategi pemaran yang ingin di lakukan. Maksudnya anda harus memperhatikan sebelum memilih, apakah anda ingin menyalurkan barang kepada toko yang memiliki pasar yang sama atau berbeda dengan produk anda.

Cari partner bisnis

Ada 2 pilihan dalam mendapatkan partner yang tepat dan akan mempengaruhi bagaimana hasil penjualan produk anda. Pertama pilihlah partner yang memiliki segmen pasar sama dengan produk anda. Contohnya jika anda menjual baju anak-anak maka carilah partner toko yang menjual baju anak-anak juga, sehingga pastinya orang-orang yang datang tujuannya mencari baju anak-anak dan peluang membeli produk anda sangat tinggi. Memilih partner dengan segemen yang sama memangĀ  menguntungkan, namun pastikan produk anda memiliki kelebihan dan kualitas yang baik, karena tentunya anda akan bersaing dengan produk lain yang ada di dalam toko partner consinyasi.

Pilihan kedua adalah mencari partner dengan produk yang saling melengkapi, nah untuk yang ini pastinya anda tidak perlu takut akan adanya persaingan produk anda dengan produk yang lain di dalam toko konsinyasi. Karena produk yang ada di dalam toko dengan produk yang anda miliki saling melengkapi. Contohnya toko sepatu olahraga sangat cocok menjadi partner kongsinyasi produk alat-alat olah raga.

Kedua pilihan ini sama-sama baik, tergantung jenis produk anda bagaimana. Sehingga coba liat dahulu produk anda, apakah cocok pada pilihan pertama yaitu toko dengan segmen pasar yang sama atau dpilihan ke dua dengan toko yang saling melengkapi.

Cari Toko Yang Kredibilitasnya Telah Di Akui

Pastikan toko yang akan menjadi partner anda dalam berbisnis konsinyasi memiliki kredibilitas yang baik. Anda dapat mengetahui kredibilitas dari toko tersebut dari informasi dan pengalman pelanggan atau produsen lain yang telah bekerjasama dalam bisnis konsinyasi dengan toko tersebut. Anda juga dapat melihat dari website pribadi toko mereka, di sana anda dapat melihat secara visual kualotas toko tersebut,

Bingun dalam membuat website usaha anda ? atau anda ingin membuat website perusahaan dan pribadi anda ? Coba cek dahulu artikel kami mengenai Jasa Pembuatan Website Terbaik.

Credible partner store

Hal ini akan berpengaruh terhadap resiko kecurangan dan hasil penjualan yang akan anda dapatkan. Jika partner anda memiliki reputasi buruk di pasar maka produk anda juga di anggap pasar buruk pula, maka dari itu sekali lagi pastikan kredibilitas dari partner konsinyasi produk anda telah terbukti.

Buat Kesepakatan Konsinyasi Sejak Awal

Kesepakatan

Walaupun konsinyasi bersama toko milik teman anda, tetaplah buat kesepakatan sejak awal dengan partner anda. Hal ini untuk mengurangi terjadinya kesalah pahaman, terutama dalam sistem bagi hasil. Adapun beberapa kesepakatan kerja sama yang umum di lakukan adalah berkaitan dengan sistem bagi hasil dan harga, aturan penitipan, jangka waktu dan kapan pembayaran di lakukan.

Semoga dengan tips ini, anda dapat belajar dan lebih siap lagi untuk memulai bisnis konsinyasi. Di tunggu kabar sukses bisnis konsinyasi anda dan Selamat mencoba!


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>