Lima Tahap Mengembangkan Solusi Yang Inovatif
- Bisnis

Lima Tahap Mengembangkan Solusi Yang Inovatif

Inovasi bukanlah hanya sekedar membuat sebuah produk baru. Ini tentang menemukan pasar yang sangat baru yang sebelumnya tidak diketahui dan karena kebutuhan  pelanggan belum sepenuhnya terpenuhi. Di jaman informasi teknologi komersial saat ini, membuat sebuah inovasi menjadi sebuah tantangan yang besar. Sebagai hasil dari solusi yang inovatif, manfaat yang didapat oleh sebuah perusahaan adalah mampu bersaing dimasa depan karena pertumbuhan organisasi yang positif.

Contoh nyata saat ini adalah sebuah inovasi pembayaran mobile dari smartphone kita. Pembayaran mobile telah memberikan kemudahan bagi konsumen dengan berbagai fiturnya. Banyak perusahaan menengah yang belum menerapkannya, jadi ini bisa menjadi sebuah masalah yang perusahaan anda bisa selesaikan.

Lima Tahap Mengembangkan Solusi Yang Inovatif

Terlepas dari ukuran dari organisasi anda, perusahaan yang berorientasi pada pelanggan bisa mempertimbangkan lima pendekatan permasalahan berikut:

1. Cari Tahu Masalah Yang Anda Ingin Selesaikan

Pada tahap pertama ini adalah yang paling krusial. Pastikan anda mencoba menyelesaikan masalah yang tepat dan jangan berikan solusi pada hal yang bukan prioritas konsumen anda. Lakukan hal ini dengan menanyakan pertanyaan yang tepat dan amati, seperti tentang kompetisi perusahaan pesaing, produk dan pelanggannya. Tanyakan pertanyaan yang mudah seperti “Apakah perusahaan XYZ lebih baik dari perusahaan anda?” atau “Apa yang kurang dari produk yang akan membuatnya lebih baik?”. Anda akan mendapatkan inti dari permasalahan dari tahap ini.

Baca Juga:

2. Analisa Permasalahannya

Pada tahap ini, anda ini menganalisa permasalahan dari dalam dan luar, mengekstraksi setiap variable dan nilai yang menyebabkannya. Berfokus pada seberapa sering masalah terjadi, seberapa parah, penyebab utamanya, dan apakah ada penyebab khusus yang mempengaruhinya. Fokus lain yang anda analisa adalah waktu terjadi masalah. Seberapa lama masalah itu berlangsung? Apakah akan memburuk pada waktu tertentu, jika tidak, apakah ada faktor yang menyebabkan masalah bisa terjadi dimasa depan.

3. Klasifikasikan Kriteria Keputusan

Mendefinisikan dengan jelas keinginan yang mengarahkan pada pembelian, pada tahap ini anda ingin mengidentifikasi setiap keputusan. mana keputusan yang paling penting? Akankah keputusan ini berdasarkan standar yang ada atau ada teknik unik lain yang bisa diterapkan.

4. Temukan Lebih Dari Satu Solusi

Jangan berhenti hanya pada solusi yang pertama anda temukan. Pikirkan juga skenario alternatif seobjektif mungkin. Cari solusi-solusi alternatif atau pendukung dari ide anda. Untuk memastikan solusi yang anda terapka berjalan dan bekerja sesuai dengan keinginan anda.

5. Ambil Solusi Terbaik

Setelah mengevaluasi semua opsi dan nilai yang didapat dari tahap satu hingga empat, anda harus memilih solusi yang pelanggan sangat butuhkan. Setelah itu terapkan dengan memaksimalkan sumber daya yang anda miliki, eksekusi dengan cepat, eliminasi solusi yang tidak bekerja dengan baik, lalu evaluasi setiap langkah yang telah perusahaan telah lalui.

Dengan menerapkan lima tahap mengembangkan solusi yang inovatif yang kami telah tulis dalam artikel ini, bisa dipastikan anda akan dapat memproduksi produk dan jasa yang pelanggan butuhkan dan inovasi yang bisa mereka terapkan.

APS HRD System sebagai software payroll terbaik Indonesia hadir sebagai solusi utama bagi tim HRD anda dalam menjalankan tugasnya, dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan. Gunakan sekarang dalam perusahaan anda.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.