Sebagai entrepreneur, pasti istilah CRM bukan lagi hal yang asing bagi anda. Customer Relationship Management (CRM) atau manajemen hubungan pelanggan, adalah alat yang berkaitan dengan pengelolaan pelanggan/konsumen. Namun, sudahkan anda memahami CRM ini dengan benar, manfaat apa yang akan diterima oleh perusahaan dalam penerapan sistem CRM ini?
Dalam artikel ini akan kami ulas dengan lengkap dan mendalam tentang CRM. Anda akan mendapat informasi lengkap pada tulisan kami ini.
Apa Arti CRM?
CRM adalah alat, strategi, dan proses apapun untuk membantu bisnis/usaha dalam mengelola & mengakses data pelanggan dengan lebih baik dan cepat. Awalnya CRM mengandalkan tulisan tangan & Rolodex, tetapi dengan perkembangan teknologi digital, CRM berkembang menjadi database yang tersimpan pada server dan dapat dikelola pada desktop dan mobile, dan kemudian artinya menjadi lebih kompleks lagi.
Saat ini CRM berkaitan dengan strategi bisnis secara menyeluruh. Sistem CRM yang bertindak sebagai repository yang terintegrasi dengan segala aktivitas pemasaran, penjualan, dan dukungan pelanggan, serta menyederhanakan proses, strategi, dan pengelolaan tenaga penjualan dalam satu sistem yang terintegrasi pada sistem komputerisasi yang dapat diakses dengan cepat.
Kegunaan CRM Bagi Bisnis Anda
Banyak para investor teknologi yang berinvestasi pada proyek pengembangan sistem CRM. Sebagai perangkat lunak yang memiliki pasar perusahaan terbesar kedua setelah sistem ERP. Berikut ini beberapa manfaat yang bisnis anda akan dapatkan menggunakan sistem CRM pada perusahaan anda.
Meningkatkan Pendapatan Perusahaan
Ketika anda memiliki data yang lengkap dan menyeluruh tentang pelanggan dan prospek, anda dapat melakukan Cross-selling dan up-selling pada saat yang tepat dengan tingkat konversi yang tinggi. Hal ini dapat meningkatkan revenue melalui peningkatan pelayanan dan kualitas produk yang telah disesuaikan dengan kriteria pelanggan.
Mempersonalisasi & Memaksimalkan Email Marketing
Salah satu metode pemasaran yang paling efektif adalah personalisasi. Dengan penggunaan sistem CRM, anda bisa membuat kampanye email marketing untuk mempromosikan, newsletter, dan memberikan penawaran khusus yang telah disesuaikan dengan preferensi setiap pelanggan dan klien anda.
Mengukur Kinerja Tim Penjualan
Dengan sistem Customer Relationship Management anda bisa memonitor kinerja tim penjualan anda. Setiap prospek yang ditangani oleh setiap salesperson dapat anda ketahui status dengan mudah, history transaksi yang terjadi, tindakan apa yang mereka telah lakukan untuk mengkonversi prospek menjadi pelanggan dan lain lain.
Memperkuat Bisnis Melalui Kolaborasi
Saat tim anda bekerja sendiri-sendiri, akan ada penghalang bagi perusahaan untuk berkembang. Dengan sistem CRM tim pemasaran, penjualan, dan dukungan pelanggan dapat berkolaborasi untuk mengelola database bersama-sama dalam satu sistem CRM.
Menyederhanakan Saluran Penjualan
Sistem CRM dapat memvisualisasikan saluran penjualan dengan lebih jelas melalui tahapan dan sub-tahapan yang telah anda buat. Ini akan memberikan kemudahan untuk mengidentifikasi prospek potensial dan dapat memprioritaskan transaksi anda dengan mereka dengan cepat dan akurat.
Mengurangi Penggunaan Spreadsheets/Excels
Salah satu fitur yang selalu ada pada sistem CRM adalah fitur otomatisasi tugas-tugas manual yang biasanya akan memakan waktu cukup banyak seperti pencatatan data pelanggan kedalam spreedsheets. Anda juga bisa membuat formulir pendaftaran prospek baru dan mengirimkan email kepada mereka secara otomatis dan terjadwal.
Meningkatkan Hubungan Prospek & Pelanggan
Seluruh data informasi lengkap prospek dan pelanggan tersimpan dalam satu tempat penyimpanan yang akan mempermudah anda mengakses data tersebut untuk keperluan bisnis anda. Informasi tersebut bisa membantu anda untuk memahami kebutuhan pelanggan anda dengan lebih baik dan anda dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk mereka agar lebih loyal.
Baca Juga:
- Fungsi Utama HRD Dalam Memajukan Perusahaan
- 6 Tes Kepribadian Untuk Mengembangkan Karir Karyawan
- Tips menjadi Seorang Marketing Handal dan Profesional
- 5 Kemampuan Ini Wajib Anda Miliki Jika Ingin Bekerja Sebagai HRD
CRM Dibutuhkan Oleh?
Saat ini sistem Customer Relationship Management dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan. Tetapi fungsi dari CRM tetap sama untuk meningkatkan strategi pemasaran, penjualan, dan after sales.
Usaha Kecil Menengah (UKM/SME)
Bisnis skala UKM sangat cocok dalam menggunakan sistem CRM ini karena akan meningkatkan efisiesnsi dengan menyederhanakan berbagai pekerjaan yang cukup kompleks. Sistem berbasi cloud adalah opsi yang tepat untuk bisnis UKM karena harga yang cukup terjangkau dan dapat dioperasikan dengan mudah dan sederhana. CRM akan membantu UKM untuk membuat standarisasi bagi UKM agar dapat disetarakan oleh perusahaan yang besar lainnya.
Business to Consumer (B2C)
B2C memiliki customer life cycle lebih pendek, biasanya perusahaan B2C membutuhkan solusi manajemen pelanggan lebih cepat dan lengkap. Fitur-fitur dalam sistem Customer Relationship Management seperti saluran penjualan, otomatisasi pemasarn, dan pencatatan history telemarketing dapat dipantau dengan mudah dan efisien.
Business to Business (B2B)
Kebutuhan B2B dalam mengelola informasi klien dan pelanggan sampai mengikuti perkembangan transaksi, laporan bisnis, dan pembayaran. B2B akan lebih cepat melakukan semua proses tersebut dalam sistem CRM. Sistem CRM sebagai platform yang akan membantu perusahaan B2B untuk menyatukan vendor, mitra, dan stakeholders.
Perusahaan Besar (Enterprise)
Dengan menggunakan CRM akan membantu perusahaan besar mencapai efisiensi dalam menyederhanakan berbagai pekerjaan. Data pelanggan dan penjualan dari beberapa lokasi dapat dicentralisasi dala satu sistem Customer Relationship Management secara menyeluruh. Perusahaan juga bisa mengintegrasikan sistem CRM dengan sistem lainnya.
Fitur-Fitur CRM
Selain manfaat yang akan anda dapatkan dari penggunaan CRM, anda juga harus mengetahui fitur apa saja yang ada dalam sistem CRM.
Manajemen Saluran Penjualan
Fitur ini akan melacak status prospek dengan lebih mudah yang akan menemukan peluang terbaik dari fitur ini. Sistem Customer Relationship Managementmemungkinkan anda menggunakan drag & drop untuk memindahkan prospek dari layer satu ke layer lainya.
Laporan Yang Lebih Mendalam
Salah satu fitur yang terpenting dari Customer Relationship Management, fitur ini akan membantu anda dalam mengambil keputusan pada bisnis anda. Melalui data lapora analitik yang mendalam, keputusan perusahaan yang tadinya berdasarkan pada firasat kini menjadi data driven. Fitur ini akan membantu anda dalam membuat berbagai jenis laporan, seperti transaksi bulan ini vs bulan lalu, prospek pada konversi kuartal ini yang berhasil, dan lainnya.
Manajemen Prospek
Dalam sistem Customer Relationship Management, Informasi apapun yang terkait dengan prospek dapat anda lihat dengan mudah, sepertim data demografis mereka, riwayat pertemuan, kebutuhan mereka, dan lainnya dalam waktu cepat informasi tersebut akan tersajikan. Anda juga dapat memfilter data prospek berdasarkan berbagai kategori yang ada dalam sistem sesuai dengan kebutuhan bisnis anda.
Email Marketing
Sistem CRM dapat membantu anda dalam membuat kampanya email marketing anda menggunakan bebagai macam template yang tersedia dan akan mengirimnya ke pelanggan anda berdasarkan segmentasi yang telah anda atur. Anda dapat memilih fitur mass mailing atau personalisasi marketing campaign sesuai dengan startegi pemasaran anda.
Manajemen Tenaga Penjualan
Pada fitur ini anda dapa memantau kinerja tim penjualan anda, seberapa pencapaian mereka, berapa banyak prospek yang telah mereka konversikan menjadi pelanggan atau klien, bagaimana interaksi mereka dengan konsumen, dan banyak lagi. Ini akan membantu anda untuk mengetahui mana tenaga penjual yang kinerjanya bagus dan mana yang membutuhkan improvement.
source:www.hashmicro.com/id/blog/
Kesimpulan
Seberapa besar ukuran bisnis anda, setiap bisnis memerlukan sistem Customer Relationship Management yang akan meningkatkan performa perusahaannya. Dengan Aplikiasi Absensi Online, BossPintar memiliki fitur CRM yang lengkap yang akan memudahkan pekerjaan tim anda untuk mencapai hasil maksimal yang akan berdampak pada nilai perusahaan juga akan meningkat. Gunakan sekarang gratis, download di Google Playstore gratis.