Faktor Penyebab Perusahaan Pailit
- Bisnis

Faktor Penyebab Perusahaan Pailit

Pailit adalah suatu kondisi dan keadaan dimana seseorang yang oleh suatu pengadilan dinyatakan bangkrut dan yang aktivanya/warisannya telah diperuntukan untuk membayar hutang. Menurut UU Kepailitan diartikan sebagai sita umum atas semua kekayaan debitor pailit yang pengurusan dan pemberesannya dilakukan oleh kurator dibawah pengawasan hakim pengawas sebagaimana yang telah diatur dalam UU.

Semua pebisnis akan menghadapi kemungkinan ancaman situasi pailit dalam mengelola bisnisnya. Hal tersebut tidak hanya berlaku pada perusahaan yang baru didirikan, tetapi juga bagi perusahaan yang sudah puluhan tahun berdiri. Setiap bisnis berpotensi mengalami pailit, walaupun persentasenya hanya 0,01%. Untuk dapat menghindarinya anda harus mengetahui penyebab perusahaan pailit yang telah kami rangkim dibawah ini.

Syarat Perusahaan Dinyatakan Pailit Boss Pintar - Aplikasi absensi Online Terbaik

Suatu perusahaan dinyatakan pailit jika suatu perusahaan tersebut telah memenuhi syarat-syarat yuridis kepailitan. Syarat-syarat tersebut tertuang didalam Pasal 2 UU Kepailitan “yang meliputi adanya debitur yang mempunyai dua atau lebih kreditur yang tidak membayar sedikitnya satu hutang secara lunas yang telah jatuh tempo dan dapat ditagih, dinyatak pailit dengan putusan pengadilan”. Kreditor dalam poin ini ialah kreditor baik konkuren, kreditor separatis atau preferen. Sedangkan hutang yang jatuh tempo berarti kewajiban untuk membayar hutang yang telah jatuh waktu, baik yang telah diperjanjikan, karena percepatan waktu penagihan sesuai perjanjian atau karena keputusan pengadilan, arbiter atau majelis arbitrase. Menurut UU Kepailitan permohonan pailit dapat diajukan debitor, satu atau lebih kreditor, jaksa, BI, Perusahaan Efek atau Asuransi.

Baca Juga:

Penyebab Kepailitan

Faktor penyebab perusahaan pailit, dapat kita jabarkan sebagai berikut:

  • Ketidak mampuan perusahaan menangkat kebutuhan konsumen, yang mengakibatkan perusahaan bisa memberikan layanan atau produk yang dipasarkan.
  • Terlalu berfokus pada produk, sehingga melalaikan kebutuhan pasar.
  • Mengalami ketakutan yang berlebihan atas kebangkrutan, takut rugi, tidak dapat melayani konsumen, ketidak mampuan mengatasi permasalahan, dan ketakutan lainnya.
  • Berhenti berinovasi dalam mengembangkan bisnis.
  • Tidak mengamati pergerakan kompetitor, yang menyebabkan perusahaan tersebut kalah dalam persaingan serta tertinggal jauh.
  • Harga yang terlalu mahal.
  • Terlilit hutang, ekpansi yang terlalu berlebihan, penipuan yang dilakukan oleh CEO, manajemen perusahaan yang buruk, pengeluaran yang tidak terkendali, dan lainnya.

Agar perusahaan anda tetap dalam jalur yang tepat atas keberlangsungan bisnis anda, menjadi hal yang sangat penting mengetahui penyebab pailit sebuah perusahaan. Pengembangan karyawan yang tepat dan berstrategi bisa menjadi solusi untuk menghindari kepailitan perusahaan anda. Dengan menggunakan software hrd terbaik anda dapat mengukur kinerja karyawan anda dengan akurat. Serta pengembangan bisnis bisa jauh lebih mudah dengan menggunakan software hrd terbaik.

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR TERBAIK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.