Cara Sukses Membuka Usaha Online Shop
- Bisnis, Marketing, Profesi, StartUp

Cara Sukses Membuka Usaha Online Shop

Usaha online shop merupakan bisnis yang cukup menjanjikan di era digital saat ini. Selain memberikan masukan yang lumayan besar, usaha online shop juga bisa menjadi usaha tambahan di samping bisnis utama anda karena usaha tersebut lebih sering menggunakan gadget atau laptop, internet dan tidak perlu bertemu pelanggan.

Memulai bisnis online emang terlihat mudah, namun jika anda tidak dibekali dengan ilmu yang cukup pastinya hal tersebut akan sangat sulit. Terkhusus bagi pemula atau yang baru pertama kali berbisnis tentunya akan sulit mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Disini kita akan memberi tauh bagaimana cara membuka usaha online shop agar anda mendapatkan keuntungan yang menjanjikan dan menjadi penghasilan baru untuk mendukung pengasilan utama anda.

Berikut cara sukses memulai usaha online shop :

Melakukan Riset

Langkah pertama sebelum memulai bisnis online adalah menentukan produk atau jasa yang akan Anda jual, cari pasar dan pilih produk yang tepat. Pikirkan dengan apa yang menjadi passion Anda dan memiliki potensi untuk dijual.

Lihatlah disekitar Anda, maka Anda dapat menentukan produk apa atau jasa mana yang akan diminati banyak orang.
Jadilah seorang yang dapat memecahkan masalah, ketika Anda menemukan masalah dari sekitar anda, pikirkan produk atau apa yang menjadi solusinya. Perhatikan keahlian dan pengetahuan serta passion yang Anda miliki, pikirkan apa yang mungkin bisa Anda jual lebih baik daripada orang lain. Pikirkan bagaimana agar produk atau jasa tersebut dapat menjadi sebuah nilai yang berarti.

Kesimpulannya ialah, jangan langsung menentukan produk apa yang akan anda jual, namun Anda juga harus mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan juga minat masyarakat terlebih dahulu. Lalu lihat pengetahuan serta keahlian Anda untuk menjadikan produk atau jasa tersebut menjadi lebih baik. Setelah itu, Anda bisa menentukan produk yang berpotensi untuk membawa kesuksesan pada bisnis Anda.

Toko Online

Karena anda akan memulai membuka usaha online makan anda harus mempertimbangkan membuka sebuah marketplace, website, media sosial dan media chat sosial sebagai tempat untuk promosi. Jika target anda adalah anak muda, maka gunakanlah media sosial yang digemari seperti Instagram dan Twitter. Jika Anda menarget keluarga atau kelompok yang lebih luas, maka Anda bisa menggunakan Facebook.

Jika modal yang anda miliki sedikit dan baru memulai, disarankan agar menggunakan sarana yang ada, misalnya:

Marketplace: Lazada, Bukalapak, Tokopedia, Shoppee, OLX, dan lain sebagainya
Media sosial: Facebook, Instagram, Twitter, Google Plus, dan sebagainya
Aplikasi social chat: WhatsApp, BBM, LINE, E-mail, SMS dan sebagainya

Jika bisnis semakin berkembang, maka coba untuk membuat website sendiri. Mengapa harus membuat website? Karena dengan website makan bisnis anda akan lebih di percaya dan tentunya akan menambah penghasilan yang lebih besar. Namun untuk untuk membuat website di butuhkan biaya, untuk itu anda membutuhkan modal lebih.

Baca Juga : 5 Hal Penting Ketika Mercancang Rencana Bisnis

Pelajari Pemasaran Digital

Setelah anda memiliki toko online, kini saatnya untuk mulai berjualan. Namun sebagus apapun produk dan jasa yang anda jual, akan sia-sia jika tidak diketahui orang. Anda bisa melalakukan pemasaran lewat sistem digital dengan memanfaatkan sosial media seperti Facebook, Instagram, Watshap dan lain sebagainya. Menggunakan media sosial dalam melakukan pemasaran adalah cara yang paling efektif karena hampir semua orang terhubung ke internet dan menggunakan sosial media.

marketplace juga dapat memperluas jaringan anda karena setiap market place mempunyai fitur untuk mempromosikan produk anda. Dengan memasarkan produk atau jasa anda di marketplace, maka produk Anda akan lebih cepat diketahui public.

jika kedua cara diatas masih dirasa kurang, Anda bisa membuat blog sederhana yang gratisan, melalui blogger, wordpress, tumblr atau situs sejenis lainnya. Fungsinya ialah sebagai tempat menuliskan testimonial serta penjelasan produk dan lain sebagainya. Terakhir, gunakan pemasaran yang lebih menyeluruh seperti SEO atau Search Engine optimziation dalam situs pencarian Google. Dengan memahami teknik SEO, maka akan memprumuda pencarian produk anda di dunia maya.

Itu lah tadi cara sukses memulai usaha online, Anda tidak perlu ragu lagi dan segera memulai usaha online milik Anda sendiri. jangan lupa memberikan komentar dan bagikan artikel ini agar menjadi manfaat bagi teman-teman anda yang sedang mempertimbangkan membuka bisnis online.

About MPSSOFT PT Mitra Pasifik Solusindo

Read All Posts By MPSSOFT PT Mitra Pasifik Solusindo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.