Cara Memulai Bisnis Online, Serta Tips Sukses Bagi Pemula
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jika belum mencoba, pasti menganggap untuk memulai sebuah bisnis online tidaklah sulit. Namun nyatanya, membuat bisnis online tidak semudah seperti apa yang anda pikirkan. Agar bisnis online anda dapat meraup omset yang besar, perlu adanya persiapan yang matang dan tips trik sukses tersendiri.

Pada kesempatan ini kami akan memberikan anda artikel tentang Cara Memulai Bisnis Online, Serta Tips Sukses Bagi Pemula. Panduan ini dapat di implementasi pada bisnis online dibidang apapun seperti fesyen, makanan, karya seni dll. Maka dari itu, mari kita simak bersama-sama kelanjutan artikel ini.

1. Gunakan Sosial Media Untuk Sarana Menjual Dan Promosi Online Shop

Sosial Media seperti facebook, instagram, twitter dll telah menjadi wadah yang paling banyak digunakan orang untuk bersosialiasi, bahkan melebihi sosialiasi dengan interaksi langsung. Dengan menggunakan sosial media, anda dapat menjual barang dan mempromosikan online shop kepada siapa saja diseluruh dunia.

Untuk berjualan dan promosi melalu sosial media cukup mudah dan gratis, anda hanya perlu membuat akun dan jika di facebook anda silahkan membuat fanspage atas nama toko online anda. Kemudian silahkan anda masukan foto produk beserta detailnya dan silahkan share untuk mempromosikannya.

Baca juga : Cara Membeli, Menjual dan Menarik Emas Di BukaLapak

2. Promosi Boleh, Namun Jangan Spamming

Spamming adalah seuatu bentuk upaya mengirimkan pesan tanpa adanya proses persetejuan oleh penerima ataupun mengirim pesan promosi secara berlebihan yang menganggu. Dalam dunia bisnis online shop, biasanya tindakan spamming terjadi dalam banyak bentuk seperti mantion produk kepada orang yang tidak dikenal, mengirim pesan promo pada kolom komentar sosial media seseorang, meminta Cek IG dan jenis pesan berlebihan yang menganggu lainnya.

Mengirim pesan spamming tidak akan menghasilkan penjualan yang positif, justru ini akan menghasilkan citra buruk dari calon costumer kepada bisnis anda. Sebaiknya pesan promosi yang ada buat harus dalam katagori wajar dan tidak menganggu orang lain.

3. Buatlah Informasi Yang Jelas dan Lengkap

Agar costumer benar-benar memahami apa yang anda jual, maka sajikanlah informasi yang detail dan jelas. Dalam berbisnis online, calon costumer tidak dapat melihat dan merasakan secara langsung bagaimana kondisi produk yang anda jual. Maka dari itu, dengan informasi produk yang jelas, dapat membantu costumer memahami produk anda.

Informasi yang jelas dan lengkap bukan hanya berlaku dalam menjelaskan detail produk anda, tetapi juga dalam semua aspek seperti pemilik, kontak yang dapat dihubungi, lokasi toko fisik jika ada, cara pemesanan, cara pembayaran dan lain-lain. Informasi yang jelas bukan hanya dapat membantu costumer memahami bisnis anda, namun juga untuk meningkatkan kepercayaan terhadap bisnis online anda,

4. Foto dengan Kualitas Bagus

Selain informasi yang detail, foto merupakan cara utama calon costumer memahami produk yang sedang dijual secara online. Maka dari itu pastikan foto yang anda gunakan memiliki kualitas yang sangat baik.

Kriteria foto berkualitas untuk bisnis online diantaranya yaitu :

  • Foto beresolusi tinggi atau tidak buram
  • Foto berasal dari produk asli yang akan dijual, bukan dari internet dll
  • Meski harus tampak cantik, tapi jangan tutupi kekurangannya ( Apalagi jika menjual produk second).
  • Pencahayaan yang baik

Baca juga : Bisnis Online Terbaik 2017

5. Usahakan untuk Menggunakan Model

Saat produk anda difoto dengan menggunakan model, maka calon costumer akan memahami bagaimana tampilan produk tersebut ketika dipakai. Ini akan membuat produk anda tampak lebih hidup dan seperti layaknya bisnis non-online. Bahkan dengan adanya model, maka produk anda akan tampak lebih menarik. Baca juga : Contoh Proposal Usaha & Bisnis Yang di Sukai Investor

6. Memiliki Website Online Shop

Selain menggunakan sosial media sebagai toko online, sebaiknya anda juga harus memiliki website toko online. Jika sebuah binsis online memiliki website, maka ini akan membuat binis tersebut lebih terpercaya. Selain itu Website juga akan membantu anda memperluas pasar dan mempermudah costumer untuk kembali mengunjungi toko anda. Biasanya website toko online juga sudah dilengkapi dengan sistem manajemen penjualan yang baik, sehingga bisnis online anda dapat termanejemen dengan baik.

Jika anda tidak dapat membuat webiste online shop sendiri, anda dapat menggunakan Jasa pembuatan website untuk menanganinya. Untuk jasa pembuatan website terbaik, silahkan percayakan saja kepada Mpssoft yang sudah berpengalaman membuat website berbagai jenis, termasuk online shop.

7. Memiliki Aplikasi Online Shop

Pengguna internet di indonesia sebagian besar menggunakan smartphone untuk mengakses internet, dan ini menyebabkan penggunaan aplikasi mobile sebagai sarana bisnis meningkat. Anda bisa lihat ecommerce besar, pasti menggunakan aplikasi mobile di android dan IOS untuk berjualan, dan terbukti mampu meningkatkan omset mereka.

Sama seperti membuat website, anda juga dapat menggunakan Jasa Pembuatan Aplikasi Online Shop agar dapat memiliki sebuah aplikasi yang bagus dan berkualitas.

8. Promosi Di Toko Online lainnya

Anda pasti mengenal beberapa marketplace di indonesia seperti bukalapak.com, tokopedia.com, ratakan.com, olx.com dll. Marketplace layaknya sebuah pasar, dimana anda bisa membuka “lapak” dan menjual barang dagangan anda.

Walaupun anda telah memiliki online store sendiri di sosial media, website dan aplikasi, namun anda tetap harus menggelar “lapak” diberbagai marketplace yang ada. Ini berguna untuk menambah banyak platform yang dapat digunakan costumer untuk membeli produk anda. Apalagi marketplace telah memiliki banyak costumer, sehingga membuka “lapak” disana bukanlah hal yang merugikan.

Baca juga : Ternyata Ini 7 Tips Mudah Memulai Bisnis Properti Untuk Pemula

9. Iklan Digital dan SEO

Dan tips yang terakhir ini sangat jarang sekali digunakan, yaitu memanfaatkan Iklan Digital dan SEO untuk meningkatkan penjualan. Iklan digital adalah iklan yang berada di media digital , seperti jika di facebook dan instagram anda akan menemukan iklan di beranda ataupun bagian samping, anda juga pasti pernah melihat iklan di dalam website seseorang ataupun iklan di google.

Sementara Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah tindakan untuk menjadikan website kita berada pada posisi nomor satu dihasil pencarian google.  SEO dipakai agar semakin banyak pengunjung yang mengunjungi website anda, contohnya jika anda berbisnis baju tidur, maka anda bisa mengoptimasi pencarian digoogle dengan kata “Harga Baju tidur”, “Baju Tidur Murah” Dll, dan ketika dicari maka muncul website anda.

Baca juga : Bisnis Franchise Terbaru 2017

Namun Iklan digital memerlukan biaya, kerena biasanya penyedia layanan iklan mematok biaya untuk setiap menampilkan iklan bisnis anda. Jika anda tidak benar-benar memahami bagaimana memasang iklan digital yang baik, maka justru biaya yang dikeluarkan tidak akan sebanding dengan hasil penjualan. Sedangkan SEO sendiri tidak bisa dipelajari dengan mudah, butuh kemampuan dan pengalaman yang baik di dalam dunia SEO agar berhasil mengoptimasi website anda.

Untuk mengelola Iklan Digital dan SEO sebaiknya anda memperkerjakan staff khusus divisi Digital Marketing. Namun jika anda memiliki budget yang terbatas untuk mempekerjakan staff baru, ada baiknya anda menggunakan jasa digital marketing agency terbaik saja. Menggunakan digital marketing agency seperti BrandMark.id, akan membuat hasil dari iklan anda lebih pasti dan yang jelas akan menghasilkan keuntungan lebih besar dari pada biaya iklan yang harus dikeluarkan.

Inilah 9 tips cara menjalankan bisnis online agar lebih cepat meraih kesuksesan. Cara ini biasaya hampir diterapkan oleh semua pebisnis yang telah sukses berbisnis online. Namun tetap saja, kerja keras dan sikap pantang menyerah akan menjadi kuci utama kesuksan bisnis online anda.

Bis Accounting System - Software Akuntansi terbaik di indonesia


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>