6 Tips Bermanfaat Untuk Memulai Bisnis Bagi Pemula
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bekerja menghadapi berbagai tugas setiap hari ditempat kerja merupakan hal yang sangat membuat jenuh. Tentu hal tersebut merupakan permasalahan yang selalu dihadapi oleh setiap karyawan yang bekerja diperusahaan. Tak jarang, rasa jenuh yang selalu muncul akibat banyakanya beban tugas yang diberikan saat bekerja membuat seorang karyawan ingin membangun bisnisnya sendiri. Memulai sebuah bisnis kecil-kecilan atau UKM mungkin merupakan cara yang tepat jika ingin mencoba berpetualang mencari hal baru. Tidak ada yang salah dalam mencoba untuk mengambil jalur lain ketimbang harus menjadi karyawan sepanjang hidup. Dengan membuka bisnis sendiri, mungkin saja kesuksesan yang anda inginkan akan didapatkan saat membuat sebuah bisnis sendiri. Jika anda adalah seorang karyawan dan beriniat untuk memulai bisnis, simak 6 tips bermanfaat saat akan memulai bisnis untuk pemula.

Baca juga: 10 Peluang Usaha Sampingan Dibulan Ramadhan Wajib Anda Coba!

Kuatkan mental dan niat

Untuk memulai sebuah bisnis hal pertama yang paling diperlukan adalah mental dan niat. Tanpa itu anda tidak akan memiliki keberanian untuk mulai mengembangkan bisnis. Jika dari awal pengembangan bisnis niat anda tidak terlalu kuat, maka bisa saja bisnis yang anda bangun akan jatuh karena mudah goyah diterpa berbagai masalah yang ada didalamnya. Untuk itu kuatkan niat dan mental anda sebelum memulai bisnis.

Pilih produk yang ingin dijual

Memulai bisnis sendiri bukan berarti anda harus selalu menjual produk, anda juga dapat menjual jasa yang anda kuasai sesuai minat anda. Pastikan anda memilih produk atau jasa yang memiliki banyak peminat dan punya peluang pasar yang besar. Dengan begitu bukan tidak mungkin 1-2 tahun usaha anda akan maju secara pesat karena banyaknya peminat yang meminginkan jasa atau produk anda.

Baca juga: Cara Membuat Bisnis Plan Dan Contoh Bussiness Plan

Cari rekan

Jika anda ingin memulai sebuah bisnis, jangan ragu untuk mencari seorang rekan yang memiliki pemikiran dan semangat tinggi agar dapat membantu mewujudkan sebuah bisnis yang akan berkembang pesat dikemudian hari. Selain itu anda juga harus dapat mencari rekan yang dapat membantu mengembangkan bisnis anda seperti supplier, investor dan lainnya.

Membuka bisnis sendiri bukan berarti harus menjadi bos

Membuka bisnis sendiri bukan berarti anda harus menjadi bos. Mengembangkan bisnis mulai dari paling bawah tentu tidak akan mudah, untuk itu ubah pemikiran anda jika merintis bisnis artinya anda akan menjadi bos dalam bisnis anda. Kenyataanya anda harus berjuang terlebih dahulu sebelum semuanya tercapai. Anda harus bekerja keras susah payah mengembangkan bisnis dari bawah dengan tangan sendiri karena modal yang dimiliki tidak cukup untuk menggaji karyawan.  Dengan mengubah pola pikir tersebut, anda dapat bertahan dalam berbagai rintangan yang terjadi saat bisnis anda sudah berjalan

Memanfaatkan teknologi terkini

Di era seperti sekarang ini, tentu sangat tidak masuk akal jika tidak menyertakan teknologi dalam pengembangan bisnis. Anda harus memanfaatkan berbagai teknologi terkini untuk mengembangkan bisnis anda. Mulai dari cara memasarkan produk. Melakukan audit, menghitung data penjualan, melakukan penggajian dan hal lain yang hal lainnya yang dapat memanfaatkan teknologi guna memaksimalkan kinerja.

Baca juga: Mau Berbisnis Online ? Ini Resiko Yang Harus Anda Ketahui

Memperluas pasar

Anda tidak boleh hanya menunggu pelanggan datang, anda harus menjemput calong pelanggan anda untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang anda tawarkan. Dalam berbisnis anda tidak bisa hanya duduk diam menunggu pelanggan datang, dengan memanfaatkan teknologi yang ada anda dapat dengan mudah memasrakan produk yang anda jual.

Itu tadi adalah 6 tips bermanfaat sebelum memulai bisnis bagi pemula. Untuk memaksimalkan bisnis yang anda kembangkan, anda dapat mencoba aplikasi akuntasi bernama BIS (Business Integrated System) sebagai software penunjang bisnis anda. Dengan BIS anda dapat melakukan pencatatan produk, melihat stok dan lainnya dengan mudah.Bis Accounting System - Software Akuntansi terbaik di indonesia


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>