5 Strategi Optimalkan Keuntungan Bisnis Garment
- Bisnis

5 Strategi Optimalkan Keuntungan Bisnis Garment

Bisnis garment merupakan bisnis dengan potensi yang paling menjanjikan. Bisnis ini tidak ada matinya (evergreen), karena selalu ada permintaan untuk barang-barang fashion. Problemnya adalah persaingan pada industri ini sangatlah ketat. Ada banyak pengusaha yang memiliki modal melimpah yang siap menjual produk sejenis. Terlebih lagi semakin banyaknya penjual yang bermunculan di marketplace online.

Tenang, Anda tidak perlu patah semangat. Dengan mengimplementasikan strategi bisnis yang tepat, anda akan mampu bertahan. Tidak hanya meningkatkan penjualan, tapi anda harus juga meningkatkan keuntungan agar bisnis anda tetap terus beroperasi. Dalam artikel ini kami akan beberkan 5 strategi optimalkan keuntungan bisnis garment.

Pahami Kebutuhan Pelanggan Anda

Boss Pintar - Aplikasi absensi Online TerbaikBoleh boleh saja anda berkreasi atau berinovasi pada produk anda, dengan menganti model sesuai dengan tren. Tapi anda perlu ingat bahwa anda juga harus memproduksi produk yang sesuai dengan yang diinginkan pelanggan. Menyimpan produk yang tidak diingankan pasar hanya akan memenuhi gudang penyimpanan saja. Ini akan berdampak pada pemborosan finansial. Anda bisa memberikan diskon produk-produk yang tidak laku, namun anda akan mendapatkan keuntungan yang kecil nantinya.

Lihat data riwayat penjualan tahun lalu. Mana produk yang paling diminati pasar untuk referensi penjualan saat ini. Pada software akuntansi terbaik anda bisa menggunakan sistem manajemen inventaris pada fitur forecasting untuk memprediksi permintaan pada produk anda.

Bangun Ekuitas Merek Bisnis Anda

Pada artikelĀ 6 cara mengukur ekuitas merek produk anda telah kami jelaskan secara rinci mengukur kekuatan ekuitas merek anda. Selain kualitas produk, brand equity juga perlu ditingkatkan. Hal ini mengacu pada nilai tambah yang terlekat pada konsumen produk anda, meliputi Awareness (kesadaran), Perception (persepsi), serta Loyality (loyalitas). Untuk membangun brand equity anda perlu mengingat tujuan anda membangung bisnis garment anda. Ada beberapa pertanyaan yang bisa anda tanyakan pada diri anda:

  • Pesan apa yang ingin anda sampaikan kepada pelanggan anda melalui brand anda?
  • Hal apa yang ingin membuat pelanggan anda ingin tetap memilih produk anda?
  • Apa yang membuat brand anda unik?
  • Persepsi seperti apa yang anda tanamkan pada seseorang saat mendengar brand anda?

Tidak hanya memikirkan sesuatu hal yang unik, tapi juga harus bermakna. Buatlah koneksi pada pelanggan anda saat memakainya.

Baca Juga:

Kelola Cashflow Dengan Baik

Untuk meningkatkan keuntungan tidak cukup hanya mengandalkan penjualan. Anda harus mengecek arus keuangan bisnis anda secara teratur untuk memastikan bahwa pengeluaran biaya anda terkontrol agar tetap dapat keuntungan. Jangan biarkan biaya pengeluaran lebih tinggi dari pada penghasilan. Untuk mempermudah mengontrol keuangan perusahaan, anda bisa menggunakan software BIS Accounting System yang memiliki fitur-fitur yang lengkap akan membantu bisnis anda untuk berkembang pesat. Dengan software akuntansi terbaik ini anda bisa memproyeksi pendapatan dan pengeluaran dimasa depan, sehingga dapat mengendalikan pengeluaran dan mengalokasikan angaran dengan baik.

Terapkan Teknologi Retail Terkini

Saat ini anda tidak bisa terpisahkan dari teknologi. Dengan mengadaptasi teknologi akan membantu bisnis anda menyederhanakan proses dan mendapatkan visibilitas yang sangat lengkap secara menyeluruh, terutama sekali pada penjualan dan keuntungan. Teknologi akan mempermudah cara kerja anda, dengan sistem yang terintegrasi anda bisa melacak penjualan, pembelian, mengatur stok, serta cek laba-rugi yang sangat fleksibel.

Program Loyalty Yang Inovatif

Salah satu dari 5 strategi optimalkan keuntungan bisnis garment adalah program loyalty. Menjual produk ke pelanggan yang sudah pernah membeli jauh lebih mudah daripada menjual ke seseorang yang belum pernah beli. Karena inilah customer retention sangat penting, hal ini merupakan strategi mempertahankan pelanggan yang sangat efektif dengan menawarkan program loyalitas pelanggan.

Hampir semua bisnis menerapkan program loyalty kepelanggan mereka, jadi anda perlu berinovasi dalam membuat program loyalitas yang kreatif. Ada banyak cara yang bisa anda terapkan, salah satunya tier program dengan benefit sesuai dengan tingkat keanggotaan, memberikan poin ke pelanggan berdasarkan nilai pembelian mereka.

Bis Accounting System - Software Akuntansi terbaik di indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.