- Akuntansi

Tips Menghemat Biaya Pengiriman

Pengiriman barang produksi merupakan bagian terpenting dalam proses efisiensi biaya dengan tujuan meningkatkan daya saing. Jadi, seperti apakah proses pengiriman tersebut. Awalnya pengiriman barang disebut dengan shipping yaitu proses secara fisik dari pengiriman barang melalui jalur udara, laut, dan darat. Saat ini istilah tersebut mulai bergeser menjadi “delivery product” seiring dengan perkembangan digital.

Waktu Yang Tepat Untuk Menghemat Biaya Pengiriman Barang

Anda harus menghemat biaya pengiriman barang saat perusahaan yang ada jalankan masuk dalam beberapa kategori berikut ini.

1. Bisnis Yang Melayani Proses Kirim Antar Negara

Saat perusahaan anda melayani kondisi ini, gunakanlah jasa kurir internasional untuk pengiriman barang antar negara. Setiap kurir melayani pengiriman internasional, untuk mendapatkan biaya yang lebih murah, pastikan anda memilih pengiriman yang khusus melayani pengiriman internasional. Hal ini dikarenakan kurir internasional memiliki kantor perwakilan di banyak negara.

2. Bisnis Anda Memproses Pengiriman Skala Besar

Ketika anda memproses pengiriman skala besar maka anda wajib menggunakan jasa kargo logistik. Jasa kargo melayani pengiriman dalam jumlah minimal yang harus dipenuhi agar mendapatkan biaya termurah. Tentunya harga ini akan sangat berbeda dengan harga ecer atau retail.

Baca Juga:

Alasan Mengapa Anda Wajib Menekan Biaya Pengiriman Barang

Salah satu komponen anggaran yang paling penting adalah anggaran biaya pengiriman. Perusahaan harus dapat menentukan biaya ini karena:

  • Meningkatkan daya saing.
  • Memudahkan pemasaran produk.
  • Menambah profitabilitas perusahaan.
  • Memudahkan proses diversifikasi.

Cara Menghemat Biaya Pengiriman Barang

Ada 4 cara yang bisa anda pertimbangkan agar dapat menghemat biaya pengiriman.

  1. Negosiasi Dengan Penyedia Jasa Pengirirman
    Hampir setiap perusahaan jasa pengiriman memiliki jadwal penetapan harga berdasarkan pada volume. Semakin banyak barang yang anda kirim, maka akan semakin rendah biayanya.
  2. Gunakan Kemasan Yang Disediakan Kurir
    Manfaatkan kemasan yang telah disediakan oleh kurir untuk menekan biaya.
  3. Investasi Dalam Bentuk Kerjasama
    Beberapa jasa pengiriman global memberikan fitur kerja sama pengiriman prabayar. Biasanya anda akan mendapatkan potongan harga hingga 20%.
  4. Gunakan Asuransi Pihak Ketiga
    Jasa pengiriman akan menawarkan opsi tambahan asuransi dari setiap barang yang akan dikirim. Jika pengiriman berlangsung terus menerus, ada baiknya mencari alternatif untuk bekerja sama dengan penyedia asuransi yang khusus mengurusi pengiriman barang.

Bis Accounting System - Software Akuntansi terbaik di indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.