Tips Agar Faktur Penjualan
- Akuntansi

Tips Faktur Penjualan Dibayar Tepat Waktu

Untuk suatu bisnis, sangat penting untuk memastikan barang yang telah dijual di bayar tepat waktu. Jika pembayaran yang dilakukan pembeli terlambat atau sudah jauh melampaui jatuh tempo akan menyebabkan berbagai permasalahan, salah satunya terganggunya cashflow perusahaan, dan besarnya nilai overdue piutang yang akan menyebabkan besarnya bad debt.

Bagi anda menjalankan perusahaan pemasaran & distribusi mengetahui serta menelusuri sebab overdue sangat penting. Anda bisa meliah seberapa lancar pembayaran yang terjadi di saluran distribusi produk. Mayoritas penyebab buruknya hal tersebut adalah terganggunnya pembayaran pada saluran distribusi.

Tips Faktur Penjualan Dibayar Tepat Waktu

Ada beberapa tips yang bisa anda gunakan agar faktur penjualan dibayar tepat waktu oleh pembeli anda, berikut ini akan kami jelaskan secara lengkap:

Integrated System

Sistem administrasi yang terintegrasi sangat membantu perusahaan anda, dimana sistem tersebut dapat terhubung kesemua aktivitas utama, seperti utang-piutang, penjual, dan persediaan. Sistem yang terintegrasi dengan baik akan memberikan laporan yang jelas dan dapat memberi peringatan beberapa hari sebelum faktur penjualan jatuh tempo.

Baca Juga:

Credit Limit

Beberapa saluran distribusi seperti pareto yang pasti akan memiliki pelanggan dengan pembelian kredit yang variatif, yang berarti ada pelanggan dengan belanja kecil dan ada juga yang besar. Jika ada pelanggan yang melebihi pembelajaan diatas limit credit yang telah ditentukan, untuk mengatasi kredit macet anda bisa menerapkan batas kredit untuk setiap pelanggan.

On Time Payment

Anda bisa menerapkan pembayaran diawal beberapa persen untuk meminimalisir faktur penjualan telat pembayaran. Persentase bisa anda hitung dari interset cost yang terjadi, atau anda bisa memperhitungkan cashdisc dari supplier.

Sales Discount

Hampis sama dengan insentif, bedanya diskon diberikan saat melakukan transaksi pembayaran. Diskon berhubungan dengan term of payment, dan dengan strategi penjualan yang diterapkan. Diskon dapat berupa penjualan tunai, kemudian anda bisa terapkan untuk pelanggan yang melakukan pemesanan barang lengkap dengan pembayaran atau pre-order.

Penalty For Late Payment

Berbeda dengan insentif, ketika pelanggan membayar menyelesaikan kewajibannya tepat waktu atau lebih awal akan mendapatkan diskon. Penalty yang diberikan bisa berupa interest, atau pengurangan jatah kredit. Tetapi anda harus berhati-hati untuk penjualan berulang atau jangka panjang. Denda yang anda tetapkan harus relevan dan wajar.

Untuk mencatat semua aktivitas penjualan anda bisa menggunakan BIS Accounting System, sebagai software akuntansi terbaik yang memberikan banyak kemudahan bagi bisnis anda. Gunakan versi lite gratis, klik banner untuk informasi lebih lanjut.

Bis Accounting System - Software Akuntansi terbaik di indonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.