Tiga Level Manajemen Rantai Pasok Dalam Perusahaan
- Akuntansi

Tiga Level Manajemen Rantai Pasok Dalam Perusahaan

Manajemen rantai pasok adalah mengatur aliran barang dan jasa yang mencakup semua proses bahan mentah menjadi barang siap pakai. manajemen rantai pasok juga melibatkan aktivitas bisnis mulai dari penawaran pelanggan hingga menemukan produk yang kompetitif secara keseluruhan.

Manajemen rantai pasok merupakan upaya untuk mengembangkan dan menerapkan rantai pasokan yang efisien dan ekonomis. Rantai pasok mencakup setiap keputusan yang dibuat untuk produk atau layanan yang diberikan perusahaan kepada pelanggan. Memahami semua fase dan poin-poin yang mempengaruhi sistem yang diterapkan. Dalam artikel ini kami menjabarkan secara lengkap tiga level manajemen rantai pasok dalam perusahaan.

Baca Juga:

Tiga Level Manajemen Rantai Pasok Perusahaan

Strategi Perencanaan

Rantai pasok yang efektif dimulai dengan membuat keputusan jangka panjang. Level strategi akan meletakkan dasar dari seluruh proses rantai pasokan, dari awal hingga akhir, dan merupakan komponen penting dari manajemen ini. Keputusan strategi rantai pasok akan sering menjadi tahap pertama dalam mengembangkan proses yang menguntungkan. Strategi perencanaan dialamatkan pada permasalahan seperti memilih lokasi gudang/pabrik dan tujuan dari fasilitas, membuat jaringan pemasok, inovasi jangka panjang, dan banyak lagi

Manajemen Taktis

Fasilitas pabrik membuat keputusan jangan pendek yang melibatkan rantai pasok pada level taktis. Umumnya perencanaannya sering diambil ditempat, tapi prosesnya biasanya pada level taktis. Keputusan taktis mengambil peran besar dalam mengendalikan biaya dan meminimalisir resiko. Pada level ini, fokusnya pada permintaan konsumen dan mencapai nilai/hasil akhir yang terbaik. Beberapa masalah umum termasuk kontrak pengadaan bahan, jadwal produksi dan pedoman untuk memenuhi kualitas, solusi transportasi dan pergudangan, serta persediaan logistik.

Level Operasional

Level operasional merupakan yang paling jelas pekerjaannya. Proses produksi sehari-hari, membuat keputusan, dan merencanakan agar rantai pasok tetap terlaksana. Kesalahan terbesar perusahaan adalah terjun langsung ke manajemen operasional tanpa berfokus pada strategi dan level taktis. Beberapa aspek manajemen operasionalĀ  termasuk monitoring logistik, menyelesaikan kerusakan dan kerugian dengan pemasok.

Sangat penting untuk memahami tiga level ini. Dengan menggunakan Software Akuntansi Terbaik anda bisa dengan mudah mengontrol segala aktivitas gudang, mulai dari pencatatan barang masuk dan keluar, penjual, kontrak dengan pemasok, return controling dan banyak lagi. Dengan menggunakan software BIS Accounting System perusahaan anda akan lebih mudah dalam meningkatkan proses produksi dan operasional dalam bisnis anda. Coba gratis sekarang.

Bis Accounting System - Software Akuntansi terbaik di indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.