Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa
- Akuntansi

Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa

Siklus akuntansi perusahaan jasa tidak begitu berbeda dengan perusahaan perdagangan. Bedanya hanya pada proses kegiatan bisnis & produk yang dihasilkan berpengaruh pada lembar kerja yang dipakai oleh setiap perusahaan. Artikel ini akan membahas siklus akuntansi perusahaan secara lengkap yang bisa diimplementasikan pada perusahaan anda.

Diagram - Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa

Analisa Transaksi

Setiap transaksi perusahaan akan dicatat dalam dokumen atau bukti transaksi. Contoh dokumen sumber tersebut bisa ditemui diantaranya adalah kwitansi, faktur pembelian, faktur penjualan, kartu jam kerja, penerimaan kas dan lainnya.

Pembuatan Jurnal

Penjurnalan adalah penulisan jenis akun berserta jumlahnya dari bukti-bukti transaksi. Dari bukti transaksi tersebut lalu dicatat kedalam jurnal harian atau jurnal umum.

Baca Juga:

Posting Buku Besar

Posting buku besar adalah aktivitas memindahkan informasi akun beserta saldonya kedalam kolom khusus akun yang sejenis.

Jurnal Penyesuaian

Selanjutnya, penyusunan jurnal penyesuaian. Tahap ini dibuat saat terjadi transaksi yang berpengaruh pada akun-akun perusahaan, misalnya penyusutan peralatan, uang sewa yang belum dilunasi & sebagainya, dan biasanya akan muncul pada akun-akun baru.

Neraca Lajur

Pembuatan neraca lajur mengacu pada tahap sebelumnya yaitu nerca saldo & jurnal penyesuaian. Neraca lajur berisi informasi neraca saldo & jurnal penyesuaian akan menghasilkan informasi yang diperlukan dalam membuat laporan keuangan nantinya. Informasi tersebut diantaranya adalah laporan laba rugi & neraca.

Laporan Keuangan

Laporan keuangan merupakan tahap siklus akuntansi perusahaan jasa diantaranya laporan laba rugi, neraca dan laporan perubahan modal.

Jurnal Penutup

Akhirnya akun-akun perkiraan pada laporan perubahan modal & laporan laba rugi yang ada pada perusahaan jasa yang akan ditutup. Akun-akun tersebut diantaranya, akun pendapatan, biaya/beban, rugi laba & prive.

Jurnal Pembalik

Tahapan jurnal pembalik merupakan tahap pembalikkan beberapa akun yang telah ditutup untuk mengembalikan saldo. Akun perkiraan yang dibalik biasanya dalam pembayaran yang dibayar dimuka yang belum jatuh tempo.

Neraca Akhir/Awal

Neraca akhir dihasilkan pada akhir periode, neraca awal digunakan sebagai neraca awal pada siklus akuntansi periode berikutnya.

Dengan 10 siklus akuntansi perusahaan jasa yang harus dilakukan pada perusahaan jasa, anda bisa menggunakan software akuntansi terbaik untuk mempermudah pekerjaan akuntan di perusahaan anda.

Bis Accounting System - Software Akuntansi terbaik di indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.