- Akuntansi

Perbedaan Purchase Order dan Invoice

Di dunia bisnis, terutama yang bergerak dibidang perdagangan istilah purchase order (PO) dan invoices pasti sering terdengar. Tapi, realitanya banyak yang belum memahami perbedaan di antara keduanya. Walaupun yang tertera pada keduanya tidak berbeda jauh, tetapi PO dan invoice memiliki perbedaan yang harus anda ketahui.

Perbedaan Purchase Order dan Invoices

Purchase order adalah dokumen pemesanan barang yang dibuat oleh pembeli yang ditujukan ke pihak penjual. Umumnya, isi dari PO adalah mengenai detail barang yang akan dibeli, seperti nama barang, jumlah, warna, harga dan informasi lainnya.

Sedangkan invoice adalah dokumen yang dibuat oleh penjual yang ditujukan ke pembeli. Invoices berisi bukti pemesanan untuk menagih pembayaran kepada pembeli atas barang yang telah dipesan.

Persamaan Purchase Order dan Invoices

  • Invoice dan Purchase order sama-sama menjadi bukti pemesanan dan pembelian barang.
  • Kedua dokumen sangat penting yang terikat secara hukum karena berisi perjanjian atas pemesanan dan pembelian produk antara penjual dan pembeli.
  • Informasi yang tertera dikedua dokumen tersebut berisi daftar rincian pesanan, nomor telepon, nama perusahaan, dan harga produk yang telah disepakati.

Baca Juga:

Fungsi Purchase Order Invoice

Adapun fungsi PO diantaranya adalah:

Audit Keuangan

Selain sebagai catatan pengeluaran, PO bisa menjadi bukti kepada bank, auditor, dan lembaga perpajakan bahwa bisnis anda melakukan transaksi bisnis, disini sangat diperlukan manajemen keuangan yang baik.

Dokumen Yang Mengikat

PO dapat digunakan sebagai dokumen yang mengikat secara hukum antara penjual dan pembeli. Hal ini akan dijadikan saksi jika terjadi konflik antara pihak pembeli dan penjual, seperti kasus tidak dikirimnya barang.

Mengaman Ketersediaan Barang

Dengan PO, penjual akan memastikan ketersediaan barang yang dijualnya, lalu menyimpannya pada waktu yang ditentukan. PO sangat bermanfaat jika produk yang dipesan laku dipasaran.

Fungsi Invoice

Manfaat invoices, diantaranya adalah:

Mengelola Pembayaran

Fungsi invoice untuk melacak pembayaran karena menunjukan berapa banyak uang yang telah dikeluarkan dan tagihan apa saja yang harus dilunasi.

Menagih Pembayaran

Sebagai dokumen yang sah, invoice dapat digunakan untuk menagih pembayaran kepada pembeli. Dengan keberadaan invoice sangat bermanfaat karena berisi informasi lengkap mengenai pembayaran.

Bis Accounting System - Software Akuntansi terbaik di indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.