Di dunia bisnis, terutama yang bergerak dibidang perdagangan istilah purchase order (PO) dan invoices pasti sering terdengar. Tapi, realitanya banyak yang belum memahami perbedaan di antara keduanya. Walaupun yang tertera pada keduanya tidak berbeda jauh, tetapi PO dan invoice memiliki perbedaan yang harus anda ketahui.
Perbedaan Purchase Order dan Invoices
Purchase order adalah dokumen pemesanan barang yang dibuat oleh pembeli yang ditujukan ke pihak penjual. Umumnya, isi dari PO adalah mengenai detail barang yang akan dibeli, seperti nama barang, jumlah, warna, harga dan informasi lainnya.
Sedangkan invoice adalah dokumen yang dibuat oleh penjual yang ditujukan ke pembeli. Invoices berisi bukti pemesanan untuk menagih pembayaran kepada pembeli atas barang yang telah dipesan.
Persamaan Purchase Order dan Invoices
- Invoice dan Purchase order sama-sama menjadi bukti pemesanan dan pembelian barang.
- Kedua dokumen sangat penting yang terikat secara hukum karena berisi perjanjian atas pemesanan dan pembelian produk antara penjual dan pembeli.
- Informasi yang tertera dikedua dokumen tersebut berisi daftar rincian pesanan, nomor telepon, nama perusahaan, dan harga produk yang telah disepakati.
Baca Juga:
- Berhenti Sinis Kepada Karyawan Yang Pulang On Time
- 6 Langkah Mudah Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan
- Interview User & Interview HRD
- 5 Tips Optimalkan Manajemen Gudang
- Outsourcing Untuk Bisnis Anda
Fungsi Purchase Order Invoice
Adapun fungsi PO diantaranya adalah:
Audit Keuangan
Selain sebagai catatan pengeluaran, PO bisa menjadi bukti kepada bank, auditor, dan lembaga perpajakan bahwa bisnis anda melakukan transaksi bisnis, disini sangat diperlukan manajemen keuangan yang baik.
Dokumen Yang Mengikat
PO dapat digunakan sebagai dokumen yang mengikat secara hukum antara penjual dan pembeli. Hal ini akan dijadikan saksi jika terjadi konflik antara pihak pembeli dan penjual, seperti kasus tidak dikirimnya barang.
Mengaman Ketersediaan Barang
Dengan PO, penjual akan memastikan ketersediaan barang yang dijualnya, lalu menyimpannya pada waktu yang ditentukan. PO sangat bermanfaat jika produk yang dipesan laku dipasaran.
Fungsi Invoice
Manfaat invoices, diantaranya adalah:
Mengelola Pembayaran
Fungsi invoice untuk melacak pembayaran karena menunjukan berapa banyak uang yang telah dikeluarkan dan tagihan apa saja yang harus dilunasi.
Menagih Pembayaran
Sebagai dokumen yang sah, invoice dapat digunakan untuk menagih pembayaran kepada pembeli. Dengan keberadaan invoice sangat bermanfaat karena berisi informasi lengkap mengenai pembayaran.