- Akuntansi

Pentingnya Mencatat Keuangan Untuk Perkembangan Bisnis Anda

Dalam sebuah bisnis skala besar ataupun kecil, pembukuan merupakan hal yang terpenting yang harus anda lakukan. Sebagai proses yang mengacu pada kegiatan pengorganisasian dan penyimpanan dokumen keuangan, salah satunya laporan keuangan usaha.

Untuk mengembangkan bisnis ada banyak hal yang bisa anda lakukan pada perusahaan anda, seperti mulai meningkatkan kualitas produk, meningkatkan kuantitas produk, kampanye iklan dan promosi, dan lainnya. Pencatatan keuangan salah satunya yang bisa membantu perusahaan anda berkembang pesat. Dengan penyusunan catatan keuangan yang sistematis, pengusaha akan dimudahkan dengannya.

Jenis-Jenis Pencatatan Yang Perlu Dilakukan Perusahaan

Ada beberapa jenis pencatatan keuangan, diantaranya:

1. Catatan Pengeluaran

Anda harus membuat buku terpisah yang dipergunakan secara khusus dalam pencatatan aktivitas pengeluaran. Seperti biaya pembelian bahan baku, operasional, dan gaji karyawan. Biasanya, ada 2 pembagian biaya pengeluaran, yaitu biaya langsung dan biaya tidak langsung.

Baca Juga:

2. Catatan Pemasukan

Catatan pemasukan dilakukan untuk mencatan seluruh pemasukan yang diperoleh dari penjualan jasa dan produk. Pencatatan harus dilakukan dengan benar dan jelas. Anda bisa menyimpan berbagai bukti transaksi seperti invoices, kwitansi, dan bon.

3. Mengetahui Kondisi Finansial

Anda dapat membandingkan kondisi finansial dari bulan kebulan atau dari tahun ketahun. Jika kondisi keuangan anda berstatus negatif maka harus ada penyesuaian biaya-biaya pengeluaran.

4. Efisiensi Penggunaan Biaya

Dengan mengukur tingkat efisiensi pengeluaran biaya perusahaan anda dapat menjadikannya sebagai alat untuk memutuskan sesuatu.

5. Mempermudah Proses Pelaporan Pajak

Sebagai pebisnis, anda harus melaporkan hasil pajak perusahaan anda. Jika pencatatan aktivitas pemasukan dan pengeluaran anda buruk, tentunya akan menghasilkan pelaporan hasil pajak yang tidak sesuai dan hal tersebut akan merugikan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.