Komponen Dan Manfaat Faktur Pembelian Bagi Perusahaan
- Akuntansi

Komponen Dan Manfaat Faktur Pembelian Bagi Perusahaan

Faktur pembelian dalam istilah akuntansi adalah komponen yang sangat penting. Dalam pencatatan atau pembukuan bukti transaksi merupakan bagian dasar bagi akuntan. Terdapat banyak sekali bukti transaksi, faktur pembelian merupakan salah satunya. Tetapi masih ada beberapa akuntan yang belum paham betul mengenai perihal faktur ini. Terlebih lagi bagi orang-orang yang bukan praktisi keuangan. Dalam aktivitas bisnis bukti-bukti transaksi  merupakan sesuatu yang sering dilihat bahkan sesuatu yang rutin. Namun, apakan anda sudah mengetahui secara mendalam tentang faktur ini? Untuk lebih memahaminya, kami akan membahas secara lengkap dalam tulisan ini.

Pengertian Faktur Pembelian

Purchase Invoices adalah faktur/invoice yang diterima pembeli atau konsumen dari penjual/supplier dalam aktivitas perdagangan dan jasa. Faktur pembelian juga merupakan istilah untuk faktur penjualan dimana barang atau jasa yang dibeli telah diterima. Jadi, sebenarnya kedua faktur ini adalah sebuah komponen yang sama tetapi berbeda sudut pandangnya saja.

Untuk lebih jelasnya, kami paparkan dalam ilustrasi berikut ini:

Boss Pintar - Aplikasi absensi Online Terbaik

Awalnya perusahaan anda sebagai konsumen atau pembeli yang harus membuat pesanan pembelian (purchase order) sewaktu akan membelibarang atau jasa yang diserahkan kepada penjual/supplier. Lalu penjual akan menyiapkan pesanan dan faktur penjualan. Saat barang/jasa pesanan diterima oleh pihak anda sebagai pembeli, maka saat itu juga anda menerima faktur penjualan yang berisi tagihan pembayaran. Kemudian faktur penjualan inilah yang anda akui sebagai faktur pembelian, umumnya anda kenal yaitu nota.

Benefit Faktur Pembelian

Banyak manfaat dan kegunaan memiliki purchase invoices maka sebaiknya jangan langsung dibuang saat setelah anda berbelanja. Berikut 5 kegunaan/manfaatnya :

  1. Sebagai bukti fisik bahwa barang dan jasa yang dibeli sesuai keinginan pembeli.
  2. Jadi bukti yang sah saat melakukan klaim dari konsumen kepada penjual jika barang yang diberikan tidak sesuai pesanan.
  3. Sebagai dokumen yang sah untuk dicatat kedalam pembukaan akuntansi (Ledger).
  4. Menjadi bukti informasi nilai tagihan pembayaran yang harus dilunasi pembeli (konsumen)
  5. Sebagai dokumen yang bisa menunjukan kuantitas persediaan barang setelah dilakukan pembelian, dsb.

Baca Juga:

Komponen – Komponen

Karena kedua faktur penjual dan pembelian tidak berbeda, maka isinya sama. Adapun komponennya berisi sebagai berikut:

  1. Nama perusahaan atau identitas penjual, meliputi:
    • Nama
    • Logo
    • Alamat Perusahaan
  2. Nama pembeli (konsumen) yang melakukan transaksi lengkap dengan alamatnya.
  3. Nomor seri atau nomor transaksi (serial number).
  4. Tanggal faktur.
  5. Detail Transaksi.
  6. Nominal yang dibayar, nominal ini mencakup:
    • Sub total.
    • PPn yang harus dibayar konsumen.
  7. Nama dan tanda tangan kasir serta nama dan tanda tangan konsumen.  Sebagai bukti bahwa transaksi telah dilakukan atas persetujuan kedua belah pihak.

Perlakuan Pada Perpajakan

Anda juga harus mengetahui bahwa faktur pembelian bukanlah faktur pajak. Oleh sebab itu faktur pembelian tidak bisa dimasukkan dalam e-Faktur. Tapi, bukan berarti tidak penting menyimpan dan mencatatnyan. Hal ini karena “faktur pajak masukan” dibuat berdasarkan dokumen ini. Bagi Pengusaha Kena Pajak (PKP) faktur ini merupakan dokumen pendukung dalam membuat faktur pajak masukan.

Sebagai dokumen pendukung faktur pembelian dan e-Faktur tidak berhubungan secara langsung, namun berperan penting dalam sistem dokumentasi PKP. Karena Direktorat Jendral Pajak (DJP) melakukan pemeriksaan terhadap faktur pajak masukan, maka PKP dapat mengeluarkan dokumen pendukung salah satunya faktur ini.

BIS Accounting System sebagai software akuntansi terbaik memiliki berbagai macam fitur yang bermanfaat bagi perusahaan anda salah satunya membuat faktur pembelian menjadi lebih mudah dan efisien. Coba gratis sekarang dan rasakan manfaatnya. Ingin mencoba klik banner dibawah ini.

Bis Accounting System - Software Akuntansi terbaik di indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.