- Akuntansi

Kegunaan ERP Bagi Bisnis

ERP (Enterprise Resource Planning) adalah software yang berfungsi untuk memanage dan mengintegrasikan semua aktivitas operasional suatu perusahaan. Fungsi lain dari software ERP adalah pengelolaan keuangan, pengadaan, produksi, SDM, manajemen proyek, dan lain-lain. Dengan sistem informasi realtime dan akurat, membantu perusahaan membuat keputusan bisnis dengan baik.

Sejarah Singkat Perkembangan ERP

Awal penggunaan istilah ERP pada tahun 1990 oleh Gartner Group, tetapi konsepnya suda ada sejak tahun 1960-an. Pada awalnya konsep ERP hanya diterapkan pada manajemen inventaris dan kontrol di sektor manufaktur. Di tahun 1970-an ERP berevolusi mejadi Material Requirements Planning (MRP) dengan fungsi menjadwal proses produksi.

Seiring dengan munculnya permasalahan komputer Y2K dan terbitnya mata uang EURO, banyak perusahaan bergegas memperbarui sistem yang mereka miliki. Tidak sedikit yang hijrah dengan mengadopsi solusi ERP. Kemudian, berdirilah NetSuite pada tahun 1998, dengan tujuan menciptakan sistem yang dapat digunakan seluruh perusahaan dan dapat dioperasikan melalui jaringan internet.

Gartner Group pada tahun 2000-an kembali mengembangkan ERP dengan merilis ERP II. ERP II adalah ERP pertama yang berbasis Cloud yang memberikan fleksibilitas tingkat tinggi, karena dapat melampaui batas wilayah dan waktu.

Indrustri yang Menggunakan ERP

Awalnya ERP dirancang untuk industri manufaktur, namun saat ini software ERP telah dapat digunakan ke berbagai sektor industri lain, seperti ritel, grosir, real estate, kesehatan, pendidikan, jasa, dan bahkan untuk instansi pemerintahan.

Setiap organisasi bisnis atau non-profit pasti akan mengelola karyawan atau anggotanya, membeli barang atau jasa, menjual atau mendistribusikan barang, serta pencatatan keuangan.

Baca Juga:

Kegunaan ERP bagi Perusahaan Anda

Ada beberapa kegunaan dari ERP yang bermanfaat bagi bisnis anda, diantaranya:

1. Mengoptimalkan Efisiensi

Fungsi ERP adalah untuk menyerdahanakan aktivitas operasional suatu perusahaan yang memakan banyak waktu dan tenaga. Tugas-tugas seperti pengecekan inventaris, penggajian, pembuatan laporan keuangan, pembagian tugas karyawan, semua dapat dilakukan secara otomatis. Semua lini manajemen dapat mengakses data dengan cepat, hal ini sangat penting untuk dapat membuat keputusan bisnis. Seluruh data yang diperlukan dapat dihasilkan secara realtime.

2. Menghemat Biaya Operasional

Selain mencapai efisiensi operasional ERP juga membantu dalam penghemata biaya operasional. Karena beberapa aktivitas operasional dijalankan secara otomatis. Banyak pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat sehingga mengurangi lead time. Selain itu, perusahaan juga akan mengurangi biaya tenaga kerja.

3. Meningkatkan Keamanan Data

Dengan kontrol pembatasan hak akses dapat mengcegah pelanggaran data. Data tersimpan secara terpusat, sehingga dapat dimonitori dengan keamanan tingkat tinggi. ERP dapat memberikan hak akses sesuai dengan jabatannya masing-masing.

4. Membuat Prakiraan Bisnis Yang Tepat

Prakiran atau forecast dapat dilakukan dengan akurat. Para pimpinan perusahaan membutuhkan laporan yang tepat dan akurat untuk membuat keputusan bisnis. Dengan ERP memberikan semua fasilitas yang dibutuhkan untuk dapat memperkirakan bisnis untuk masa mendatang.

5. Meningkatkan Kolaborasi

Kolaborasi antar departemen adalah bagian terpenting dalam sebuah perusahaan. Solusi ERP menghilangkan semua penghalang yang memperlambat proses kerja di perusahaan. ERP yang berbasis Cloud dapat memperluas kolaborasi antar tim dari seluruh cabang perusahaan melalui platform internet.

Bis Accounting System - Software Akuntansi terbaik di indonesia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.