Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Meningkatnya pertumbuhan pelaku usaha di indonesia memang semakin pesat pada tahun ini. Hal tersebut terlihat dari banyaknya UMKM dan perusahaan baru yang bermunculan, serta pertumbuhan bisnis ataupun usaha perorangan yang tidak dapat dianggap remeh dalam mendukung pertumbuhan ekonomi indonesia.

Dengan semakin banyaknya pelaku usaha, pasti dapat membuat dampak positif terhadap perkembangan ekonomi indonesia. Namun karena hal ini juga, para pengusaha ataupun pelaku bisnis harus benar-benar pintar mengelola bisnisnya. Persaingan bisnis yang kini semakin ketat, mengharuskan pengusaha untuk tidak melupakan sekecil apapun indikator pergerakan bisnis. Salah satunya adalah menyiapkan laporan keuangan, laporan ini sangat penting bagi perusahaan untuk menjadi landasan dalam membuat strategi usaha berikutnya. Walaupun hanya sekedar laporan, namun laporan keuangan ini bisa menjadi penentu kesuksesan anda. Jika laporan keuangan tidak dikelola dengan baik, dapat membuat perusahaan anda merugi bahkan menjadi bangkrut.

Baca juga : Aplikasi Absensi karyawan dengan teknologi GPS di Android

Laporan keuangan dapat menjadi salah satu bukti dari apa yang telah perusahaan lakukan sebelumnya, selain itu laporan juga mampu menjadi acuan untuk menerapkan strategi bisnis berikutnya. Laporan keuangan tidak boleh ada kesalahan sedikitpun, jika anda tidak ingin merugi.

Ini Cara Terbaik Membuat Laporan Keuangan Yang Tepat

Sebuah laporan keuangan dapat diibaratkan seperti mobil, dialah yang terus berjalan membawa penumpang ke tempat tujuan. Namun bagaimana jika ban mobil tersebut berlubang ? atau ada beberapa bagian dalam mesin yang hilang ? Pastinya mobil tersebut tidak akan dapat membantu anda ke tempat tujuan. Begitu pula pada laporan keuangan anda. Jika didalam laporan keuangan terdapat bagian yang hilang ataupun ada kebocoran yang tidak diperdulikan, maka laporan tersebut akan membuat perusahaan anda tidak mencapai keuntungan yang telah ditentukan.

Baca juga : 5 Alasan Laporan Stok Barang Penting Bagi UMKM

Lantas yang akan menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara menyusun laporan keuangan yang baik agar tidak terjadi kebocoran dan kesalahan yang dapat merugikan perusahaan ? Laporan keuangan memang harus disusun sebaik mungkin, agar dapat mencerminkan setiap penilaian kerja atau value dari sebuah perusahaan. Kemudian anda pasti juga akan bertanya tentang bagaimana menilai value dari sebuah perusahaan yang sedang berjalan ? Apakah perusahaan startup atau rintisan dan perusahaan yang telah sama berjalan memiliki sistem penilaian yang sama ? Lalu bagaimana mengetahui apakah laporan keuangan anda telah mempengaruhi kenaikan keuntungan perusahaan ? atau justru telah merugikan perusahaan ?

Mpssoft selaku perusahaan pemberi solusi pengembangan aplikasi untuk proses bisnis perusahaan di indonesia, akan memberikan anda sedikit pengetahuan dalam memahami mana laporan keuangan yang dapat memberi keuntungan perusahaan dan mana yang akan memberikan kerugian bagi perusahaan.

Baca juga : Software Stok Barang dan Inventory Terbaik Di Indonesia

Cara terbaik dan termudah untuk membuat laporan keuangan yang tepat

  1. Susunlah data keuangan dengan rapi dan berdasarkan dengan data sebenarnya.
  2. Pastikan lembaran kertas telah anda persiapkan untuk membuat laporan keuangan.
  3. Pastikan anda menerapkan aturan yang telah ada seperti Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) dalam menghitung dan mengkalkulasi data keuangan.
  4. Didalam laporan keuangan harus ada beberapa laporan yang tidak boleh dilupakan seperti laporan neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan modal dan laporan arus kas.
  5. Jangan lupa untuk menghitung setiap harta yang dimiliki perusahaan (Harta lancar & Harta Tetap) serta semua hutang dan modal perusahaan ketika membuat sebuah neraca.
  6. Dalam membuat laporan laba rugi, hitung semua arus keluar masuk keuangan perusahaan pada periode waktu tertentu.
  7. Jangan lupa menghitung berapa banyak modal yang ada sejak awal bisnis, lalu tambahkan dengan hasil laporan laba rugi ketika membuat laporan perubahan modal.
  8. Penting juga untuk menghitung dan mengkatagorikan setiap kegiatan yang ada, berdasarkan jenis aktivitasnya saat membuat laporan arus kas.
  9. Dan terakhir, pastikan ada orang yang dapat bertanggungjawab dalam menjaga relevansi hasil laporan keuangan.

Nah itulah carSoftware Akuntansi Terbaika untuk membuat laporan keuangan yang tepat dan benar, cara diatas banyak diterapkan oleh perusahaan di Indonsia. Namun sayangnya, cara ini akan menghabiskan banyak waktu anda, karena masih dikerjakan dengan cara manual. Seiring dengan perkembangan teknologi dunia keuangan, kini anda dapat membuat laporan keuangan yang sangat minim kebocoran dengan aplikasi pembuat laporan keuangan.

Software akuntansi merupakan aplikasi yang dibuat untuk membuat laporan keuangan secara automatis dengan menerapkan segala aturan perakuntansian seperti Standar Akuntansi Keuangan (SAK). Melalui software akuntansi, data keuangan akan dihitung oleh sistem perhitungan automatis yang telah memiliki siklus akuntansi terangkum. Sehingga mengurangi kebocoran oleh tangan – tangan “jahil” ataupun kesalahan perhitungan. Software akuntansi lebih akurat dibandingkan dengan menggunakan excel apalagi perhitungan manual, sehingga tidak perlu lagi ada pengecekan berulang yang menghabiskan waktu anda. Biasanya para pengusaha yang mementingkan kualitas dan efisiensi, pasti akan menggunakan software akuntansi dalam memproses laporan keuangan perusahaanya.

BIS Accounting System menjadi salah satu software akuntansi terbaik yang dapat dihandalkan dalam membuat laporan keuangan. BIS sendiri meruapkan kepanjangan dari Business Integrated System yang memiliki arti bahwa software ini tidak hanya sekedar untuk perhitungan keuangan saja, namun juga dapat terintegrasi dengan bisnis anda baik dalam perhitungan stok, hutang piutang, laba rugi dan lain-lain. Bahkan software akuntansi ini dapat di integrasikan langsung dengan aplikasi salah satu software HR & Payroll terbaik yang telah anda ketahui dan aplikasi penjualan Jingga POS (Point Of Sale).

Anda bisa mencoba menggunakan BIS Accounting System untuk membuat laporan keuangan secara gratis dengan mendownloadnya melalui banner dibawah ini. Menurut kami, dengan menggunakan software akuntansi terbaik ini adalah cara yang lebih baik dalam membuat laporan keuangan yang tepat untuk anda.

 

Bis Accounting System - Software Akuntansi terbaik di indonesia


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>