Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Tak terasa ditahun 2018 ini bulan ramadhan akan segera datang. Menjelang datangnya bulan ramadhan tentu ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menghadapi bulan suci ramadhan mulai dari kekuatan fisik serta mental yang kuat agar mampu menjalani ibadah puasa dengan baik. Tidak hanya itu saja, anda juga harus mampu mempersiapkan dan menjaga keuangan selama bulan ramadhan. Seperti yang kita ketahui selama ini, saat bulan ramadhan datang, pengeluaran pun akan semakin membengkak. Meskipun menahan lapar dan tidak makan saat berpuasa, tetapi pengeluaran akan membengkak karena biaya yang dikeluarkan untuk berbuka puasa tidak sedikit. Untuk itu anda harus mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik sebelum menyambut bulan ramadhan. Berikut adalah ulasannya.

Membuat rencana keuangan

Sebelum memasuki bulan ramadhan, pastikan kamu membuat rancangan keuangan dengan baik. Buatlah daftar yang jelas untuk menentukan prioritas dalam manajemen keuangan. Sisakan uang anda untuk makan sahur dan berbuka puasa. Tetapkan anggaran yang masuk akal, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Pastikan juga anda membuat rencana keuangan untuk menghadapi hari Raya Idul Fitri, seperti keperluan untuk membeli baju baru atau barang-barang baru untuk sanak keluarga. Tidak lupa juga sisihkan uang anda untuk beramal dengan bersedekah. Pastikan rencana keuangan yang anda buat berjalan dengan baik.

Baca juga: Catat! Ini Jadwal Lengkap Libur Nasional Dan Cuti Bersama 2018

Pisahkan pengeluaran

Seperti yang diketahui bersama, ketika bulan ramadhan datang, harga bahan pokok yang biasanya murah akan naik harga. Tentu saja pengeluaran yang digunakan untuk keperluan seperti biasa akan jauh meningkat. Ditambah lagi pengeluaran untuk memberikan THR kepada sanak keluarga, memberi pakaian baru dan mudik. Pengeluaran untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri harus anda persiapkan dengan matang. Pastikan anda telah menghitung pengeluaran dengan matang agar keuangan di bulan ramadhan dapat berjalan dengan lancar.

Catat pengeluaran harian

Ini sangat penting bagi anda yang ingin dapat mengelola keuangan dengan benar, baik itu di bulan ramadhan maupun bulan-bulan biasanya. Untuk dapat mengelola keuangan dengan baik, salah satu hal yang perlu anda lakukan adalah mencatat pengeluaran harian. Hal ini sangat penting agar anda dapat mengetahui kemana saja uang yang anda habiskan dalam satu hari. Selain itu dengan mencatat pengeluaran harian anda dapat menjadi pengigat bagi anda untuk mengelola keuangan dan menghemat pengeluaran hanya untuk hal penting saja.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung THR Karyawan? Berikut Rumusnya!

Jangan terlalu sering berbuka diluar

Salah satu penyebab borosnya pengeluaran di bulan ramadhan adalah karena besarnya pengeluaran saat berbuka puasa. Hal ini karena biasanya pada saat bulan ramadhan, akan sering sekali rekan maupun keluarga yang mengajak anda untuk berbuka bersama direstoran atau tempat makan yang memiliki makanan dengan harga yang lumayan. Tentu akan sangat menyenangkan jika dapat berkumpul bersama dengan rekan maupun keluarga saat berbuka bersama, tetapi jika sering dilakukan akan membuat kantong anda menjadi terkuras. Untuk itu jangan terlalu sering berbuka puasa diluar kecuali jika memang menurut anda kemampuan uang anda masih cukup untuk menutupi segala keperluan dibulan ramadhan.

Jangan boros berbelanja

Kebanyakan orang akan berbelanja baju baru ketika memasuki bulan ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Memang tidak ada salahnya untuk berbelanja pakaian baru saat akan menyambut hari raya yang suci, tetapi anda tetap perlu memperhatikan pengeluaran untuk membeli pakaian tersebut. Jangan sampai diri anda terpengaruh ketika melihat banyaknya promo dan diskon yang ada di Mall. Kendalikan dan tahan diri anda ketika akan berbelanja pakaian, pastikan anda hanya membeli pakaian yang benar-benar anda butuhkan.

Baca juga: Wow !! Raih Peluang Usaha Dari 5 Menu Berbuka Puasa ini

Komitmen dalam manajemen keuangan

Semua tips diatas tidak akan berhasil jika tanpa komitmen yang besar pada diri anda. Untuk itu anda harus memiliki komitmen yang teguh agar rencana anda dalam manajemen keuangan berjalan dengan baik. Dengan begitu, segala pengeluaran dan pemasukan dapat di manajemen dengan baik.

Sumber: cermati.com

APS HRD SYSTEM - SOFTWARE HR & PAYROLL TERBAIK


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.