10 Cara Terbaik Membangun Sistem Manajemen Gudang
Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Ini merupakan bagian kedua dari artikel sebelumnya yang berjudul 9 Cara Terbaik Membangun Sistem Manajemen Gudang (Part 1). Pada artikel ini akan dijelaskan point ke-5 hingga ke-9, dalam menerapkan sistem manajemen gudang yang baik dan benar. Seperti yang telah dijelaskan pada paragraf terakhir artikel sebelumnya, jika salah satu point penting yang akan di bahas pada artikel ini adalah cara penerapan software stok barang dan inventory atau juga sering disebut software pergudangan.

Agar tidak memperpanjang lebar topik pembicaraan, mari kita langsung saja fokus pada 9 Cara Terbaik Membangun Sistem Manajemen Gudang (Part 2) di bawah ini, silahkan dibaca :

5. Pahami karekteristik barang persediaan di dalam gudang

Sebelum menyimpan produk kedalam stok persediaan di dalam gudang, anda harus memahami bagaimana karakteristik dari produk tersebut. Anda harus tau apa kelebihannya dalam sisi penyimpanan ataupun masalah-masalah yang bisa terjadi saat dalam masa penyimpanan. Dengan mengetahui karakteristik dari barang yang ada di dalam gudang, anda dapat mengetahui pula bagaimana cara penyimpanan yang baik dan benar.

Baca juga : 6 Langkah Jitu Perusahaan Menjadi Paperless Office

Anda tidak dapat menyamakan setiap barang yang ada di dalam gudang untuk proses penyimpananya. Karena bisa saja beda produk beda pula karakteristiknya dan akhirnya mempengaruhi cara penyimpanannya. Contoh : Jika barang yang disimpan adalah produk makanan, maka anda harus mendata masa kadarluasanya. Pastikan produk telah terjual sebelum masa kadarluasa tiba. Selain itu anda juga harus memahami, apakah barang yang disimpan muda pecah atau tidak. Bahkan ada beberapa produk yang sangat sensitif dengan kelembabpan dan suhu ruangan di gudang.

Dengan memahami karakteristik tersebut nantinya anda dapat membuat strategi penyimpanan yang baik. Dan pada akhirnya, dapat menyelamatkan perusahaan anda dari kerugian karena salah dalam menerapkan sistem manajemen gudang.

 

6.Atur tata letak persediaan barang

Setelah memahami karakteristik dari produk yang akan disimpan, kini selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengatur sistem tata letak persediaan barang. Ada banyak model layout atau tata letak pergudangan yang dapat anda coba, semua tergantung jenis produk yang anda punya. Apapun model tata letak persediaan barang di gudang anda, hal utama yang harus dilakukan adalah pastikan barang yang pertama masuk menjadi barang yang pertama keluar. Sistem ini sering juga disebut dengan first in first out (FIFO).

Baca juga : Wow Pekerja JICT Merupakan Pekerja Dengan Gaji Tertinggi Di dunia

Sistem FIFO akan membuat anda terhindar dari masalah barang yang kadarluasa, barang rusak karena pengaruh usia penyimpanan dll. Selain itu anda juga harus memperhatikan pola penyimpanan, jika produk anda memiliki baragam jenis, ada baiknya anda membuat kode number untuk mengkatagorikan produk, sehingga barang yang memiliki katagori yang sama dapat disimpan dalam satu area gudang yang sama juga. Dan terakhir anda juga harus mamperhatikan barang yang mudah pecah ataupun rusak akibat tekanan, pastikan barang-barang yang disimpan bertingkat dan saling tertimpa bukanlah produk yang mudah pecah.

 

7.Pembuatan sistem autorisasi

Salah satu “penyakit” dalam gudang adalah seringnya terjadi kehilangan barang yang telah disimpan. Parahnya lagi, anda tidak dapat menemukan siapa yang mencuri barang tersebut. Hal ini terjadi karena tidak adanya autorisasi yang jelas dalam mengakses kedalam gudang dan keluar masuknya barang.

Baca juga : Tips Cara Mencari Kandidat Karyawan Melalui LinkedIn

Sebaiknnya dari sekarang anda harus membatasi akses kedalam gudang, tentukan siapa saja yang dapat masuk dan keluar. Buat juga penanggung jawab setiap blok gudang dan penjadwalan kapan barang akan masuk dan keluar. Jika ada orang non-staf gudang yang akan masuk untuk keperluan penting, seperti teknisi yang sedang memperbaiki kelistrikan gudang dll, pastikan mereka telah melakukan check in izin masuk dahulu ke penanggung jawab gudang. Dengan menerapkan sistem autorasi yang baik, akan mengurangi tragedi pencurian dan walaupun tetap terjadi pencurian, minimal anda dapat mengetahui siapa pencurinya.

 

8.Pembuatan sistem keamanan tambahan

Untuk mendukung sistem autorisasi, anda dapat membuat sistem keamanan tambahan dalam perusahaan. Sistem keamanan tambahan lainnya bisa berupa CCTV, mesin akses kontrol pintu, alarm pemindai barang keluar dan lain-lain.  Jika ada orang yang terekam dalam CCTV sedang mengambil barang tidak di jam keluar barang, maka bisa jadi ini merupakan tindakan pencurian.  Mesin akses kontrol pintu sendiri dapat di manfaatkan agar orang yang tidak memiliki hak akses maupun kartu akses, tidak dapat masuk kedalam gudang. Sedangkan alarm pemindai barang itu serupa dengan alarm yang ada di mall untuk memindai adanya barang yang dicuri.

 

9.Penerapan software stok barang atau inventory dalam sistem pergudangan

Nah dengan menggunakan software stok barang, anda dapat menjalankan cara terbaik sistem manajemen gudang yang telah dijelaskan tadi tanpa harus melakukannya secara konveksional ataupun manual. Dengan software stok barang anda juga bisa mengelola retur jual beli, sms invoice, sistem laporan pergudangan dll, semuanya dapat dilakukan secara automatis dan lebih praktis. Untuk info lebih lengkap tentang detail fitur-fitur dan software stok barang apa yang cocok untuk anda, silahkan baca pada artikel kami yang berjudul Software Stok Barang dan Inventory Terbaik Di Indonesia.

 

Nah cukup sekian pembahasan kami tentang sistem manajemen gudang, semoga dapat diperaktekan dalam sistem gudang anda. Kami berharap  dapat memberikan dampak yang baik bagi perusahaan anda. Jika perusahaan anda sedang ingin menambahkan penerapan teknologi dan sistem informasi untuk menjalankan perusahaan ataupun bisnis anda, Jangan lupa untuk menghubungi MPSSOFT yang memiliki naungan badan hukum PT Mitra Pasifik Solusindo. Kami adalah partner solusi teknologi bisnis anda.


Share untuk berbagi kebermanfaatan
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>