7 Cara Optimalisasi Biaya Operasional Bisnis Retail
- Akuntansi

7 Cara Optimalisasi Biaya Operasional Bisnis Retail

Menjalankan usaha atau bisnis retail memerlukan biaya operasional yang cukup besar. Agar bisnis anda tetap beroperasi, anda harus mengeluarkan biaya, sewa tempat/gudang, inventaris, maintanance, gaji staf, periklanan, dan lain-lain. Agar biaya operasional yang anda keluarkan efektif dan efisien anda harus bisa mengoptimalisasikannya dengan baik. Ada beberapa cara yang bisa anda implementasikan agar biaya menjadi optimal tanpa harus mengorbankan kualitas dan kuantitas produk yang anda jual-belikan. Dalam artikel ini kami jelaskan 7 cara optimalisasi biaya operasional bisnis retail anda.

Potong Biaya Operasional Yang Tidak Perlu

Pemenuhan inventaris merupakan instrumen operasional yang paling banyak menghabiskan uang. Sebagai upaya penghematan biaya inventaris, Anda bisa mengecek keuntungan yang perusahaan hasilkan dari produk dengan membandingkan biaya pengeluaran inventaris tersebut.

Anda akan mengetahui barang mana yang menghasilkan profit dan barang mana yang tidak memberikan keuntungan. Anda bisa menjual kembali inventaris yang tidak terpakai tersebut.

Sewakan Ruang Kosong Gudang Anda

Mungkin ada ruangan kosong yang tidak terpakai di dalam gudang anda. Ruangan kosong tersebut mungkin akan membantu anda membayar biaya pengeluaran bulanan anda. Anda bisa menyewakan ruangan kosong tersebut ke perusahaan lain.

Cara ini bisa menghemat dan mengoptimalkan pengeluaran biaya perusahaan anda secara signifikan. Jangan biarkan ruangan tersebut kosong tak terpakai, pertimbangkan untuk disewakan kembali.

Baca Juga:

Mengurangi Biaya Pengepakan Barang

Anda menjalankan bisnis e-Commerce yang harus mengirimkan orderan, maka ada biaya tambahan yang anda harus keluarkan yaitu biaya pengepakan. Anda bisa membuat pengepakan yang lebih sederhana, anda bisa mengurangi ukuran kotak atau kardus yang digunakan untuk membungkus.

Manajemen Rantai Pasok Yang Lebih Baik

Mengatur alur masuknya bahan baku serta bahan jadi dengan baik merupakan solusi mengurangi biaya operasional sebuah perusahaan. Buat kesepakatan yang lebih baik dengan para pemasok anda.

Pertimbangkan alur distribusi yang lebih ringkas, karena hal ini akan membuat profit perusahaan meningkat, serta produktivitas akan meningkat juga.

Outsourcing

Biaya gaji, insentif, asuransi untuk para karyawan merupakan biaya yang cukup besar. Anda bisa menguranginya dengan melakukan outsourcing untuk sebagian pekerja anda. Pekerja outsource akan sangat berguna pada saat saat tertentu dan ini akan membantu andan memotong biaya manajemen karyawan.

Offline to Online

Membuka toko online atau website e-commerce bisa mengurangi biaya operasional perusahaan anda dan akan meningkatkan penjualan anda. Dengan menggabungkan toko fisik dan toko online, anda dapat menghemat penggunaan area di toko anda. Ini memungkinkan anda untuk menyewakan area tersebut. Dan apabila anda tidak mau membayar kontrakan toko, anda masih bisa menjual sepenuhnya di website ecommere anda.

Otomatisasi

Salah satu cara dari 7 cara optimalisasi biaya operasional bisnis retail yang efektif lainnya adalah dengan menggunakan solusi otomatisasi bisnis retail anda. Walaupun memerlukan biaya modal di awal, namun solusi ini yang paling ampuh dalam menghemat biaya biaya operasional bisnis retail.

Anda bisa menggunakan aplikasi crm, software akuntansi terbaik, software ERP. Dengan menggunakan aplikasi pendukung perusahaan akan menghemat pengeluaran yang signifikan. Pada aplikasi BIS Accounting system, anda bisa mendata informasi keluar masuknya barang dengan mudah dan terotomatisasi. Penerapan strategi juga akan berdampak positif bagi perusahaan.

Anda bisa mencoba APS Accounting System gratis, untuk informasi lebih lanjut anda bisa membaca artikel berikut ini:

Mengenal BIS Accounting System, Software Akuntansi Terbaik

Bis Accounting System - Software Akuntansi terbaik di indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.